logo happy play indonesia

9 Permainan Tradisional Sunda Untuk Anak dan Cara Mainnya

Berdasarkan data dari Worldometers, Indonesia berada diurutan ke 15 negara terbesar atau terluas di dunia. Total wilayah Indonesia mencakup 1,2 persen dari luas daratan dunia, dengan wilayah 1.904.569 Km² dan luas darat 1.811.570 Km². 

Indonesia dikenal dengan negara multikultural dipengaruhi oleh keadaan geografis, pengaruh kebudayaan perkawinan campur dan iklim yang berbeda, artinya memiliki beraneka ragam suku, bahasa, budaya dan agama. Keragaman ini membuat tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, dari makanan tradisional, adat istiadat, hingga permainan tradisional orang Sunda. 

Tak hanya itu jumlah penduduk yang sangat banyak, kekayaan alam yang melimpah, wilayah yang sangat luas, serta kekayaan budaya dan bahasa yang sangat beragam, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan sekaligus juga memiliki permasalahan yang besar pula.

Baca juga: Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Mainnya

Permainan tradisional gatrik dari sunda
Credit: i.ytimg.com

1. Gatrik

Permainan sunda yang pertama ada dari gatrik atau yang dikenal dengan tok kadal lobang. Permainan ini biasa dimainkan oleh 2 orang atau secara tim. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan bahan alami seperti tongkat panjang sekitar 40 cm dan para pemain harus membuat lubang kecil dan memanjang sekitar 15 cm dan sempit secukupnya dengan tongkat kecil. Nantinya tongkat tadi dibuat akan diletakkan di atas lubang, lalu tongkat lainya memukul ujung tongkat pendek, sehingga tongkat melambung ke atas dan buat sejauh mungkin. 

Permainan gobak sodor sunda
Credit: asset.kompas.com

2. Gobak Sodor atau Galah Asin

Permainan tradisional dari Sunda lainnya adalah gobak sodor atau galah asin. Permainan ini umumnya dikenal dengan gobak sodor. Aturan permainannya dapat dimainkan oleh tiga orang hingga tujuh orang setiap timnya. Bermain di lapangan terbuka, para pemain sebelum memulai membuat garis horizontal dan garis vertikal dahulu, sebagai batas dan wilayah masing-masing pemain yang harus dilewati oleh lawan. 

Baca juga: Permainan Gobak Sodor: Silsilah, Cara dan Manfaatnya

Boi-boian permainan tradisional sunda
Credit: 1.bp.blogspot.com

3. Boi-Boian

Boi-boian permainan tradisional asal Sunda yang belum banyak diketahui orang. Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan permainan ini, tapi pada praktiknya permainan ini pasti pernah kita lihat cara mainnya atau mungkin pernah memainkan permainan tersebut. 

Permainan boi-boian merupakan permainan yang dimainkan oleh individu atau kelompok menggunakan pecahan genting dan bola kasti. Cara bermainnya cukup mudah, pertama pemain perlu mengumpulkan pecahan genting, lalu menumpuknya menjadi satu, kemudian melempar bola ke arah tumpukan pecahan genting tadi agar berhamburan. Setelah dilemparkan para pemain berlari menjauh, dan penjaga harus merapikan kembali tumpukan tadi, hal itu dilakukan berulang kali sampai ditentukan siapa pemenangnya.  

Permainan tradisional sunda endog-endogan
Credit: s3.theasianparent.com

4. Endog-endogan

Endog-endogan atau dalam bahasa Indonesia artinya ‘telur-teluran’ merupakan permainan asal Sunda yang dimainkan hanya menggunakan tangan. Agar lebih menarik,  permainan ini dimainkan bersama teman, caranya dengan mengepalkan tangan dan menumpuknya bersama kepalan tangan lainnya menyerupai telur lalu menyanyikan lagu bersama-sama. 

permainan sorodot gaplok sunda
Credit: assets.promediateknologi.com

5. Sorodot Gaplok

Sorodot gaplok, permainan tradisional asal sunda yang sering dimainkan anak-anak yang sangat seru. Sorodot gaplok adalah bahasa daerah yang artinya meluncur menampar yang mengeluarkan suara ‘plok’. Permainan ini dapat dimainkan secara individu atau kelompok, caranya dengan menendang batu miliknya hingga mengenai batu milik lawan, Anda juga bisa mengganti media lain selain batu.

Eggrang peraminan tradisional sunda
Credit: upload.wikimedia.org

6. Jajangkungan

Jajangkungan diartikan sebagai tertinggi. Permainan tradisional sunda jajangkungan ini istilah lainnya adalah eggrang. Permainan yang dimainkan dengan menggunakan kayu bambu yang sudah dibentuk dan bisa dinaiki oleh orang, sehingga orang lain dapat jalan menggunakan egrang atau jajangkungan tadi. Jika kebanyakan permainan dimainkan oleh kelompok, jajangkungan dapat dimainkan secara individu. 

Baca juga: 6 Permainan Melatih Keseimbangan Anak yang Seru

permainan tradisional sunda congklak
Credit:biofar.id/wp-content

7. Congklak

Sudah tidak asing lagi, permainan congklak sudah sering dimainkan oleh anak-anak di Indonesia dengan sebutan yang berbeda. Permainan congklak asal sunda ini dimainkan menggunakan media papan congklak dan biji congklak, dimana nanti biji tersebut dibagi ke dalam lubang papan congklak bersama lawan mainnya. 

Baca juga: Permainan Congklak: Cara Main dan Manfaatnya Bagi Anak

Permainan tradisional hahayaman
Credit: jurnalsukajaya.files.wordpress.com

8. Hahayaman

Permainan tradisional sunda hahayaman hampir sama dengan main kucing-kucingan, pemain yang menjadi kucing harus berlari menangkap tikus. Sedangkan permainan hahayaman diibaratkan dengan ayaman yang dikejar musang. Main permainan hahayaman tidak bisa dimainkan secara individu, tapi oleh banyak orang. Cara memainkannya mudah, para pemain berbaris dan melingkar lalu dia pilihlah satu yang jaga menjadi hayam dan satunya lagi jadi musang. 

Prepet jengkol permainan tradisional sunda
Credit: tgrcampaign.com

9. Prepet Jengkol

Prepet jengkol adalah permainan tradisional Sunda yang dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih, untuk memainkan permainan ini tidak perlu menggunakan alat, hanya memerlukan sebelah kaki dari masing-masing pemain untuk disatukan. Ketika kaki sudah dikunci jadi satu, pemain berputar sambil bernyanyi hingga lagu selesai, jika kuncian kaki tadi terlepas maka permainan tersebut selesai, begitu seterusnya. Beragam permainan yang ada di Indonesia menambah keseruan anak bermain. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru dan Cara Mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top