logo happy play indonesia

Manfaat Lompat Tali Secara Rutin untuk Kesehatan Anak

Manfaat Lompat Tali Secara Rutin untuk Kesehatan Anak

Sejak kecil kita pasti pernah memainkan permainan lompat tali. Tapi tahukah Anda manfaat lompat tali bagi kesehatan dan fisik jika lompat tali dimainkan secara rutin?. Manfaat permainan lompat tali akan dibahas pada artikel ini. 

Mungkin terdengar remeh jika Anda sebagai orang dewasa bermain lompat tali, namun berbeda dengan anak. Anak akan sangat suka sekali dengan permainan lompat tali apalagi jika bermain bersama teman-temannya. 

Orang dewasa juga akan merasakan kesenangan bermain lompat tali, bahkan menantang adrenalin jika Anda melompati tali karet tanpa boleh bersentuhan, didukung dengan sistem kompetisi dalam permainan tersebut. 

Saat bermain lompat tali Anda akan merasakan bebas, tertantang, bahagia, dan sehat secara fisik. Berikut penjelasan dan manfaat bermain lompat tali secara rutin untuk kesehatan anak. 

Baca juga: Asik Main Lompat Tali Karet, Begini Sejarah, Aturan dan Manfaatnya

Manfaat Bermain Lompat Tali

Manfaat lompat tali untuk anak - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

1. Memperkuat Otot

Lompat tali bermanfaat untuk memperkuat otot tubuh. Permainan ini akan sangat cocok jika Anda ingin melatih seluruh tubuh anak secara efektif. Gerakan melompat pada permainan ini bergantung pada otot-otot tubuh bagian bawah (misalnya betis, paha dan bokong), tubuh bagian atas (misalnya bahu dan bisep) dan otot perut.

Jika Anda melatih si kecil bermain lompat tali itu akan bermanfaat dalam jangka panjang meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Selain itu, berolahraga lebih lama juga dapat meningkatkan performa fisik anak. 

2. Membangun Kepadatan Tulang

Manfaat lompat tali yang perlu kamu tahu adalah permainan ini dapat membangun kepadatan tulang anak loh. Karena ketika seseorang melompat, tubuh secara otomatis merespons tekanan sesaat pada tulang dengan membangun kembali kepadatannya, menjadikannya lebih kuat dan padat.

Lompat tali juga bermanfaat untuk memperkuat tulang. Untuk memperkuat tulang Anda, Anda bisa lompat tali. Lompat tali adalah contoh latihan tinju yang ideal untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat Permainan Lompat Tali dapat Meningkatkan Koordinasi Tubuh
Sumber: freepik.com

3. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Manfaat lompat tali lainnya yaitu mampu meningkatkan koordinasi tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama ada banyak variasi dari permainan lompat tali, namun garis merahnya adalah pemain harus melompati tali tersebut baik secara bersentuhan atau tidak bersentuhan. 

Aktivitas permainan lompat tali ini akan meningkatkan psikomotorik dan koordinasi anak. Karena permainan lompat tali melibatkan lengan dan kaki permanen. Dengan menggabungkan gerakan-gerakan tersebut sekaligus, anak belajar melakukan beberapa hal sekaligus. 

4. Melatih Kelincahan

Kelebihan permainan lompat tali selain meningkat koordinasi tubuh yaitu melatih kelincahan. Aktivitas bermain lompat tali yang cukup sering akan menyehatkan tubuh.

Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa lompat tali berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai. Selain itu, bentuk lompat tali yang tepat akan membantu Anda mengembangkan kecepatan, kekuatan, dan ketangkasan.

manfaat bermain lompat tali dapat Meningkatkan Stamina
Sumber: freepik.com

5. Meningkatkan Stamina

Lompat tali mengaktifkan hampir setiap otot dalam tubuh, sehingga membantu meningkatkan detak jantung Anda dengan cepat dan membantu tubuh Anda membangun daya tahan kardiovaskular dalam jangka waktu yang lama.

Menurut seorang pelatih bola basket profesional, cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat lompat tali adalah melakukannya sekitar 20-30 menit per latihan.

6. Mengembangkan Kemampuan Otak

Manfaat lompat tali untuk kesehatan telah terbukti. Menurut Jump Rope Institute, bermain lompat tali dapat membantu mengembangkan otak kiri dan otak kanan anak, hal ini akan berdampak pada meningkatnya kesadaran spasial, termasuk keterampilan anak dalam membaca. 

Tak hanya itu, main lompat tali bersama anak-anak dapat meningkatkan daya ingat dan kecakapan anak jadi lebih baik di sekolah. Itulah alasan mengapa permainan lompat tali sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama kemampuan otak anak dalam berpikir dan berimajinasi. 

Lompat tali bermanfaat mengurangi stress - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

7. Mengurangi Stres

Lompat tali atau yang saat ini juga dikenal dengan permainan skipping faktanya akan menciptakan kebahagiaan bagi anak. Saat Anda memainkan permainan ini, tubuh Anda menghasilkan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Selain itu, manfaat permainan tali juga dapat membantu mengurangi ketegangan, meningkatkan kualitas tidur, dan membuat anak lebih aktif.

Baca Juga: Manfaat Orang Tua Bermain dengan Anak, Wajib Diketahui

8. Mengajarkan Kebersamaan dan Kerjasama

Permainan lompat tali bisa dijadikan sebagai hobi keluarga yang luar biasa, untuk membangun ikatan keluarga harmonis. Maksimalkanlah dan ambil kesempatan Anda untuk menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai, seperti berolahraga bersama di akhir pekan sambil bermain lompat tali secara rutin. 

Permainan lompat tali bisa jadi ide permainan seru yang bisa dimainkan bersama seluruh keluarga di rumah. Permainan ini juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan keterampilan sosial anak, kerjasama, termasuk kemampuan sensorik dan motorik si kecil. 

Manfaat di atas akan terwujud jika Anda bermain dan berolahraga dengan penuh kebahagiaan. Kami menyediakan beberapa artikel yang relevan untuk dibaca mengenai permainan tradisional Indonesia. Mau tahu apa saja? Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca Juga:

Manfaat Bermain Lompat Tali Karet Untuk Perkembangan Anak

17 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru dan Cara Mainnya

Bagikan Artikel Ini: