logo happy play indonesia

6 Manfaat Bermain Playground untuk Kesehatan Mental Anak

Manfaat Bermain Playground untuk Kesehatan Mental Anak - Happy Play Indonesia

Bermain di playground bisa menjadi cara kreatif untuk mendorong tumbuh kembang anak. Karena tak banyak disadari, bahwa ada manfaat bermain playground untuk kesehatan mental yang mempengaruhi perkembangan anak. Setiap kegiatan yang anak lakukan dapat menjadi kesempatan untuk mereka belajar hal baru dan bersenang-senang. Nah! Artikel ini akan membahas manfaat bermain playground untuk kesehatan mental anak, simak selengkapnya. 

Manfaat Bermain Playground untuk Kesehatan Mental Anak - Happy Play Indonesia
Sumber: freepik.com

Bagaimana Playground Membantu Kesehatan Mental Anak?

Tak pernah dibayangkan bahwa playground punya manfaat sebanyak itu, bahkan mampu menjaga kesehatan mental anak tetap positif. Bagaimana bisa playground membantu kesehatan mental anak?

Pada hakikatnya, playground adalah taman bermain. Sebuah taman identik dengan sebuah wilayah atau tempat yang dikelilingi oleh tanaman dan tumbuhan, yang bertujuan sebagai media rekreasi, tempat bersosialisasi dan sering kali dijadikan paru-paru kota.

Dengan kondisi sekitar yang menyejukkan ditambah adanya tumbuhan, keberadaan playground juga membantu orang menemukan kebahagiaannya saat bermain di fitur playground. Bukan hanya Mall, bermain di playground atau taman bermain telah menjadi aktivitas yang sangat populer di kalangan anak-anak dan bermanfaat. Berikut beberapa alasan mengapa playground bermanfaat untuk kesehatan mental anak. 

1. Meredakan Stress

Manfaat bermain playground untuk kesehatan mental yang pertama, yaitu dapat meredakan stres. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres. Penyebab stres pada anak bisa dari berbagai faktor, mulai dari rutinitas yang harus dihadapinya, aktivitas yang monoton dan lainnya. 

Anda bisa mengajak anak main di playground untuk membantu menangani kesehatan mental anak dengan meredakan stres yang dialaminya. Kondisi alam yang asri juga mampu menjernihkan pikiran anak. 

2. Kurangi Depresi

Anak-anak di perkotaan, terutama mereka yang sering mendengar bisingnya kendaraan di luar mengalami depresi. Untuk mengurangi depresi ini, Anda bisa mengajak anak bermain playground untuk menjaga kesehatan mental anak. 

Baca juga: Cara Memilih Kualitas Playground Terbaik, Aman & Bergaransi

3. Meningkatkan Fokus

Tahukah Anda, ternyata menghabiskan waktu di luar bermain playground dapat meningkatkan fokus anak dan membantu menjaga kesehatan mental anak. Menurut sebuah studi, Anak-anak yang memiliki gangguan attention deficit disorder (ADD) atau attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD) mengalami gejala yang lebih sedikit dan dapat berkonsentrasi lebih baik setelah beraktivitas di luar ruangan selama waktu yang singkat saat di sekolah. 

Bermain di playground bermanfaat membantu anak-anak untuk melepaskan energi yang tertahan sehingga mereka menjadi lebih tenang dan kurang mudah terganggu saat berada di sekolah. Itulah mengapa bermain di playground untuk anak-anak dan kesehatan mentalnya. 

4. Mendorong Interaksi Sosial

Playground tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental mereka. Bermain di playground mendorong anak-anak untuk melepaskan energi dan mendorong interaksi sosial.

Interaksi sosial yang dilakukan saat bermain di playground dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerja tim dan interpersonal. Taman dan taman bermain menjadi tempat yang ideal bagi anak-anak untuk bertemu dengan teman-teman baru dan belajar berinteraksi dengan orang lain.         

5. Meningkatkan Kebahagiaan

Alasan mengapa playground bermanfaat untuk kesehatan mental anak adalah karena taman bermain membuat kebahagiaan anak meningkat. Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang tinggal di lingkungan yang lebih hijau selama tiga tahun atau lebih masih merasakan manfaatnya pada kesehatan mental mereka. 

Bisa dibandingkan dengan euforia singkat yang dirasakan setelah bermain playground. namun hilang dalam enam bulan. Jadi, luangkan waktu untuk menikmati keindahan alam dan rasakan manfaat jangka panjang bagi kesehatan mental Anda.

6. Membentuk Ketahanan Tubuh

Selain manfaat bermain playground untuk kesehatan mental,playground juga bisa membantu anak dalam membentuk ketahanan tubuhnya.  Bermain di taman bermain merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang termasuk sarana untuk memberi semangat pada anak. Peralatan dan permainan taman bermain dapat berperan sebagai olahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan berolahraga, anak-anak memiliki risiko lebih rendah untuk sakit. Pasalnya, keringat yang dihasilkan saat beraktivitas fisik berfungsi sebagai sarana untuk mengeluarkan bakteri dari dalam tubuh. Selain itu, menaikkan suhu tubuh saat beraktivitas juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. 

Dapatkan playground berkualitas yang membantu kesehatan mental anak hanya di Happy Play Indonesia
Sumber: freepik.com

Dapatkan Playground yang Membantu Kesehatan Mental Anak di Happy Play

Setelah Anda melihat hubungan dan manfaat bermain playground untuk kesehatan mental anak, saatnya membahas bagaimana cara membangun media kebahagiaan anak di sekitar Anda. Happy Play Indonesia menyediakan berbagai pilihan playground, dari ukuran, warna, dan fitur permainan apa saja yang cocok untuk anak Anda. Lihatlah produk playground dan kumpulan playground terdekat dari lokasi Anda sebagai gambaran Anda sebelum pemesanan. Jika tertarik silahkan konsultasikan kepada tim profesional kami dan dapatkan harga penawaran menarik untuk Anda!. 

Baca juga:

Tips Bisnis Playground, Peluang Usaha yang Menguntungkan

Jual Wahana Playground Indonesia

Bagikan Artikel Ini: