logo happy play indonesia

Tips Bisnis Playground, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Playground

Bisnis merupakan sebuah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara individu maupun organisasi yang menciptakan nilai pada produk maupun jasa untuk memperoleh profit dan kebutuhan konsumen. Memulai bisnis tidak mudah dibangun namun tidak sulit juga untuk mengawalinya. Saat ini sudah banyak ide bisnis yang baru, segar dan berpeluang, banyak juga ditemukan kelas bisnis yang dapat dilakukan kapan pun, namun sayangnya ini dirasa belum cukup maksimal. Jika Anda ingin bisnis yang menguntungkan dan memiliki peluang yang lebih luas, Anda bisa langsung konsultasikan kepada Happy Play Indonesia dengan berbisnis playground.

Bisnis Playground Menjadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Playground indoor maupun playground outdoor menjadi salah satu bisnis yang dipilih untuk dijadikan peluang keuntungan. Kita tahu, orang tua selalu ingin memberikan suatu kesenangan kepada anaknya, selain kesenangan orang tua juga ingin memberikan pengajaran dan melatih kemampuan bersosialisasi anak bersama teman dan lingkungannya.

Cara yang bisa dilakukan orang tua dalam satu waktu yaitu mengajak anak bermain di playground, permainan playground juga tak lekang oleh waktu, playground masih menjadi tempat favorit anak sampai saat ini, baik dimainkan di sekitar sekolah, taman bermain, maupun di dekat pusat perbelanjaan playground menjadi solusi anak bermain. 

Pernahkah Anda bermain playground indoor di pusat perbelanjaan? Jika Anda perhatikan, biasanya permainan playground yang ditawarkan cukup beragam mulai dari harga yang terjangkau yaitu Rp 10.000,00 hingga harga yang terbilang cukup mahal yaitu Rp 150.000,00 per anak, harga ini juga ditentukan atau disesuaikan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Coba bayangkan, dan kali kan saja dengan jumlah pengunjung dalam satu hari misalnya ada 100 pengunjung, berapa keuntungan atau pendapatan Anda setiap harinya? Sangat menguntungkan sekali!. 

Alasan di atas menjadi jawaban mengapa bisnis playground menguntungkan bagi bisnis Anda. Bagaimana tidak dikatakan sebagai bisnis yang cukup berpeluang menguntungkan, jika umumnya tempat seperti ini rata-rata dengan uang segitu mereka bisa menikmati berbagai fasilitas didalamnya selama beberapa jam, tentunya hal ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi para orang tua.

Biasanya jika tarif yang dikeluarkan oleh konsumen untuk menikmati wahana playground maka semakin besar juga peluang yang besar untuk menjadikan bisnis dengan keuntungan yang besar. Bayangkan jika setiap jamnya suatu tempat dapat dikunjungi anak-anak dikalikan dengan berapa hari jam operasional setiap harinya, maka angka keuntungan yang dapat di dapat pun cukup menarik.

Jika dihitung-hitung hasil keuntungan sebuah bisnis, kita akan cukup tergiur dengan hasil yang didapatkan bukan? Namun pada kenyataanya tidak dapat semudah itu jika kita telah terjun kelapangan tentunya akan ada kendala-kendala yang dihadapi untuk dapat mencapai keuntungan yang diharapkan.

Konsultasikan Bisnis Bersama Ahlinya

Bisnis playground saat ini menjadi trend yang menguntungkan. Playground menjadi tempat wisata favorit anak yang tak lekang oleh waktu. Saat anak bermain di playground, mereka main dalam satu tempat playground namun dapat memainkan berbagai permainan, dari mulai ayunan, prosotan, wall climbing atau panjat dinding anak dan permainan lainnya. Anda juga memikirkan beberapa hal di bawah sebelum melakukan konsultasi bisnis playground bersama Happy Play Indonesia untuk lebih mempersiapkan bisnis Anda. 

1. Pilih Lokasi Bisnis yang tepat

Sebelum memulai coba pikirkan lokasi bisnis Anda. Pilihlah tempat usaha yang strategis untuk dijadikan wahana bermain anak, umumnya untuk bisnis ini paling sering ditemui yaitu di mall-mall atau pusat perbelanjaan, sehingga kita mau tidak mau harus menyewa, dan yang menjadi pertimbahan selanjutnya yaitu saat harga tempat sewa tersebut murah maka pengunjung tidak ramai, dan sebaliknya jika kita ingin mendapat tempat yang dikunjungi customer makan harganya pun tentunya lebih mahal. 

Tentunya sebagai pemula bisnis ini kita harus memperhitungkan jumlah modal yang kita miliki dan harus bisa menganalisa target konsumen sesuai sasaran dengan tepat, selain itu tidak kalah penting juga menganalisis kompetitor atau pesaing yang ada di tempat tersebut.

2. Fasilitas Permainan

Pesan dan buatlah playground yang lengkap. Playground indoor maupun outdoor memiliki fasilitas yang memadai. Dengan adanya atau banyaknya permainan pebisnis atau pengusaha playground juga dapat meraup keuntungan dengan memisahkan setiap permainan, misalnya Anak dalam satu playground dengan bayaran 15.000 hanya dapat memainkan permainan ayunan dan perosotan saja selama 1 jam. 

3. Desain Playground

Desain permainan yang ditawarkan pun sangat beragam mulai dari kualitas yang tidak kurang bagus hingga kualitas yang telah bersertifikat SNI dan ISO 9001 tahun 2015. Selain konsep design, fasilitas bahan dasar yang permainan playground pun tentunya harus dapat menjamin keamanan anak saat bermain sehingga tidak mencederai pemakainya.

4. Proses Pembangunan Playground

Proses pembangunan playground perlu diperhatikan, ukur dan hitung semua budget yang diperlukan, hitung dengan pasti berapa waktu pembuatan dan proses pembangunannya. Happy Play Indonesia dalam membangun playground Indoor dan Outdoor dapat melakukan pemasangan dengan cepat, tergantung dengan besar kecilnya playground dan pemesanan.

5. Potensi keuntungan usaha playground

Salah satu ciri sebuah bisnis mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik adalah dengan adanya profit bisnis atau keuntungan yang terus meningkat. Namun, hal ini sering kali sulit untuk dicapai, terutama dalam jangka pendek. Penting untuk diingat bahwa melakukan bisnis perlu konsistensi, melakukan pengelolaan profit bisnis secara tepat. Potensi keuntungan usaha playground bisa Anda dapatkan setiap harinya dengan mempersiapkan dan hitung semuanya sejak modal awal.

6. Buat SOP Karyawan dan peraturan bermain

SOP atau Standar Operasional Perusahaan merupakan sebuah sistem yang sering digunakan sebagai acuan, aturan sekaligus dasar oleh beberapa perusahaan maupun karyawannya. SOP memiliki fungsi utama sebagai pedoman dan memudahkan pelaksanaan kerja. SOP berisi tahapan dan urutan suatu pekerjaan akan menentukan para karyawan dalam menyelesaikan tugasnya agar lebih efektif dan efisien.

Anda juga perlu membuat peraturan saat bermain playground agar anak dapat bermain dengan aman dan nyaman, sekaligus untuk memberikan perawatan yang terbaik untuk playground agar awet dan terawat. 

Tips Sukses Bisnis Permainan Anak

Anda bisa lakukan beberapa kiat dan tips sukses melakukan bisnis permainan anak, simak selengkapnya

1. Promosikan Playground

Bagi Anda pemilik usaha playground, melakukan dapat membantu untuk mengenalkan playground Anda ke konsumen atau target market, meningkatkan value produk, memberikan informasi yang dibutuhkan customer, mendapatkan banyak calon customer, mengingatkan customer akan produk Anda, membujuk customer untuk melakukan proses transaksional dan sebagainya.

Promosi ini dapat dilakukan baik secara offline maupun online tergantung strategi Anda, atau bisa juga konsultasikan langsung dengan Happy Play Indonesia konsultan playground berpengalaman. 

2. Sesuaikan Lokasi

Lokasi adalah tempat suatu usaha atau perusahaan beroperasi dan melakukan kegiatan untuk menghasilkan barang, jasa atau tempat konsumen. Tempatkanlah bisnis Anda di tempat yang strategi dan ramai pengunjung agar banyak orang yang main di Playground Anda. 

3. Gunakan bahan dasar atau material yang kuat

Material atau bahan dasar menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena ini menyangkut kenyamanan dan keamanan pengunjung atau konsumen. Happy Play Indonesia membuat playground dengan bahan dan material yang berkualitas juga aman dimainkan oleh anak, seperti pipa galvanis hitam, kain tarpaulin, plastik LLDPE, foam pipe, rubber floor yang empuk dan elastis serta material lainnya yang telah teruji dan lolos uji SNI dan ISO. 

4. Coba berbagai ide

Kehidupan bisnis akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini, inovasi bertujuan untuk membantu manusia dalam terus meningkatkan kualitas produk dan layanan jasa agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Teruslah untuk berdiskusi, mencari dan mempelajari hal baru untuk dijadikan ide bisnis agar tetap berkembang dan bertahan yang tak lekang oleh waktu.

5. Lakukan perawatan playground secara berkala

Menjaga lingkungan bermain yang bersih sangat penting untuk kesehatan dan keselamatan bermain anak-anak. Tempat bermain dan peralatan harus diperiksa untuk mengetahui bahaya kesehatan dan keselamatan anak saat bermain playground. Lakukanlah perawatan playground secara berkala agar playground dapat bertahan lama. 

Kunci menjalankan bisnis adalah konsisten dalam berbisnis dan lakukan yang terbaik dengan melahirkan ide baru dan peluang baru di industri yang Anda pilih. Terus update informasi dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya.

Baca Juga: Tips Sukses Menjalankan Bisnis Permainan Anak

Bisnis yang Tidak Ada Matinya

Bisnis playground menjadi pilihan pebisnis Johnny karena melihat peluang dan market yang tersedia, apalagi playground menjadi tempat favorit anak yang tak lekang oleh waktu.

Playground merupakan tempat dan sarana bermain anak sekaligus menjadi wadah bagi anak melatih ketangkasan motorik dan sensoriknya. Bisnis playground bisa jadi pilihan jika Anda ingin memulai usaha, dengan bisnis playground, Anda bisa mendapatkan dapat memiliki passive income. Jika dilihat dari data, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk tinggi. Di dunia, Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak.

Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Dukcapil baru saja merilis Data Kependudukan Semester II Tahun 2021 tanggal 30 Desember 2022 dengan jumlah penduduk Indonesia adalah 273.879.750 jiwa hal ini menambah kenaikan jumlah penduduk, artinya besar kemungkinan market dapat terus berkembang dan bisnis playground menjadi bisnis yang paling menguntungkan. 

Kemudahan Bisnis Playground

Memulai bisnis playground bisa Anda mulai saat ini juga, dengan mempertimbangan beberapa hal untuk memudahkan bisnis playground Anda di masa depan, karena ada berbagai kemudahan dan keuntungan Anda memulai bisnis playground. 

Telah menangani > 3000 proyek di berbagai kota seperti Jabodetabek, Medan, Surabaya, Aceh, Palembang, Kalimantan, Sulawesi serta berbagai kota dan daerah lainnya di Indonesia.

Telah melayani kebutuhan playground untuk keperluan bisnis maupun fasilitas publik seperti mall, swalayan, restaurant & cafe, hotel, tempat wisata, sekolah, taman perumahan, apartement, proyek pemerintah, dll.

Happy Play Indonesia telah berpengalaman 15 tahun & telah menangani lebih dari 1000 proyek di seluruh wilayah Indonesia

PT. Inovasi Wahana Anak adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan playground anak khususnya untuk playground indoor, playground outdoor, bouncy castle / inflatable castle (istana balon), rumah pohon, soft playground, baby gym, trampoline park (taman trampoline) hingga rubber flooring seperti rubber mats, rubber EPDM, rubber tiles, jogging track & running track.

Telah menangani > 1000 proyek di berbagai kota seperti Jabodetabek, Medan, Surabaya, Aceh, Palembang, Kalimantan, Sulawesi serta berbagai kota dan daerah lainnya di Indonesia.

Telah melayani kebutuhan playground untuk keperluan bisnis maupun fasilitas publik seperti mall, swalayan, restaurant & cafe, hotel, tempat wisata, sekolah, taman perumahan, apartment, proyek pemerintah, dll.

Baca juga: Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO

HUBUNGI KAMI UNTUK PEMESANAN

INNOVATIVE PLAYGROUND FOR ANY SOLUTION

Konsumen bisa mendapatkan layanan konsultasi secara gratis mulai dari penentuan pilihan produknya, desainnya, bagaimana pengoperasiannya ataupun beberapa masalah lainnya yang mungkin dihadapi terkait playground tersebut.

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

Scroll to Top