logo happy play indonesia

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Permainan Anak

7 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Permainan Anak

Tidak ada yang salah jika Anda rajin belajar dan mengikuti tips sukses menjalankan bisnis permainan anak dari artikel, buku, jurnal atau pengalaman seorang pebisnis secara langsung. Hal kecilkeci yang Anda lakukan itu bisa berdampak besar secara positif bagi diri, dan bisnis permainan Anda. 

Ingin Memulai Bisnis Permainan Anak?

Memiliki bisnis permainan anak bisa menjadi pilihan yang menguntungkan dan bermanfaat. Namun, seperti bisnis lainnya, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Untuk membantu Anda berhasil dalam menjalankan bisnis permainan anak, berikut adalah 7 tips sukses yang bisa Anda ikuti:

Tips sukses menjalankan bisnis permainan anak

1. Membuat Business Model Canvas (BMC)

Business model canvas merupakan sebuah alat yang membantu para pemilik bisnis atau entrepreneur dalam menggambarkan dan mengkomunikasikan elemen-elemen penting dari model bisnis mereka dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami oleh orang lain. 

BMC dapat digunakan untuk merancang, menguji, dan mengelola model bisnis yang berpotensi sukses. Selain itu, BMC dapat membantu meningkatkan fokus dan kejelasan dalam merumuskan tujuan bisnis bagi seorang pengusaha. Business Model Canvas meliputi 9 komponen, yaitu :

  1. Value proposition (nilai perusahaan yang ingin ditampilkan kepada pelanggan).
  2. Customer segments (detail pelanggan tertentu yang menjadi target market, seperti demografi, tingkat pendapatan, lokasi target).
  3. Channels (sarana atau cara memasarkan produk).
  4. Customer relationship (cara untuk menjalin hubungan dengan pelanggan & menjaga loyalitas mereka agar tidak mudah berpaling ke kompetitor).
  5. Key activities (kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan masing-masing divisi untuk menjaga operasional perusahaan).
  6. Key resources (sumber daya perusahaan baik berupa SDM maupun tools / bahan operasional secara keseluruhan).
  7. Key partnership (aktor-aktor terkait kelancaran operasional, biasanya pemasok bahan, distributor, dll).
  8. Revenue stream (cara menghasilkan profit dari key activities berdasarkan value proposition perusahaan).
  9. Cost structure (detail anggaran yang diperlukan untuk masing-masing divisi).

BMC berfungsi sebagai pondasi bisnis agar tetap sesuai rencana dan tidak memakan waktu lama untuk mencapai tujuan, baik itu brand awareness maupun profit.

2. Siapkan Modal

Sangat penting bagi calon pengusaha bisnis playground untuk membuat dan menyiapkan modal yang cukup sebelum memulai bisnis, karena persiapan modal yang matang akan mempermudah jalannya bisnis, mengurangi risiko kegagalan, serta memungkinkan pengembangan bisnis yang lebih besar dan berkelanjutan di masa depan.

Tips sukses menjalankan bisnis permainan anak - menyediakan lokasi usaha

3. Menyediakan Lokasi Usaha

Jika modal dan alokasi anggaran sudah dibuat, kini saatnya mempersiapkan tempat usaha. Tempat usaha dapat berupa lahan kosong yang sudah dimiliki maupun sewa toko / lahan (serta tentukan untuk beli / sewa). Poin penting disini adalah memastikan tempat usaha permainan anak strategis, yaitu menjadi monopoli usaha playground, terdapat banyak anak-anak, dll.

4. Tentukan Tema dan Permainan

Apakah sudah menentukan tempat usaha? Apakah itu indoor atau outdoor? Dari sini kita dapat memilih jenis playground indoor/ outdoor sesuai tempat / lahan yang telah disediakan. Selain playground indoor/ outdoor, juga terdapat jenis water playground, waterplay, istana balon, mandi bola, taman trampolin maupun playground fitness & gym. Tentukan berdasarkan customer segments dan value propositions.

Baca juga: 25 Ide desain playground

5. Membeli Playground (permainan anak)

Jika sudah menentukan jenis playground, kini saatnya menentukan tema playgroundnya. Tema playground dapat berupa tema laut, salju, hutan, panel edukasi, bentuk pesawat, bentuk binatang (seperti lebah, hius, dll). Hal ini dapat disesuaikan dengan value propositions. Ingin terkesan sporty, fun, luxury atau apapun itu.

Pada tahap ini, kita dapat mempersiapkan mainan apa saja yang sesuai tema, seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, spring rider, box pasir, dll. Pilih mainan yang paling disukai anak-anak di sekitar lokasi.

Baca juga: Cara Memilih Kualitas Playground Terbaik, Aman & Bergaransi

Ayo mulai bisnis playground dan konsultasi di Happy Play Indonesia

6. Membuka Bisnis Playground

Tempat usaha dan jenis playground sudah ditentukan. Saatnya membeli playground. Pastikan mencari dan memilih konsultan / vendor playground anak yang berpengalaman, professional dan terpercaya, contohnya Happy Play Indonesia. Bandingkan kualitas dan harga, utaman kualitas dan keamanan bermain untuk anak-anak, pilih playground dengan SNI dan garansi. Konsultasikan sejelas-jelasnya dengan perusahaan playground.

Dapatkan Playground Berkualitas Hanya di Happy Play

Demikianlah 7 tips sukses untuk menjalankan bisnis permainan anak. Jangan ragu untuk memulai bisnis permainan anak, karena bisnis ini mudah dan akan membawa Anda pada keuntungan yang melimpah. 

Kami Happy Play Indonesia hadir untuk memberikan solusi bisnis terbaik dengan menyediakan One Stop Service mulai dari konsultasi bisnis hingga pemasangan playground. Dengan layanan kami, Anda tidak perlu repot mencari banyak vendor, karena kami akan memberikan semua yang Anda butuhkan untuk bisnis permainan anak yang sukses dan menyenangkan. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut, klik di sini untuk konsultasi dan pemesanan. 

Baca juga: 

Modal Bisnis Playground dan Keuntungannya

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground