logo happy play indonesia

Cara Menentukan Harga Tiket Playground Untuk Bisnis

Cara Menentukan Harga Tiket Playground Untuk Bisnis

Tips Menentukan Harga Tiket Playground

Masih banyak dikalangan masyarakat yang belum tau apa itu bisnis playground, dan cara menentukan harga tiket playground untuk bisnis playground. Padahal bisnis playground memiliki prospek bisnis yang besar di masa mendatang dan tidak ada matinya. 

Penentuan harga jual merupakan hal yang sangat penting bagi pengusaha. Selain itu, strategi penetapan harga produk offline atau  secara langsung dengan harga online memerlukan beberapa perhitungan yang berbeda 

Penentuan harga jual memiliki pengaruh yang kuat terhadap keseluruhan aspek bisnis seperti perhitungan kas masuk, biaya pokok, upah, business plan, dan marketing plan. Harga jual Anda mempengaruhi hampir setiap aspek bisnis Anda. Misalnya, uang masuk dan keluar, keuntungan, operasi, dll.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara menentukan harga tiket playground untuk bisnis, agar bisnis Anda lebih menguntungkan. Simak selengkapnya. 

Cara Menentukan Harga Tiket Playground Untuk Bisnis - Ukuran Playground
Sumber: freepik.com

1. Ukuran Playground

Aspek pertama yang dapat Anda pertimbangkan saat ingin menentukan harga tiket bermain playground adalah ukuran playground. Jika Anda perhatikan di beberapa wahana playground memiliki harga yang berbeda, dan ukuran playground yang berbeda juga di masing-masing tempat bermain. 

Produksi atau pembelian playground yang berukuran besar menentukan harga yang besar juga, dengan kata lain playground besar harganya lebih mahal dibandingkan playground kecil. Karena spare part yang digunakan lebih banyak.  

Jenis Playground Little Farm Solo
Dok. Happy Play Indonesia – Proyek Playground Little Farm Solo

2. Jenis Playground

Selain ukuran playground menjadi acuan sebagai penentu harga tiket masuk wahana playground, ada lagi hal lain yang menentukan harga yaitu jenis playground. Playground memiliki beberapa jenis dan beberapa jenisnya bisa di komersialkan seperti indoor playground, trampoline dan waterplay yang bisa dijadikan sebagai waterpark. Tentu saja setiap jenis playground ini memiliki fasilitas dan perbedaan harga. 

Baca juga: 25 Ide Desain Playground

Lokasi Bisnis Playground
Sumber: freepik.com

3. Lokasi Bisnis

Cara menentukan harga tiket playground dapat ditentukan dari lokasi bisnis yang Anda pilih. Jika playground Anda di pusat perbelanjaan seperti Mall, Supermarket atau Ruko semacamnya, dapat dipastikan Anda harus mengikuti aturan pemilik Mall tersebut dan membayar sewa tempat setiap bulan atau mungkin terhitung per tahun tergantung pilihan Anda. 

Berbeda jika Anda memilih lokasi bisnis playground di rumah Anda dengan memanfaatkan lahan yang masih tersedia, Anda tidak perlu membayar sewa lokasi atau sewa gedung, karena itu milik Anda. Selain kepemilikan lokasi bisnis, lokasi yang strategis ramai dilalui banyak orang, akses lokasi yang mudah dijangkau ini juga akan mempengaruhi harga tiket dan laba bisnis.

Adanya kemudahan menuju lokasi playground Anda, akan semakin mudah juga calon pelanggan atau customer Anda menemukan lokasi dan bermain di wahana playground Anda. 

Baca Juga: Tempat Bisnis Playground yang Cepat Balik Modal dan Untung

Durasi Bermain - cara menentukan harga tiket playground
Sumber: freepik.com

4. Durasi Bermain

Durasi bermain merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan dalam menentukan harga tiket playground. Sebagai pemilik bisnis kita ingin pengalaman seru bermain playground dirasakan semua anak, karena itu durasi bermain playground dapat kita tentukan untuk setiap anaknya berapa menit atau berapa jam.

Jika anak ingin kembali bermain playground, orang tua pasti menuruti kemauan si kecil, hal ini merupakan peluang bagi Anda untuk kembali mendapatkan keuntungan dari bisnis playground, yaitu customer yang kembali bermain di wahana Anda. Biasanya banyak penyedia playground memberikan durasi bermain menjadi dua pilihan bisa per jam dan satu hari (fullday), ini bisa disesuaikan dengan playground anda.

Usia anak bermain playground
Sumber: freepik.com

5. Usia 

Usia anak-anak dibagi ke dalam beberapa kategori, masing-masing di usia perkembangan anak memiliki tahapan dan kemampuan yang berbeda. Anda sebagai pebisnis playground perlu menyediakan dan membuat wahana playground sesuai usia anak.

Karena permainan yang sesuai dengan usia anak dapat dinikmati permainannya secara lebih optimal. Bagi anak berusia balita 1-5 tahun di playground dengan soft play dan mainan kecil ditemani orang tuanya, sedangkan anak di atas 6 tahun bermain di permainan yang lebih besar. 

Biaya operasional bisnis playground
Sumber: freepik.com

6. Operasional

Tahukah Anda apa itu biaya operasional? Biaya operasi adalah biaya yang dikeluarkan dalam menjalankan perusahaan sehari-hari. Pengeluaran bisnis mencakup hal-hal seperti penggajian, komisi penjualan, tunjangan karyawan dan pembayaran pensiun, transportasi dan perjalanan, penyusutan, sewa, perbaikan, dan pajak.

Segala pemasukan dan pengeluaran harian atau bulanan yang secara rutin harus Anda catat, bedakan antara pengeluaran harian dan pengeluaran mendesak, lalu jumlahkan dan hitung rata-rata biaya yang Anda keluarkan, rumus menghitungnya cukup mudah yaitu Pendapatan operasional = Pendapatan total – biaya operasional. 

Baca juga: Paket Usaha Playground Murah dan Menguntungkan

Beberapa Pilihan Paket Tiket Playground

Apakah Anda ingin membuka bisnis playground yang menarik bagi segala usia? Salah satu kunci kesuksesan bisnis ini adalah menawarkan pilihan tiket yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung. 

Harga tiket playground yang tepat dapat menjadi magnet untuk menarik minat pengunjung, terutama bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman-teman. Inilah beberapa pilihan paket tiket playground yang bisa diterapkan di playground Anda.

Tiket all day

Tiket all day adalah pilihan yang tepat untuk pengunjung yang ingin bermain sepuasnya di playground. Dengan tiket ini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana dan aktivitas di playground tanpa batasan waktu. Tiket all day sangat cocok bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak, atau untuk mengadakan acara pesta ulang tahun yang meriah.

Tiket per jam

Bagi pengunjung yang memiliki waktu terbatas, tiket per jam bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan tiket ini, pengunjung dapat menikmati bermain di playground selama periode waktu tertentu. Tiket per jam cocok bagi mereka yang ingin mencoba beberapa wahana atau aktivitas tertentu tanpa harus berlama-lama di playground.

Tiket paket per 3 jam 

Tiket paket per 3 jam adalah pilihan yang fleksibel untuk pengunjung. Dengan tiket ini, pengunjung dapat bermain di playground selama 3 jam penuh, memaksimalkan waktu bersenang-senang dengan keluarga atau teman-teman. Tiket paket per 3 jam juga seringkali lebih ekonomis dibandingkan tiket per jam.

Tiket tiap jam harga berkurang 

Tiket paket per harga berkurang menawarkan kesempatan untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Misalnya dalam 1 jam pertama harga tiket playground 50 ribu, jika mau tambah waktu jam ke dua harga tiket playground sebesar 30 ribu, dan jam berikutnya akan berkurang sesuai ketentuan Anda.

Dengan membeli tiket dalam paket, pengunjung dapat menikmati diskon khusus yang menarik. Tiket paket per harga berkurang ini cocok bagi pengunjung yang ingin bermain dalam kelompok atau rombongan.

Tiket paket perorangan 

Tiket perorang adalah pilihan yang ideal bagi pengunjung yang ingin bermain secara kelompok dengan harga tiket perorang. Misalnya, 3 pengunjung memesan playground akan lebih murah biayanya dibandingkan beli 1 tiket. Dengan cara ini, pengunjung dapat menikmati waktu bermain dengan lebih leluasa, lebih hemat dan fokus pada wahana-wahana yang diminati.

Tiket paket happy hour (misal harga murah di 3 jam toko baru buka atau mau tutup)

Tiket paket happy hour adalah pilihan menarik untuk pengunjung yang ingin bermain di playground pada jam-jam tertentu. Dengan membeli tiket happy hour, pengunjung dapat menikmati diskon atau promo menarik yang berlaku pada jam-jam tertentu seperti saat playground 3 jam baru buka atau 3 jam sebelum tutup. 

Tiket paket happy hour sangat cocok bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu santai di playground setelah seharian beraktivitas. Jenis tiket mana pun bisa Anda terapkan, namun berhati-hatilah untuk memilih, sesuaikan dengan kebutuhan dan target market Anda. 

Baca juga: Cara Mengembangkan Bisnis Playground Agar Maksimal

Mau Mengetahui Lebih Dalam Soal Bisnis Playground?

Semoga penjelasan jenis harga tiket dan cara menentukan pilihan harga tiket playground di atas bisa membantu bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bisnis playground dan strategi suksesnya, jangan ragu untuk berkonsultasi pada kami. Tim kami siap memberikan informasi dan panduan terbaik untuk mengembangkan bisnis playground Anda. 

Kami juga dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan tiket yang tepat dan strategi penentuan harga tiket yang menarik bagi pengunjung. Raih kesempatan menarik dengan tiket paket per harga berkurang, tiket perorang, dan tiket paket happy hour. Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsultasikan pada kami dan jadikan bisnis playground Anda semakin sukses!.

Baca juga: Tips Berbisnis Playground, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground