logo happy play indonesia

Manfaat Playground Untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Untuk memenuhi kebutuhan akan permainan anak-anak, kini banyak sekali dijumpai penjual playground. Di mana permainan anak-anak saat ini sudah banyak sekali pilihannya. Bisa bermain di rumah dengan memanfaatkan barang-barang yang ada, serta bisa juga menggunakan playground. Biasanya anak-anak senang sekali jika sudah bertemu dengan playground dan ada anak-anak lainnya yang turut bergabung kemudian bermain bersama.

Di dalam sebuah penelitian menemukan bahwa playground menjadi tempat yang sangat penting untuk bisa memberikan kesempatan pada anak dalam meningkatkan perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan motoriknya.

Sehingga, tidak mengherankan jika di beberapa tempat menyediakan playground yang bisa dipesan melalui jual playground indoor di medan. Playgrounnd tersebut biasanya diletakkan di fasilitas umum, seperti di sekolah, di pusat perbelanjaan, taman, restoran, dan sebagainya. Dengan adanya playground, biasanya orang tua cukup mengawasi dari kejauhan dan anak-anak akan bermain sendiri maupun dengan teman-teman barunya.

Playground Adalah Kebutuhan

Menyadari bahwa saat ini kehadiran teknologi telah mendominasi. Namun, memberikan teknologi seperti gadget secara terus-menerus juga tidak baik. Bukan hanya mengenai apa yang ditontonnya, tetapi juga berpengaruh pada daya penglihatannya akibat sinar radiasi dari gadget. Oleh karena itu, jual playground indoor menjadi sangat dibutuhkan demi bisa menyediakan sarana bermain yang aman dan bisa membuat anak ceria.

Diketahui bahwa permainan-permainan yang ada di playground sifatnya adalah mengedukasi, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan. Sehingga, tidak sedikit dari orang tua yang ada di perkotaan sering kali membawa anak-anaknya ke playground terdekat saat weekend tiba. Meski playground sudah didesain seaman mungkin, namun orang tua tetap harus mengawasinya dari kejauhan.

Bahkan dengan mengajak anak ke playground, orang tua tidak harus repot-repot dalam menemani selalu di sampingnya. Anak-anak akan mengeksplor keseruannya sendiri dan orang tua bisa duduk sambil menunggu anak mereka selesai bermain.
Playground Menjadi Sarana Untuk Mendampingi Anak

Bagi orang tua yang setiap harinya sibuk bekerja dan sedikit memiliki waktu untuk mendampingi anak, maka keberadaan playground ini sangatlah membantu. Waktu yang paling tepat adalah saat weekend, di mana orang tua sedang libur bekerja. Anda bisa mendampingi anak-anak bermain dan turut berinteraksi dengan anak saat sedang memainkan sesuatu.

Di momen inilah, orang tua bisa secara langsung melihat sampai mana perkembangan sang anak. Sehingga, dengan adanya playground ini juga sangat membantu orang tua untuk bisa lebih dekat dengan anak-anaknya. Anda bisa langsung datang ke tempat-tempat yang menyediakan playground atau memesannya sendiri melalui jual playground indoor murah.

Manfaat Bermain Di Playground

Banyaknya manfaat yang bisa didapat oleh anak-anak ketika bermain di playground selain dapat membuat gembira, hal inilah yang akhirnya semakin memudahkan Anda untuk menemukan penjual playground, baik yang baru maupun jual playground indoor bekas. Berikut adalah beberapa manfaat dari bermain di playground.

  1. Meningkatkan Kemampuan Sosial

    Pada umumnya playground akan digunakan oleh banyak anak-anak dari mana saja. Di mana antara anak yang satu dengan anak yang lain biasanya tidak saling kenal. Namun, di dalam payground tersebut anak-anak akan menggunakan permainan secara bersama dan bergantian. Sehingga di waktu itulah anak akan belajar untuk berkomunikasi, saling berbagi, dan saling bekerja sama.

  2. Membangun Imajinasi Dan Kreativitas

    Di dalam playground, anak bisa lebih mudah untuk mengeksplor permainannya. Ia akan membuat permainan tersebut menjadi seru untuk dirinya sesuai dengan keinginannya. Apalagi playground yang biasa disediakan sudah aman dan kuat untuk anak-anak, seperti yang dipesan pada jual playground kayu.

  3. Kemampuan Memecahkan Masalah

    Playground biasanya menyediakan permainan yang beragam. Ada yang berupa seluncuran sampai yang berupa rintangan. Di sinilah saat anak memainkannya, maka ia akan berusaha untuk melewati rintangan tersebut. Daya pikirnya akan terlatih untuk memecahkan masalah tersebut sampai selesai dengan caranya sendiri.

  4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

    Tidak sedikit anak yang tumbuh dengan rasa tidak percaya diri. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengajak anak ke playground atau justru memesan playground sendiri yang akan diletakkan di halaman rumah melalui jual playground jakarta. Saat anak Anda berhasil menguasai permainan-permainan tersebut, maka hal ini akan membantu dalam meningkatkan rasa percaya dirinya.

  5. Berlatih Menjaga Diri

    Ketika bermain di playground, maka di saat itulah anak-anak akan berusaha untuk menjaga dirinya. Misalnya ketika akan berseluncur di papan seluncur, maka dirinya akan berusaha untuk hati-hati agar bisa turun dengan mulus.
    Atau karena seluncuran hanya tersedia satu buah, sedangkan ada anak-anak lain yang juga bermain, maka mereka akan saling bergantian untuk menggunakannya. Hal ini akan melatih mereka dalam menjaga fisik agar tidak terjatuh serta sosial agar tidak saling berebut hingga bertengkar.

Manfaat Playground di Berbagai Fasilitas

  1. Manfaat playground untuk sekolah

    Playground di sekolah memiliki manfaat yang beragam. Kita tahu bahwa anak sangat suka bermain, karena bermain adalah dunianya. Sekolah yang menyediakan playground memiliki kepedulian yang tinggi, karena menyediakan ruang bermain bagi anak. 

    Tidak hanya itu, anak yang bermain playground dapat mengajarkan keterampilan hidup, meningkatkan kemampuan motorik maupun sensorik anak dan masih banyak manfaat lainnya.

  2. Manfaat playground untuk apartemen

    Apartemen merupakan hunian atau tempat tinggal yang dibangun secara vertikal, dibangun tinggi bukan melebar seperti rumah pada umumnya. 

    Kebanyakan penghuni apartemen memiliki mobilitas yang tinggi, dan punya fasilitas dan ruang untuk mewadahi aktivitas penghuni seperti kamar, kasur, ruang tamu, kolam renang umum hingga fasilitas playground outdoor.

    Playground memiliki manfaat untuk hunian apartemen sebagai ruang bermain anak, tempat menunggu hingga sebagai pelengkap fasilitas untuk apartemen yang menjadi nilai tambah bagi calon penghuni apartemen. 

  3. Manfaat playground untuk perumahan

    Playground adalah salah satu hadiah paling penting yang dapat Anda berikan kepada anak-anak. Playground atau taman bermain di beberapa perumahan dibuat sebagai ruang publik terbuka untuk penghuni perumahan. 

    Dalam masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi, playground menawarkan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan diri, dan mengasah keterampilan kognitif dan motorik mereka saat bermain di playground bersama teman-temannya.

  4. Manfaat playground untuk rumah sakit

    Ada aturan di rumah sakit untuk anak yang berusia di bawah 12 tahun, anak dilarang ikut masuk ke ruang perawatan atau mengunjungi anggota keluarga atau kerabat yang sedang di rawat inap. 

    Hal ini membuat bingung dan menyulitkan bagi orang tua yang terdesak harus membawa anaknya. Maka dari itu, rumah sakit perlu menyediakan taman bermain playground atau ruang terbuka di rumah sakit dapat membantu anak atau orang tua menunggu.

    Baca juga : Manfaat playground untuk fasilitas rumah sakit

  5. Manfaat playground di Mall

    Pusat perbelanjaan semakin besar dan lebih baik setiap tahun karena meningkatnya persaingan dari pusat lain, serta revolusi belanja online. 

    Agar pusat perbelanjaan tetap kompetitif, pengembang ritel terus menyegarkan dan menciptakan kembali format pusat perbelanjaan yang khas untuk menciptakan ruang yang menawarkan lebih dari sekadar berbelanja salah satunya menyediakan playground indoor untuk pengunjung anak kecil.

    Taman bermain menjadi semakin penting dalam pusat perbelanjaan karena kemampuannya untuk melibatkan seluruh keluarga. Menawarkan lebih dari sekadar hari keluarga yang menyenangkan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan playground.

  6. Manfaat playground di supermarket

    Saat ini semakin banyak supermarket memiliki taman bermain dalam ruangan karena memiliki manfaat untuk menarik banyak orang tua dan kakek-nenek yang membawa anak-anak mereka pergi ke supermarket. 

    Pentingnya fasilitas playground di supermarket dibuat sebagai ruang berekspresi dan tempat untuk istirahat setelah lelah berbelanja.Umumnya anak-anak suka berlari, pada saat berbelanja orang tua tidak bisa menjaga anaknya dengan baik. Jadi mereka ingin tempat untuk beristirahat. Jadi membangun taman bermain indoor di pusat perbelanjaan bisa membiarkan anak-anak bermain di sana.

    Baca juga: 5 Manfaat playground indoor untuk swalayan

  7. Manfaat playground di taman

    Apakah Anda ingat masa kecil Anda? Taman bermain playground mungkin adalah favorit Anda. Ya, playground merupakan tempat bermain bagi anak-anak yang biasa berlokasi di taman. 

    Sayangnya anak-anak zaman sekarang lebih memilih bermain menggunakan aplikasi yang ada di handphone maupun laptop yang mereka miliki.

    Padahal playground di taman memiliki banyak manfaat, anak-anak dapat belajar sambil bermain di playground, playground juga memberikan pengalaman yang nyata, dan dapat menyehatkan tubuh anak.

  8. Manfaat playground di restoran

    Playground memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk perkembangan anak tapi juga benefit bagi restoran. Restoran dengan taman bermain dalam ruangan membuat keluarga merasa diterima dan merasa nyaman khususnya bagi anak-anak.

    Untuk mendukung restoran Anda yang ramah keluarga, dapat memanfaatkan dan menyediakan playground. Dengan memberikan fasilitas ini Anda membantu orang tua untuk beristirahat, agar anak sibuk bermain, dan membuat pelanggan setia Anda kembali untuk makan atau sekedar main di playground. 

    Restoran dengan fasilitas yang lengkap, nyaman dan menarik akan membuat pelanggan kembali lagi untuk mengunjungi restoran Anda, bahkan mungkin saja mereka menjadi pelanggan yang loyal atau pelanggan setia sekaligus meningkatkan pendapatan atau laba restoran. 

    Baca juga: Playground indoor untuk mendongkrak bisnis restoran 

  9. Manfaat playground di showroom

    Bukan hanya untuk restoran, playground juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang tunggu pada Showroom, baik showroom mobil atau show motor. Playground dapat menjadi fasilitas penunjang bagi showroom sekaligus menambah kenyamanan customer khususnya bagi mereka yang mengajak anak ke showroom atau service kendaraan. 

Kriteria Playground Yang Berkualitas

Ketika Anda hendak membuat playground, maka penting sekali untuk memperhatikan kualitasnya. Karena hal ini berhubungan dengan keamanan anak-anak ketika sedang bermain. Pastikan Anda mengetahui bahan apa yang digunakan dan bagaimana kekuatannya. Anda bisa memesannya di jual playground Malang. Berikut beberapa kriteria yang menunjukkan playground berkualitas.

  1. Tidak Goyah

    Playground yang digunakan haruslah dijamin kekuatannya. Di mana saat sedang digunakan oleh banyak anak tidak akan goyah. Harus dipastikan ketika anak-anak melompat, berjalan, berlari, dan sebagainya, playground tersebut tetap kuat untuk menopang. Jual playground yang bagus dan berkualitas haruslah kokok ketika digunakan bermain.
  2. Mur Dan Baut Tidak Mudah Kendor

    Mur dan baut menjadi bagian terpenting untuk menjaga playground agar tetap kokoh berdiri. Jika keduanya kendor, maka akan sangat membahayakan anak-anak yang sedang bermain. Sehingga, pastikan jika pemasangan mur dan baut dilakukan dengan baik dan benar. Anda bisa mempercayakan playground terbaik melalui jual indoor playground di Jakarta.
  3. Cat Tidak Mudah Luntur

    Playground biasanya dicata berwarna-warni agar lebih menarik dan tampak ceria. Anak-anak juga sangat senang jika melihat playground yang akan digunakan memiliki warna yang cerah. Oleh karena itu, pastikan bahwa cat yang digunakan benar-benar berkualitas serta tidak mudah luntur. Hal ini berlaku untuk outdoor indoor maupun outdooor. Anda bisa mempercayakannya kepada jual playground indoor di Surabaya.
  4. Tersedia Banyak Permainan

    Playground yang berkualitas adalah playground yang menyediakan beragam jenis permainan. Hal inilah yang dilakukan oleh jual playground indoor Jogja. Semua permainan yang disediakan haruslah mengedukasi, seperti box pasir, balok, puzzle, dan sebagainya.

Dengan melihat betapa banyak fasilitas publik yang menyediakan playground, di mana tidak hanya sebagai media berbisnis saja tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Sehingga semakin banyak juga yang berminat untuk memilikinya. Tidak jarang playground ini juga dimiliki secara pribadi. Untuk memilikinya, pastikan Anda memilih tempat jual playground yang terpercaya dan bisa menyediakan playground dengan kualitas terbaik.

Tidak hanya untuk perkembangan tumbah anak saja tetapi playground juga menjadi kesempatan kita untuk berbisnis berikut beberapa tips menjalankan bisnis playground.

Baca Juga: Tips Sukses Menjalankan Bisnis Permainan Anak

HUBUNGI KAMI UNTUK PEMESANAN

INNOVATIVE PLAYGROUND FOR ANY SOLUTION

Konsumen bisa mendapatkan layanan konsultasi secara gratis mulai dari penentuan pilihan produknya, desainnya, bagaimana pengoperasiannya ataupun beberapa masalah lainnya yang mungkin dihadapi terkait playground tersebut.

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

Scroll to Top