logo happy play indonesia

Bagaimana Playground Bisa Membantu Anak-Anak Pemalu

Bagaimana Playground Membantu Anak-Anak Pemalu

Taman bermain menawarkan banyak manfaat untuk semua anak, termasuk membantu anak pemalu lebih berani. Lalu bagaimana playground bisa membantu anak-anak pemalu? Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam tentang kelebihan playground. 

Sebelum membantu anak pemalu, kita perlu tahu apa itu anak pemalu. Dalam sebuah jurnal, Rosmalia Dewi menjelaskan, bahwa karakteristik anak pemalu umumnya memiliki ciri seperti kurang berani dan kurang percaya diri jika bertemu dengan orang baru, bahkan orang yang telah dikenalnya bisa membuat anak malu, selain itu mereka enggan untuk ikut bergabung dalam sebuah perkumpulan.

Tetapi untuk anak pemalu, bermain di playground bisa sangat membantu dalam pengembangan keterampilan sosialnya. Taman bermain adalah lingkungan yang sempurna untuk berlatih sosialisasi dan keterampilan hidup penting lainnya. Keberanian anak harus dilatih untuk masa depannya nanti. 

Playground Bisa Membantu Anak-Anak Pemalu dengan Cara Memahami rasa malu anak
Sumber: freepik.com

Memahami Rasa Malu Anak

Memahami rasa malu pada anak perlu dilakukan oleh orang sekitar khususnya orang tua. Karena dengan memahami anak dan rasa malu tersebut kita bisa tahu cara terbaik untuk melatih anak agar lebih berani dan percaya diri, salah satunya adalah playground yang bisa membantu anak-anak pemalu. 

Rasa malu sendiri dapat digambarkan sebagai kecenderungan untuk merasa cemas, ragu, khawatir, atau terhambat dalam situasi sosial, terutama dalam keadaan asing atau berada di sekitar orang baru. Ini sangat umum di kalangan anak-anak, serta orang dewasa. 

Rasa malu dapat berkisar dari sedikit kecanggungan sosial hingga gejala fisik yang ekstrim seperti jantung berdebar, berkeringat, sakit perut, dan perasaan panik saat berinteraksi sosial.

Meski umum terjadi, jika tidak diupayakan rasa malu dapat menahan anak-anak sulit berinteraksi sosial menjadi, stress, hingga menarik diri dan menghindari situasi sosial.

Cara mendorong anak agar bersosialisasi - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

Cara Mendorong Anak Bersosialisasi 

Jika Anda adalah orang tua atau guru dari anak pemalu, Anda mungkin mengamati mereka menahan diri. Coba ajaklah ke taman bermain atau playground sekitar, karena playground bisa membantu anak-anak pemalu. Apabila sudah sampai di taman bermain, biarkan si kecil bergabung dan berinteraksi dengan anak lain. 

Mungkin untuk pertama kalinya anak merasa sendiri atau dikucilkan, namun dalam kenyataannya anak lain mungkin merasa bahwa anak pemalu itu terlihat angkuh dan anak lain mungkin tidak tahu bagaimana berinteraksi dengan anak pemalu. 

Untuk mengatasi ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong anak Anda tidak menjadi pemalu. Berikut cara membantu anak pemalu bersosialisasi lebih banyak di playground:

1. Berikan contoh positif

Sebaik-baiknya pembelajaran adalah yang dicontohkan, maka dari itu berikan contoh. Tersenyumlah pada anak-anak dan orang dewasa lain di taman bermain dan pastikan anak melihat Anda berinteraksi positif dengan orang lain.

Sebagai contoh, saat Anda dan si kecil bermain di playground dan bertemu dengan orang baru, Anda mencontohkan kepada anak dengan tersenyum dan mengajak bicara lebih dulu orang lain, itu adalah salah satu alasan playground bisa membantu anak-anak pemalu. 

2. Ikuti minat anak Anda

Anak-anak lebih cenderung berinteraksi saat mereka sedang bersenang-senang. Dorong anak Anda untuk memulai dengan aktivitas favorit mereka di taman bermain, dengan begitu mereka mungkin saja akan berinteraksi secara alami dengan orang lain. 

3. Fokus pada situasi satu lawan satu

Mungkin lebih mudah bagi anak pemalu untuk mendekati satu anak lain dari sekelompok anak yang bermain bersama, jadi doronglah interaksi ini. Sehingga anak pemalu memiliki kesempatan untuk melatih keterampilan sosial dengan seseorang yang lebih dikenalnya. 

4. Gunakan permainan peran untuk mempersiapkan

Bantu anak pemalu bersiap-siap untuk waktu sosial dengan sedikit permainan peran di rumah atau di kelas. Bicaralah dengan anak Anda tentang latihan ini, anggap anak sedang bertemu orang baru, dan Anda seolah berperan jadi orang lain, kemudian coba pertanyaan seperti, “Siapa namamu?” atau “Apakah Anda ingin bermain dengan saya?” dan lainnya. 

5. Bersabarlah

Mengatasi rasa malu bisa menjadi proses yang panjang, jadi jangan berkecil hati. Terus gunakan kepositifan dan dorong anak Anda secara keseluruhan, cobalah untuk bersabar. Dengan upaya yang konsisten, anak Anda dapat memperoleh kepercayaan diri dan menjadi lebih baik dalam keterampilan sosial di taman bermain.

Baca juga: Mudah Kok, 7 Cara Membuat Anak Bahagia Agar Jadi Pribadi Baik

Manfaat playground untuk anak pemalu - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

Manfaat Playground untuk Anak Pemalu

Metode mengajak anak bermain di playground merupakan cara mudah dan menyenangkan untuk membantu anak-anak pemalu. Taman bermain adalah tempat alami bagi anak-anak untuk melakukan segala macam interaksi dan situasi sosial. 

Di situlah anak-anak melakukan “pekerjaan” menjadi anak-anak, belajar tentang diri mereka sendiri dan bagaimana bergaul dengan orang lain. Taman bermain memberikan banyak manfaat  bagi anak-anak, diantaranya adalah latihan fisik dan manfaat kesehatan, peningkatan prestasi akademik dan berbagai macam keterampilan tambahan. 

Terutama untuk anak-anak pemalu, playground bisa membantu anak-anak pemalu melatih keterampilan sosial dan emosional yang perkembangannya membantu mereka dan membuat mereka lebih nyaman dengan interaksi sosial. Berikut ini adalah beberapa manfaat taman bermain bagi anak pemalu:

Taman bermain mendorong permainan sosial

taman bermain adalah tempat yang sempurna untuk interaksi sosial alami antara anak-anak. Peralatan bermain seperti seluncuran dan ayunan memberi anak kesempatan untuk melatih keterampilan sosial seperti berbagi, kesabaran dan bergiliran, serta komunikasi yang baik satu sama lain. 

Apalagi jika playground bertema, ini jauh lebih menarik minat anak-anak, dan mendorong anak-anak untuk bermain bersama, hingga menciptakan skenario kreatif mereka sendiri. Waktu bermain yang kreatif seperti ini dapat membantu memikat anak-anak yang paling pemalu sekalipun untuk bermain kelompok yang menyenangkan.

Playground membantu anak pemalu mengeksplor diri

Anak-anak dengan tren pemalu seringkali sangat mandiri dan umumnya menikmati waktu bermain sendiri. Hal yang hebat tentang taman bermain adalah permainan kelompok tidak diperlukan, dan waktu bermain mandiri sering kali berhasil dengan baik. Biarkan anak Anda menjelajahi taman bermain sendiri dan biarkan mereka menjadi pembohong saat mereka menciptakan permainan dan skenario mereka sendiri. 

Mereka juga dapat meningkatkan penalaran spasial dan observasi skill saat mereka meluncur sendiri. Membiarkan anak Anda bermain sendiri adalah cara yang bagus untuk membuat anak Anda yang pemalu percaya diri.

Taman bermain bantu bounding anak dengan pengasuh

Di ruang kelas yang sibuk, atau di rumah dengan banyak saudara kandung, anak yang pemalu mungkin merasa kewalahan dan putus asa untuk mencari bantuan dari orang tua, guru, dan pengasuh lainnya. Namun, di tempat terbuka di taman bermain, anak-anak pemalu mungkin merasa tidak terlalu kewalahan dan lebih nyaman berinteraksi dan meminta bantuan dari orang dewasa dan pengasuh. Ini juga meningkatkan kepercayaan dan ikatan emosional dengan orang dewasa dalam kehidupan anak pemalu.

Happy Play Indonesia Menawarkan Playground Berkualitas
Dok. Happy Play Indonesia – Outdoor Playground Bantu Anak Pemalu Jadi Berani

Happy Play Indonesia Menawarkan Playground

Happy Play Indonesia bertekad untuk membahagiakan anak bangsa melalui inovasi wahana permainan, karena kami adalah kontraktor playground Indonesia terbaik dan sudah berpengalaman mengerjakan ribuan project di seluruh wilayah Indonesia.

Kami sangat memahami kesulitan yang dapat ditimbulkan oleh rasa malu khususnya anak-anak, maka dari itu kami merancang peralatan taman bermain agar playground bisa membantu anak-anak pemalu datang bermain dan bahagia saat di playground. 

Dengan bangga kami menawarkan pilihan produk peralatan taman bermain seperti outdoor playground, indoor playground, outdoor fitness, waterplay bahkan trampoline yang menyenangkan, kreatif, dan menarik bagi anak-anak dari segala kepribadian dan usia. 

Hadirkan taman bermain di sekitar Anda, dan bantu anak-anak pemalu dapatkan keberanian dan rasa percaya dirinya dengan wujudkan playground terbaik Anda di rumah dan bangun bisnis playground Anda bersama Happy Play Indonesia. 

Baca juga: 

Cara Bermain Ayunan yang Aman Bagi Anak

Manfaat Playground Untuk Anak

Produk Indoor Playground

Bagikan Artikel Ini: