logo happy play indonesia

Cara Memilih Perlengkapan Playground untuk Usia 2-5 tahun

Cara Memilih Perlengkapan Playground untuk Usia 2-5 tahun

Wahana taman bermain dapat memberikan kebahagiaan bagi anak-anak disegala usia. Namun lebih baik, Anda selektif dan tau cara memilih perlengkapan playground untuk usia 2-5 tahun, karena diusia itu merupakan masa pertumbuhan yang perlu disesuaikan dengan kemampuan dan daya tangkap si kecil yang berbeda-beda. 

Setiap anak-anak harus mendapatkan kesempatan memiliki keterampilan berharga yang didapatkan tidak hanya dari sekolah tapi juga saat mereka di taman bermain. Lalu, apa saja perlengkapan playground yang sesuai untuk anak usia 2-5 tahun dan cocok untuk kebutuhan aktivitas fisik mereka? Simak artikel sampai habis. 

Cara Memilih Perlengkapan Playground untuk Usia 2-5 tahun
Dok. Happy Play Indonesia – Memilih perlengkapan playground sesuai usia

Perlengkapan Playground yang Sesuai Untuk Anak Usia 2-5 Tahun?

Memilih peralatan taman bermain sekolah dasar yang cocok untuk kelompok usia ini sangatlah penting. Peralatan taman bermain yang tepat pasti akan menantang kekuatan tubuh bagian atas dan kemampuan memanjat mereka dengan aman dan memperkenalkan mereka ke dunia kemungkinan imajinatif. Untuk anak usia sekolah, struktur dan aktivitas tertentu dapat meningkatkan pengalaman bermain di luar ruangan sambil membantu mereka meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Pada rentang usia 5-12 adalah saat anak-anak sering mulai menemukan cara baru dalam memandang dunia dan menemukan solusi untuk masalah. Dengan peralatan taman bermain yang tepat, mereka dapat menjelajahi elemen-elemen ini untuk bersenang-senang secara aktif di lingkungan yang aman, itulah pentingnya Anda tau bagaimana cara memilih playground untuk usia 2-5 tahun.

Peralatan taman bermain usia sekolah harus mencakup pertumbuhan keterampilan motorik halus dan kasar, keseimbangan, dan koordinasi anak-anak. Untuk anak-anak berusia antara 5 hingga 12 tahun, keterampilan mereka menjadi lebih maju dalam setiap aspek dan mereka siap menghadapi tantangan baru. Berikut perlengkapan playground untuk anak usia 2-5 tahun.

1. Area Bermain Luas

Mendesain ruang bermain anak yang sempurna memang tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari desain, tata letak, keamanan ruang, mainan, dan pengawasan ekstra saat anak Anda bermain. Meski tidak mudah, artikel ini akan menunjukkan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mendesain ruang bermain anak yang tepat. Agar anak bergerak bebas

Membangun ruang bermain pada rumah minimalis tentunya tidak mudah. 

Belum lagi tambahan area khusus yang terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggambar dan memanfaatkan sudut-sudut rumah, mulai dari kolong tangga hingga loteng rumah. Selain itu, kamu juga bisa membagi ruang permainan menjadi beberapa zona. 

2. Gunakan Matras Pelindung

Pada anak usia 2-5 tahun, keamanan bermain sangat diperhitungkan. Cara memilih perlengkapan playground untuk anak usia 2-5 tahun dengan menggunakan matras pelindung. Matras memiliki karakteristik yang empuk dan lembut, ini sangat berguna agar anak tetap nyaman dan terlindungi jika sewaktu-waktu kehilangan keseimbangan dan terjatuh dilantai saat bermain. 

3. Platform Lebih Rendah untuk Langkah Lebih Kecil

Panduan memilih playground lainnya adalah peletakan platform yang ideal. Platform adalah area di taman bermain yang memungkinkan anak-anak mencapai area yang lebih tinggi tanpa tangga atau tangga. Perbedaan ketinggian tertinggi antara platform untuk kelompok usia ini adalah 18 inci . Platform juga harus memungkinkan bukaan untuk drainase dan hanya mengumpulkan puing-puing minimal.

4. Hiasi Area dengan Penuh Warna dan Permainan Edukatif

Selain jadi tempat bermain, playground adalah tempat untuk mengasah dan merangsang kreativitas anak, untuk itu cara memilih perlengkapan playground untuk anak usia 2-5 tahun adalah dengan menghiasi area playground penuh warna dan permainan edukatif. 

5. Jarak Tinggi Aman

Agar playground safety untuk anak, buatlah playground yang menyesuaikan usia dan fisik anak. Namanya anak kecil mereka juga memiliki tubuh yang lebih kecil dari orang dewasa. Maka dari itu, buatlah playground yang jarak tingginya aman.

Perbedaan antara bagian atas platform atau peralatan taman bermain lainnya dan permukaan bawah taman bermain adalah ketinggian jatuh. Untuk usia 5-12 tahun, tinggi badan ini harus 30 inci atau kurang . Ketinggian jatuh untuk tangga horizontal dan cincin di atas kepala maksimum 84 inci.

Pilihan Permainan Playground yang Cocok untuk Anak Usia 2-5 Tahun

Perlengkapan playground seperti di atas bisa Anda jadikan patokan untuk mewujudkan tips memilih playground. Ada beberapa hal yang dapat Anda upayakan dalam mempersiapkan perlengkapan playground untuk anak usia 2-5 tahun, siapkan beberapa pilihan permainan di bawah ini agar anak bahagia bermain playground, diantaranya.   

Perosotan playground happy play indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Perosotan Indoor Playground

1. Perosotan

Perosotan mungkin merupakan permainan paling umum yang Anda bayangkan saat memikirkan taman bermain. Ada banyak alasan mengapa Anda dapat menambahkan seluncuran ke taman bermain untuk membantu meningkatkan permainan bagi anak-anak usia 5-12 tahun. 

Bermain perosotan sangat menyenangkan untuk anak-anak, karena mereka mengalami sensasi gravitasi. Selain itu, perosotan dapat membantu anak-anak mengatasi rasa takut jatuh karena mereka dapat berinteraksi dengan aman dengan berbagai ketinggian.

Anak-anak juga dapat lebih memahami batasan mereka dan mendapatkan pengetahuan saat mereka belajar bagaimana mendorong diri mereka sendiri ke bawah dengan mudah. Makanya, perosotan seringkali menjadi salah satu fitur paling populer di taman bermain.

Baca juga: Manfaat Bermain Perosotan untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu

2. Ayunan

Selain perosotan, wahana lain yang tak kalah terkenal adalah ayunan. Tentunya permainan ayunan sangat populer, dan pasti ada di taman bermain mana pun. Ayunan atau dalam bahasa inggrisnya swing set punya manfaat untuk pertumbuhan anak.

Manfaat yang dimaksud adalah, ayunan bisa membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka, seperti memompa kaki mereka dan menggunakan inti mereka untuk keseimbangan. 

Mengayun juga mengembangkan keterampilan motorik halus karena mengajarkan anak untuk menggenggam dengan benar dan meningkatkan koordinasi pada jari, tangan, dan lengan.

Playground Mandi Bola Happy Play Indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Permainan mandi bola anak

3. Mandi Bola

Permainan mandi bola hanyalah kolam kosong besar dengan banyak bola plastik. Tapi rasanya berenang di kolam bola seperti berada di mesin bola raksasa. Mandi bola merupakan salah satu pelengkap dari permainan playground, biasanya berbentuk sangkar yang dikelilingi jaring atau kawat agar bola plastik tidak keluar dari sangkar. 

Ada berbagai ukuran mandi bola sesuai dengan usia, misalnya untuk usia 2-5 tahun, bahkan hingga orang dewasa. Permainan mandi bola besar biasanya dapat dilengkapi dengan permainan anak lain seperti seluncur es dan flying fox dan tersedia di taman bermain atau toko besar. 

Baca juga: Tips Aman Bermain Mandi Bola untuk Anak

4. Spring Rider

Cara lain dalam memilih peralatan bermain untuk anak usia 2-5 tahun adalah dengan membuat permainan spring riding. Feather Rider Kursi goyang, atau biasa dimainkan dengan cara digerakan maju mundur. 

Meski terlihat biasa saja, permainan ini menawarkan manfaat proprioseptif, atau indra yang bertanggung jawab atas posisi tubuh dan gerakan yang dilakukan. Selain itu, bow rider juga berguna untuk vestibule saat menggerakkan badan. Balita yang memainkan permainan ini harus mengkoordinasikan gerakan tubuh mereka untuk membuat jungkat-jungkit bergerak dan seimbang. 

Jungkat-jungkit indoor playground happy play indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Permainan jungkat-jungkit indoor playground project Mega Mall Bekasi

5. Jungkat – jungkit

Permainan jungkat-jungkit merupakan salah satu alat bermain untuk anak usia 2-5 tahun. Jungkat-jungkit, jika diartikan secara harfiah, adalah penyangga ini menjelaskan keseimbangan.

Bermain dengan ayunan ini mengajarkan anak tentang beban. Fungsi bermain terbaik, ketika kedua anak memiliki berat yang sama, mereka akan merasakan keseimbangan dan bersenang-senang di playground.

Mencari Kontraktor Playground Berpengalaman?

Menemukan peralatan yang tepat untuk anak usia SD dan sekolah tidak pernah semudah ini dengan Happy Play Indonesia. Kami ingin membantu Anda menciptakan taman bermain impian anak-anak dan orang dewasa serta mampu meningkatkan interaksi dan keterlibatan sosial. Untuk anak usia 5-12 tahun, ini adalah waktu penting dalam hidup mereka untuk mengekspresikan diri saat bermain dan belajar bermain bersama dengan orang lain. Di taman bermain, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan fisik, sosial, kognitif, dan motorik yang diperlukan yang membantu mereka tumbuh dalam kepercayaan diri.

Di Happy Play Indonesia, kami menawarkan solusi taman bermain yang melampaui harapan Anda dan memastikan bahwa semua produk kami tahan lama dengan kualitas yang Anda inginkan. Kami tidak sabar untuk membantu Anda menciptakan tempat bermain yang menyenangkan dan berkesan bagi anak-anak. Hubungi perwakilan Happy Play Indonesia untuk mulai membangun taman bermain Anda dan bisnis playground Anda.

Baca juga:

Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik Anak

Umur Berapa Anak Bisa diajak Bermain Playground

Produk Indoor Playground

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground

Produk Terkait