logo happy play indonesia

Manfaat Bermain Perosotan Untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Permainan anak banyak sekali jenisnya, dari mainan kecil, mainan besar sampai permainan yang ada di ruang publik baik indoor maupun outdoor. Permainan ini menjadi solusi bagi orang tua untuk menyenangkan anak. Tentunya sebagai orang tua kita pasti ingin memberikan permainan yang bagus, membantu mendukung dan bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, salah satunya permainan yang punya banyak manfaat yaitu perosotan playground.

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Manfaat Bermain Perosotan

Credit: assets.kanya.id

1. Tingkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Manfaat bermain perosotan yang pertama yaitu membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi anak. Saat anak menaiki tangga perosotan, diperlukan keseimbangan yang baik untuk menaiki tangga tersebut. Orang dewasa mungkin melihat dan menaiki tangga adalah hal yang mudah dan biasa, tapi berbeda bagi anak. Jika anak main perosotan itu akan membantunya dalam meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuhnya. 

Credit: mindthegraph.com

2. Menghadirkan Tantangan Fisik yang Sehat

Menaiki tangga dan meluncur di perosotan menjadi tantangan tersendiri untuk anak. Tentunya, perosotan harus tinggi melebihi tinggi anak, saat anak naik perosotan sampai berada di puncak dan menuruni perosotan menjadi tantangan tersendiri, ini akan melatih mental dan kesehatan fisik anak. Jika anak takut, Anda bisa menemani anak di pinggir perosotan dan memegangnya, untuk membantu anak lebih percaya diri dan berani meluncur di perosotan. 

Credit: parentingexperttomom.com

3. Mendorong Pengembangan Keterampilan Sosial Positif

Bermain di ruang publik memungkinkan anak bertemu dengan orang lain, bertemu dengan teman sebayanya dan kemungkinan saat anak bermain perosotan di ruang publik bisa menambah pertemanan, artinya keterampilan sosial anak dapat dilatih saat bermain perosotan di playground publik. 

Credit: cdn.coloradoparent.com

4. Melatih Keberanian Anak

Perosotan anak didesain sedemikian rupa agar tidak terlalu tinggi untuk ukuran anak-anak. Tetap saja, anak harus naik tangga perosotan dan memiliki cukup keberanian ketika berada di puncak perosotan. ketika Perosotan juga dapat melatih mentalnya untuk menghadapi ketinggian. Keberanian akan ketinggian adalah satu jenis keberanian yang perlu diasah.

Baca juga: Hindari Bahaya, Begini Cara Bermain Perosotan Anak yang Aman

Credit: ichef.bbci.co.uk

5. Melatih Kesabaran Anak (Mengantri)

Bermain perosotan di playground outdoor sama dengan melatih kesabaran anak, karena di ruang publik anak harus bergiliran menaiki wahana playground. Menaiki perosotan harus satu-satu, tidak bisa berbarengan dengan teman lainnya atau pun main perosotan bersama orang tuanya, karena hal ini dapat mengakibatkan cidera dan sangat beresiko, lebih baik jika ingin menemani anak bermain perosotan temanilah dari samping dan tidak ikutan naik di perosotan, hal ini akan membantu anak melatih kesabarannya karena mengantri. 

Aktifitas fisik yang dilakukan anak dengan bermain perosotan di outdoor playground akan memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: Cara Bermain Perosotan yang Aman

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top