logo happy play indonesia

Manfaat Bermain Ayunan Bagi Anak, Perlu Diketahui

manfaat bermain ayunan

Ayunan menjadi salah satu permainan anak paling favorit anak terutama untuk mereka yang masih balita. Permainan satu ini juga biasanya selalu ada di setiap taman bermain atau playground di berbagai kota. Ayunan sudah seperti mainan wajib bagi taman bermain untuk membuatkan permainan ini.

Gerakan mengayun memang merupakan salah satu gerakan yang sangat disukai bayi bahkan sejak lahir. Gerakan mengayun juga menjadi andalan orang tua untuk menidurkan dan menenangkan bayi ketika menangis. Penting bagi orang tua untuk mengajak buah hati bermain ayunan di taman bermain ataupun membuat sendiri ayunan di halaman rumah.

Tak hanya menjadi favorit tetapi ternyata ayunan juga banyak manfaat bagi perkembangan anak. Ada banyak manfaat bermain ayunan bagi perkembangan anak yang terkadang tidak terpikirkan orang tua. Untuk itu kami membuat artikel ini untuk informasi bagi Anda para orang tua agar mengetahui manfaat bermain ayunan bagi anak.

Berikut manfaat bermain ayunan untuk perkembangan anak:

bermain ayunan

1. Melatih Keseimbangan

Meskipun bermain ayunan terlihat sepele ternyata ayunan terbukti memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Tidak hanya itu saja, ayunan mampu melatih tubuh anak dengan memanfaatkan sistem vestibular.

Sistem vestibular adalah sistem tubuh yang berkaitan dengan posisi dan keseimbangan, dengan itu akan memberikan dampak pada sistem keseimbangan pada tubuh. Secara tidak langsung ketika anak-anak bermain ayunan, mereka sedang terapi keseimbangan. Semakin sering bermain semakin baik bagi anak dan anak-anak akan memiliki sistem keseimbangan dengan baik akibat bermain ayunan.

2. Mendorong Anak Untuk Bersosialisasi

Bermain ayunan di taman bermain akan mendorong anak untuk bergerak secara sinkron bersama teman lainnya. Dengan itu akan mendorong mereka untuk lebih banyak berkomunikasi satu sama lain dan bekerja sama untuk bermain. 

Hal ini membuktikan bahwa membawa anak-anak bermain ayunan di taman bermain sangat bermanfaat untuk mengembangkan sosialisasi anak. Untuk itu ajaklah anak Anda ke taman bermain.

3. Meningkatkan Koordinasi

Dalam studinya ahli perkembangan anak usia dini dari Michigan State University AS Tracy Trautner mengatakan bahwa berayun memungkinkan anak untuk mengembangkan gerakan koordinasi. Bermain ayunan juga membuat orang tua tidak perlu repot-repot untuk mengajarkan bagaimana caranya berayun.

Gerakan bermain ayunan akan melatih koordinasi anak, mulai dari gerakan maju mundur saat berayun akan membuat anak belajar mengkoordinasikan gerakan tangan, kaki dan matanya.

Banyaknya gerakan ini akan melatih koordinasi tubuh anak.

Baca juga: Cara bermain ayunan yang aman bagi anak

4. Mengembangkan Sistem Sensorik

Ayunan juga membantu anak-anak mengembangkan sistem sensoriknya dengan semua gerakan yang dilakukan saat bermain membuat anak berkembang. Sistem sensorik adalah cara kerja otak manusia untuk mengatur dan menafsirkan informasi. 

Bermain ayunan adalah salah satu kegiatan yang baik untuk perkembangan anak khususnya sensorik anak. Saat berayun mereka mengembangkan kemampuannya untuk beradaptasi dengan sensasi yang berbeda dari biasanya.

Pengalaman baru atau berbeda ini akan mempengaruhi kemampuan anak untuk belajar adaptasi. Bila sistem sensorik anak sedikit kurang berkembang maka akan sulit baginya untuk fokus.

5. Membantu Anak Tidur Lebih Cepat

Tak berbeda dengan bayi yang sangat suka saat diayun seperti diayun sambil digendong ataupun di box maupun stroller saat ingin tidur, anak-anak balita pun menikmati gerakan ayunan lembut yang juga bisa membantunya untuk rileks.

Dengan ayunan lembut nan nyaman akan membuat anak lebih cepat untuk tertidur tanpa harus memaksanya untuk memejamkan mata.

6. Baik Untuk Anak dengan Autisme

Karena berayun bisa membuat rileks dan menghilangkan stress maka bermain ayunan sangat cocok untuk anak-anak dengan autisme. Dengan ayunan yang lembut dari ayunan bisa membuatnya menjadi rileks hingga bisa menenangkan mereka saat sedang tantrum.

Itulah beberapa manfaat bermain ayunan bagi anak. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya bagi perkembangan anak. Dengan semua kelebihan dari manfaatnya, ayo ajak main anak bersama ke taman bermain.

Maksimalkan potensi anak dengan permainan masa kecil yang bahagia salah satunya adalah ayunan. Bantu anak berkembang dengan mainan-mainan tradisional yang mampu membuatnya berkembang.

Baca juga: 

Permainan playground mampu melatih motorik dan sensorik anak

10 Permainan anak tradisional dan cara mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top