logo happy play indonesia

8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

permainan playground

Bagi anak-anak khususnya balita, bermain di taman bermain atau permainan playground tentu sangat menyenangkan. Anak-anak bisa bermain sesuka hati di area playground, mulai dari perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, tiang gelantung dan lainnya.

Berbagai macam dan jenis permainan playground yang ada tidak hanya untuk bersenang-senang, melainkan terdapat fungsi lain yang baik untuk anak. Contohnya seperti mampu menstimulasi sistem motorik dan sensorik pada anak. Kedua hal ini mampu mengasah keterampilan yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan bermain secara aktif akan mampu membuat anak lebih sehat dari segi fisik dan mental serta mampu meningkatkan fokus belajar dan mengasah kepercayaan pada diri. 

Berikut beberapa permainan playground yang menjadi favorit anak-anak yang umum pada taman bermain serta memiliki manfaat untuk perkembangannya.

Permainan Playground 

permainan ayunan
credit: unsplash.com

1. Ayunan

Ayunan adalah permainan balita yang paling favorit dan hampir di setiap taman bermain ada. Ternyata ayunan sangat baik untuk anak dan khususnya balita. Bermain ayunan berperan dalam mengasah keseimbangan dan kontrol tubuh yang baik. Koordinasi tubuh juga terlatih karena untuk tetap berayun diperlukan koordinasi antara kaki, keseimbangan dan feeling seberapa kencang dorongan yang akan dihentakkan. Hal-hal tersebut mampu melatih motorik anak secara signifikan.

jual permainan perosotan anak

2. Perosotan

Permainan playground kedua yang menjadi kesukaan balita dan anak-anak adalah perosotan. Perosotan juga sangat banyak terdapat pada taman bermain, tk, playgroup dan taman-taman kota. Bermain perosotan mampu meningkatkan koordinasi tubuh dan juga keseimbangan karena ketika menaik tangga sebelum meluncur memerlukan koordinasi kaki, mata dan tangan.

permainan jungkat-jungkit
credit: pegasusaerogroup.com

3. Jungkat-Jungkit

Selanjutnya adalah mainan jungkat-jungkit, permainan satu ini membutuhkan dua orang yang kerjasama untuk memainkannya. Koordinasi dan keseimbangan lagi-lagi dibutuhkan saat bermain jungkat-jungkit. Tak hanya itu dengan bermain permainan ini anak-anak juga belajar saling bekerja sama satu sama lain.

Baca Juga: 10 Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Mainnya

4. Panjat Dinding

Permainan panjat dinding biasanya dimainkan oleh anak laki-laki atau anak yang cukup aktif. Karena memainkan permainan ini membutuhkan keberanian dan kekuatan tangan dan kaki yang cukup. Panjat dinding termasuk ke dalam mainan ekstrem karena ketika berhasil memanjat akan berada di ketinggian. 

Dengan bermain panjat dinding anak-anak mampu melatih mental, koordinasi tangan dan kaki serta keseimbangan tubuh.

5. Tiang Gelantung

Hampir sama dengan panjat dinding, permainan tiang gelantung juga termasuk permainan sangat aktif karena membutuhkan kekuatan tangan untuk memainkannya. Tiang gelantung juga termasuk kedalam permainan yang melatih tubuh anak.

6. Spring Rider

Spring rider atau bisa disebut juga dengan kursi pegas dimainkan dengan cara maju mundur. Mainan ini terlihat sangat simpel tetapi ternyata memiliki manfaat yang baik pada tubuh anak. Melatih indera proprioseptif dan vestibular saat tubuh bergerak.

7. Tubes

Permainan tubes atau tabung ini sangatlah terlihat tak memiliki efek apa-apa namun ternyata memiliki efek yang cukup signifikan. Bermain mainan playground ini mengharuskan anak-anak merangkak untuk melawatinya. Ternyata dengan merangkak saja bisa melatih dan menstimulasi kekuatan koordinasi tubuh.

8. Ring Basket

Permainan basket untuk anak-anak juga membantu motorik serta sensorik anak. Dengan bermain aktif dan berlari akan melatih secara fisik dan ketika melakukan tembakan ke ring akan melatih feeling anak yang baik untuk tubuh. Permainan basket bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu anak berkembang.

Itulah beberapa mainan playground yang memiliki manfaat untuk sensorik dan motorik anak. Ternyata permainan di arena taman bermain tak hanya membuat anak senang saja ya, tetepai sangat banyak manfaat lainnya yang bisa melatih anak untuk berkembang lebih jauh.

Untuk itu playground sangat baik bagi anak-anak terlebih balita. Maksimalkan perkembangan anak dengan membangun playground dirumah Anda. Kami Happy Play Indonesia siap membantu anda menyediakan kebutuhan Permainan Playground.

Baca Juga: Jenis Playground Anak

Baca Juga: Manfaat Playground untuk Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

Scroll to Top