logo happy play indonesia

6 Permainan Melatih Keseimbangan Anak yang Seru

Pernahkah Anda perhatikan saat anak berjalan? Apakah Ia jalannya lurus dan seimbang? Sobat Happy! Keseimbangan anak merupakan salah satu hal penting dalam tumbuh kembang balita dan perlu menjadi perhatian kita bersama terutama bagi orang tua. Keseimbangan merupakan gabungan antara panca indera dengan koordinasi tubuh. Telinga, mata, otot dan persendian si Kecil bekerja sama untuk membuat gerak tubuhnya seimbang. Bila terjadi gangguan pada salah satu unsur di atas, maka fungsi keseimbangan akan terganggu, si Kecil akan mengalami kesulitan untuk melakukan hal sederhana seperti berjalan, mengendarai sepeda, juga bermain. Jika Anda menemukan tanda-tanda yang tidak biasa misalnya anak mudah jatuh dan tidak seimbang segera periksakan anak ke dokter, Anda juga bisa melatih keseimbangan anak lewat permainan yang menyenangkan. 

Baca juga: Tujuan dan Manfaat Bermain Untuk Anak, Tak Boleh diremehkan

Anak Main Engklek
Credit: resepimasakan.net

1. Engklek

Engklek adalah permainan tradisional Indonesia yang bisa melatih keseimbangan anak. Di daerah Bengkulu, permainan tradisional ini juga dikenal dengan sebutan Lompat Kodok atau Lompat Kodok. Permainan ini mengharuskan anak untuk melompat di bidang datar yang digambar dengan kotak-kotak. Setelah itu, anak harus melompat hanya dengan satu kaki saja. Nah, Gerakan inilah yang membuat engklek dipercaya sebagai permainan melatih keseimbangan

Anak Main Enggrang
Credit: assets.kompasiana.com

2. Egrang 

Tahukah kamu apa itu permainan egrang? Permainan egrang adalah permainan tradisional yang menggunakan kayu bambu. Sejatinya, permainan tradisional ini dilakukan dengan berdiri tegak dan berjalan menggunakan tongkat atau galah bambu. Main permainan ini membutuhkan keseimbangan agar dapat berdiri tegak dan jalan menggunakan bambu yang sudah dijadikan enggrang. Berani coba? 

Main Bakiak
Credit: pingpoint.co.id

3. Bakiak 

Permainan bakiak merupakan permainan tradisional yang sudah sejak dulu dimainkan di berbagai daerah di Indonesia. Awalnya mainan bakiak berasal dari Sumatera Barat yang dilahirkan hingga 1970-an. Permainan ini juga sering disebut dengan terompah panjang, terompah galuak, atau terompah deret yang berarti papan bertali karet yang panjang. Memainkan permainan ini membutuhkan beberapa orang untuk menjalankan bakiak yang panjang, dan membutuhkan keseimbangan agar tidak jatuh. 

Anak berdiri dengan satu kaki
Credit: img.freepik.com

4. Berdiri dengan satu kaki

Berdiri dengan satu kaki bisa melatih keseimbangana anak. Biasanya kita berjalan dan berdiri menggunakan dua kaki, namun jika hanya menggunakan satu kaki tidak mudah apalagi dengan waktu yang cukup lama, keseimbangan tubuh akan diuji di sini. Anda juga bisa mainkan permainan berdiri dengan satu kaki bersama anak Anda untuk melatih kemampuan dan keseimbangannya. 

Baca juga: 7 Permainan yang Melatih Konsentrasi Anak Agar Fokus

Jembatan Tangga Anak
Credit: tkalkalamsurabaya.files.wordpress.com

5. Jembatan tangga

Permainan jembatan tangga mungkin masih terdengar asing ditelinga kita, tapi sejatinya mainan ini dapat dimainkan di sekitar lingkungan kita. Untuk permainan yang satu ini, Anda membutuhkan tangga kayu yang kokoh, lalu letakkanlah tangga secara horizontal di lantai dengan mengganjal kedua ujungnya menggunakan bantal. Nah, bantal digunakan agar jarak antara tangga dengan lantai hanya beberapa sentimeter saja. Bisa juga menggunakan benda pendek lainnya. Jika sudah diatur seperti itu, tantanglah anak untuk berjalan di atas tangga dari satu sisi ke sisi lainnya perlahan-lahan. Pijakan yang tipis akan melatih keseimbangan pada anak.

Anak dan ibu olahraga yoga
Credit: res.cloudinary.com

6. Yoga 

Salah satu permainan sekaligus olahraga yang bisa Anda lakukan bersama anak untuk melatih keseimbangan adalah yoga. Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh. Beberapa gerakan yang dimiliki olahraga yoga ini dapat melatih keseimbangan anak, tentunya harus dilatih dan dibiasakan dulu juga menyesuaikan dengan kemampuan anak. 

Itulah beberapa permainan yang bisa Anda mainkan bersama anak sekaligus melatih keseimbangannya, jadikan latihan keseimbangan tubuh Si Kecil sebagai aktivitas yang seru agar ia tidak bosan melakukannya sekaligus bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan antara Anda dan Si Kecil. Selamat mencoba! 

Baca juga: 8 Permainan Playground Melatih Motorik dan Sensorik Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top