logo happy play indonesia

8 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Percaya Diri dan Tangguh

Menjadi orang tua merupakan tanggung jawab seumur hidup yang harus dijalani dengan baik, termasuk mendidik anak-anaknya, baik perempuan atau anak laki-laki agar memiliki karakter tangguh dan percaya diri saat tumbuh menjadi dewasa.

Uniknya anak memiliki karakter yang berbeda-beda, cara mendidik anak pun beragam. Mendidik anak merupakan upaya dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua untuk mempersiapkan anak dan membentuk karakter yang positif pada anak sejak dini. 

Namun, beberapa orang tua berpikir dan memanjakan anak perempuannya dengan banyaknya larangan yang diberikan, padahal orang tua seharusnya mendidik anak menjadi perempuan yang tangguh di masa depan. Lalu apa saja dan bagaimana sih cara mendidik anak perempuan?. Berikut ini 8 cara mendidik anak perempuan agar percaya diri dan tangguh yang dapat Anda lakukan. 

Mendidik anak perempuan dan mencintainya dengan adil
Sumber: turner.com

1. Mencintai Anak Dengan Adil

Terkadang cara orang tua dalam mendidik membuat anak merasa tidak adil, perlakukan orang tua ke anak satu dan ke anak dua berbeda, larangan yang diberikan kepada anak perempuan dan anak laki-laki berbeda. 

Misalnya anak laki-laki tidak diberi tugas bersih-bersih rumah, sedangkan anak perempuan diberi tugas kepada anak perempuan, contoh lainnya kalau anak laki-laki izinkan main sampai larut malam sedangkan anak perempuan tidak boleh main sampai malam. 

Nah, perlakukan yang berbeda menumbuhkan perasaan kecewa anak kepada orang tua apalagi dengan alasan yang tidak dapat diterima anak. Untuk itu orang tua dalam mendidik anak harus adil dan seimbang. 

Ajarkan kepada anak perempuan tentang agama
Sumber: media.istockphoto.com

2. Tanamkan Unsur Agama

Agama adalah tiang kehidupan, apabila manusia percaya, mentaati perintah dan menjauhkan larangan Tuhan niscaya akan selamat di dunia dan diakhirat. Dengan menanamkan unsur agama dalam mendidik anak perempuan merupakan pondasi diri yang baik. Anda dapat menanamkan pendidikan agama sejak dini, misalnya dengan mengajarkan anak untuk berdoa sebelum makan, mengucapkan syukur, mengajaknya beribadah, dan memberikan kisah teladan mengenai agama. 

Baca juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Dalam Keluarga

Didik anak perempuan dan ajarkan ketegasan kepada anak
Sumber: awsimages.detik.net.id

3. Ajarkan Anak Ketegasan

Ketegasan merupakan kunci yang harus ditanamkan dalam diri anak perempuan. Kebanyakan orang yang berpikir sebagai seorang perempuan harus lemah lembut, ya memang benar. Tapi, hal ini banyak dilihat sebagai kelemahan, perempuan dinilai kurang tegas. Maka dari itu, sejak dini perempuan perlu didik menjadi anak yang tegas, tangguh dan percaya diri. 

Ajarkan Anak Untuk Membuat Keputusan
Sumber: s3.theasianparent.com

4. Ajarkan Anak Untuk Membuat Keputusan

Membuat keputusan bukan hal mudah, perlu pertimbangan dan sudut pandang yang berbeda. Pengambilan keputusan berlaku bukan hanya pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Sejak dini anak perlu diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan agar kelak dewasa nanti dapat menentukan keputusan dengan tepat dan tidak takut. 

Mendidik anak perempuan agar dapat mengambil keputusan dapat Anda latih dengan kumpulkan fakta-fakta, bantu anak berpikir panjang jika Ia melakukan hal a akan berdampak apa dan jika melakukan hal b akan berdampak apa, arahkan kepada anak untuk melihat segala kemungkinan yang ada dengan melihat satu hal dari berbagai sudut pandang. 

Didik dan dukung anak memilih hobi atau passion
Sumber: asset.kompas.com

5. Dorong Anak Memilih Hobi atau Passion

Anak perempuan dan anak laki-laki memiliki hobi dan passion yang berbeda. Passion dan hobi yang dimiliki merupakan aktivitas yang mendorong mereka bergerak dan hal tersebut adalah yang Ia sukai. Maka dari itu, dukungan orang tua terhadap passion atau hobi anak perempuan merupakan hal positif yang dapat membuat anak senang. Hal ini merupakan didikan orang tua yang baik, dengan mendukung kesukaan anak. 

 Berikan contoh yang baik kepada anak dan jadilah panutan
Sumber: cdn-cas.orami.co.id

6. Jadilah Panutan

Mendidik anak perempuan yang berdampak besar dapat dilakukan dengan menjadi contoh baik untuk anak. Pernah mendengar istilah anak adalah peniru yang ulung? Ya, tepat sekali. Anak merupakan peniru yang baik, maka dari itu berilah contoh-contoh baik, sikap dan perilaku yang baik ketika ingin mendidik anak. 

Mendidik anak perempuan dan tempatkan anak pada lingkungan yang baik
Sumber: merries.co.id

7. Tempatkan Anak Pada Lingkungan yang Baik

Lingkungan adalah salah satu faktor yang paling besar pengaruhnya bagi anak. Lingkungan memiliki pengaruh yang kuat dalam perkembangan karakter anak, maka dari itu tempatkanlah anak pada lingkungan yang baik, yang sopan, menjunjung keharmonisan dan saling menghargai. Bila anak tumbuh dan berkembang di lingkungan yang baik, santun, dan taat beragama maka anak pun akan tercetak menjadi pribadi yang baik.

Pernah melihat berita tentang pembullyan yang dilakukan anak kepada anak lainnya? Ya, hal itu terjadi karena banyak kontrol orang tua dan sosial yang tidak berjalan dengan baik, anak berada dilingkungan yang salah. 

Monitor pergaulan anak perempuan
Sumber: popmama.com

8. Memonitor Pergaulan

Bukan melarang bergaul, tapi memonitor atau memantau pergaulan anak perempuan. Banyaknya kasus kejahatan yang menimpa perempuan, membuat kebanyakan orang tua khawatir apalagi hal itu kebanyakan dari pergaulan. 

Agar anak tidak merasa tertekan, \orang tua dapat mendidik anaknya dengan menjadi teman untuk anak bercerita, sehingga orang tua dapat memonitor pergaulan anak. Itulah 8 cara yang dapat Anda lakukan dalam mendidik anak perempuan agar percaya diri dan tangguh. 

Baca juga:

7 Cara Mendidik Anak Laki Laki Agar Mandiri dan Tanggung Jawab

8 Permainan Anak Yang Mendidik dan Melatih Otak

Cara Belajar Cerdas Untuk Anak, Terapkan Sejak Dini

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top