logo happy play indonesia

Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Dalam Keluarga

Cara mendidik anak yang baik dan benar

Sejak dalam kandungan, orang tua dan anak mempunyai ikatan batin yang kuat. Karena itu, orang tua dapat mendidik anak yang baik dan benar sejak dalam kandungan. Fakta ini didukung oleh hasil penelitian dari Pregnancy, Birth & Baby yang mengatakan bahwa sejak dalam kandungan bayi dapat dilatih dan perlu melakukan bonding dengan orang tua untuk perkembangan bayi lewat beberapa langkah seperti di bawah ini, simak selengkapnya. 

Pendengar yang baik untuk anak
Sumber: springsmontessori.com

1. Jadilah Pendengar yang Baik

Sebagai orang tua pastinya Anda ingin mendidik anak dengan baik dan benar dalam keluarga, agar menjadi anak berbakti dan panutan untuk keluarga. Tentunya untuk membentuk karakter anak perlu proses yang panjang. 

Namun untuk langkah awal mendidik anak, yang dapat Anda lakukan adalah menjadi pendengar yang baik. Buatlah anak nyaman bercerita dengan Anda, dengarkan segala ceritanya, jangan menghakimi atau memotong cerita anak, dan posisikanlah diri Anda sebagai teman cerita agar anak dapat menuangkan perasaannya dengan bebas, merasa nyaman dan aman bersama orang tua. Hal ini juga dapat membantu Anda sebagai orang tua memahami perasaan anak. 

Mendidik anak dengan bersikap lembut
Sumber: insider.com

2. Bersikap Lembut

Bersikap lembut kepada anak merupakan cara mendidik anak yang baik dan benar. Bersikap lembut dapat diartikan sebagai cara menunjukkan kasih sayang yang tulus kepada anak. Karena dengan tutur kata yang lembut, anak akan lebih mau mendengarkan perkataan orang tuanya. 

Hal tersebut merupakan cara mendidik yang baik untuk anak agar tumbuh menjadi pribadi yang lembut dan penuh kasih sayang, serta membangun pribadi anak untuk lebih simpati dan empati kepada semua orang.

Mendidik anak dengan memberikan rasa nyaman
Sumber: chickenscratchdiaries.com

3. Berikan Rasa Nyaman

Memberikan rasa nyaman kepada anak merupakan cara mendidik anak yang baik dan benar. Jika dalam keluarga sudah tercipta rasa nyaman, anak akan melibatkan orang tua pada hampir setiap aktivitasnya. Apabila hal ini sudah tercipta, anak dapat digerakkan dan diberi nasihat dengan baik karena adanya rasa nyaman dalam lingkungan keluarganya. 

Bermain bersama merupakan cara mendidik anak yang baik
Sumber: img-cdn.inc.com

4. Ajak Bermain Bersama

Mengajak anak bermain merupakan bonding positif yang dapat meningkatkan kebahagiaan seluruh anggota keluarga, termasuk Si Kecil. Dengan melakukan kegiatan bersama dan mengajak mereka mengobrol dapat meredakan stres dan membuat mereka senang. Hal ini merupakan cara mendidik anak yang baik, karena akan menghabiskan waktu bersama, sekaligus mengajarkan hal-hal baru kepada anak sambil bermain. 

Bersikap terbuka kepada anak cara mendidik yang baik
Sumber: i2-prod.liverpoolecho.co.uk

5. Bersikap Terbuka

Bersikap terbukalah kepada anak, jangan membohonginya. Kebanyakan orang tua rela membohongi anak agar didengar, tapi hal ini malah membuat kepercayaan anak kepada orang tua menurun. Misalnya saat anak tidak nurut, orang tua mengiming-imingi atau sedikit menakut-nakuti tidak diberi uang jajan atau akan dibawa ke suatu tempat yang tidak disukai anak. 

Dalam hal ini orang tua tidak perlu terlalu ekstrim, ajaklah anak untuk sering berkomunikasi, misal menanyakan tentang kegiatan dalam sehari atau selama di sekolah, atau menanyakan tentang perasaannya.

Anak merupakan cerminan diri orang tua, didik anak dan berikan contoh baik
Sumber: verywellfamily.com

6. Berikan Contoh yang Baik

Anak adalah peniru yang ulung. Istilah tadi bukan sekedar istilah, karena ini merupakan fakta yang benar adanya. Mendidik anak yang baik dan benar dalam keluarga dapat dilakukan orang tua dengan memberikan contoh yang baik dan memperlihatkan sikap yang baik. 

Misalnya, jika Anda ingin mengajarkan anak berkata sopan, Anda juga harus berkata sopan kepada siapapun dan sampaikan kepada anak untuk sopan. Jika Anda ingin mengajari anak untuk belajar bahasa Inggris, Anda juga harus mencontohkan kepada anak untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris. 

Baca juga: 

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar

Afirmasi positif kepada anak
Sumber: youaremom.com

7. Gunakan Kalimat Positif

Didiklah anak tanpa kekerasan dan berikan kalimat-kalimat yang positif agar anak tumbuh menjadi pribadi yang positif juga. Hindarilah pemakaian kata ‘Jangan’, karena hal ini akan menghambat anak untuk eksplore dan keberaniannya. 

Apabila anak melakukan kesalahan Anda bisa alihkan kata ‘jangan’ dengan kata lain. Misalnya anak berdiri di atas tangga namun tidak mengindahkan himbauan kita, Anda bisa mengatakan ‘Nak, turun perlahan dari tangga, itu bahaya’. Di sini Anda memberikan arahan dengan tenang dan meminta anak untuk turun dengan baik. 

Bangun komunikasi yang baik dengan anak
Sumber: ahaparenting.com

8. Pertahankan Komunikasi

Komunikasi adalah kunci. Salah satu tips parenting anak yang baik adalah mendengarkan dan memberikan perhatian lebih ketika mereka sedang mengutarakan pembicaraan. Berkomunikasilah dengan anak-anak Anda karena hal ini sangat penting dan menjadi salah satu cara mendidik anak dengan baik.    

Mendidik anak yang punya karakter baik memang bukan hal yang mudah, namun Anda dapat berusaha dan mencoba langkah-langkah di atas untuk membangun pribadi anak yang baik. 

Baca juga:  

7 Cara Mendidik Anak Laki Laki Agar Mandiri dan Tanggung Jawab

8 Permainan Anak Yang Mendidik dan Melatih Otak

Cara Belajar Cerdas Untuk Anak, Terapkan Sejak Dini

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top