logo happy play indonesia

Cara Belajar Cerdas Untuk Anak, Terapkan Sejak Dini

cara belajar cerdas

Belajar adalah suatu keharusan yang perlu dilakukan, bahkan seumur hidup pun kita akan terus selalu belajar. Tetapi pasti ada masa dimana kita sulit menangkap materi atau mengalami kesulitan lainnya dalam proses belajar. 

Apalagi ketika masuk ke pekan ujian yang menuntut anak untuk memahami materi secara baik untuk melewati ujian yang ada. 

Tapi tahukah bahwa ada sistem belajar yang bisa dilakukan dengan cara lebih cerdas. Tak hanya membuat anak lebih cerdas saja tetapi juga membantunya untuk lebih cepat menangkap dan memahami materi pelajaran. Sehingga membuatkan akan mudah ketika masuk ke dalam masa ujian. Berikut beberapa cara belajar cerdas untuk anak

1. Pahami Konsepnya, Bukan Hanya Menghafal Materi

Menghafal materi memang menjadi metode paling mudah untuk dilakukan oleh anak-anak bahkan kita orang tua. Mereka yang menghafal pasti berharap materi yang sudah dihafalkan akan keluar saat ujian, namun hal ini nyatanya tidak cukup efektif.

Kenapa menghafal bukan metode yang efektif? Karena tidak semua materi pelajaran bisa dihafal dan bersifat hafalan, ada materi-materi yang memerlukan pemahaman konsep dan materinya dari pada di hafal.

Menanamkan kepada anak untuk belajar dengan cara memahami konsepnya harus dimulai sejak dini. Meskipun hal ini akan lebih banyak memakan waktu, namun hal ini akan efektif dan akan diingatnya secara mendalam. Dengan ini juga membuatnya terbiasa berpikir kritis dan logis.

2. Hindari Sistem Kebut Semalam dengan Cara Belajar Rutin

Mengajarkannya belajar rutin akan lebih maksimal jika dibandingkan dengan belajar dengan metode sistem kebut semalam. Jika selama ini anak Anda belajar dengan sistem kebut semalam coba rubah perlahan dan ajarkan belajar secara rutin. Sistem kebut semalam bukanlah cara belajar cerdas yang efektif karena membutuhkan tenaga ekstra seperti tidur lebih malam dan memahami banyak materi secara langsung.

Jika sistem kebut semalam yang digunakan akan membuat anak menjadi mengantuk dan kurang fokus di esok harinya karena mengantuk.

Untuk itu Anda bisa mulai mengajaknya belajar dan menjadwalkannya, tidak perlu lama namun rutin akan lebih maksimal dibandingkan sistem kebut semalam.

3.Latihan Mengerjakan Soal Secara Rutin

Cara belajar cerdas selanjutnya yang bisa diterapkan adalah latihan mengerjakan soal secara rutin. Dengan belajar dan mengerjakan soal secara rutin akan membuatnya terbiasa menjawab soal-soal yang bisa saja keluar saat ujian datang.

Anda bisa mengajaknya mengerjakan soal-soal secara rutin menggunakan bank soal atau latihan soal yang ada dalam buku pelajaran.

Hal ini akan membantunya menghadapi ujian-ujian sekolah karena sudah terlatih mengerjakan berbagai soal dan materi. Jika hal ini diterapkan anak-anak tidak akan kesulitan dan panik saat masa ujian datang dan bisa mengerjakan dengan mudah.

Baca juga: tips agar anak betah dirumah

4. Buat Rangkuman dari Setiap Materi

Membuat rangkuman dari setiap materi pelajaran yang dipelajari anak bisa menjadi salah satu cara efektif untuk belajar cerdas. Pasti sebagai orang tua pernah melihat buku pelajaran yang begitu tebal bukan? Jika belajar dengan membaca buku-bukunya saja tidak akan efektif.

Ada cara yang lebih efektif untuk belajar agar lebih mudah memahami yaitu dengan cara membuat rangkuman setiap materi. Biasakan anak untuk menulis rangkuman dalam buku, ajarkan mencatat poin-poin penting dari materi yang perlu dikuasai. Dengan begitu mereka hanya perlu fokus pada garis besar materinya saja, tentu saja dengan cara ini akan lebih teringat dan mudah dipahami.

5. Khususkan Tempat Belajar

Selanjutnya cara belajar cerdas adalah mengkhususkan tempat belajar. Terkadang kita menyepelekan hal ini, tetapi ternyata hal ini bisa sangat berpengaruh untuk belajar dan memahami materi yang dipelajari. 

Buatlah ruangan khusus atau ajak anak belajar pada tempat yang tenang agar semua pelajaran mudah untuk diserap. Sudah pasti jika belajar di ruangan yang nyaman dan sunyi mempermudah proses belajar.

6. Gunakan Sistem Belajar 25 Menit Istirahat 5 Menit

Teknik belajar 25 menit dan istirahat 5 menit dikenal dengan teknik podomoro. Ini adalah salah satu cara belajar efektif untuk anak. Teknik podomoro ini diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an yang mengutamakan pengelolaan waktu belajar.

Dengan belajar maksimal selama 25 menit dan istirahat 5 menit ini akan menambah fokus dalam belajar.

7. Belajar Bersama dengan Teman

Belajar sendiri pastinya bisa membuat anak lebih fokus dalam mendalami pelajaran atau materi. Namun jika hal ini terus menerus dilakukan secara rutin akan menjenuhkan dan anak bisa bosan. Hal ini juga bisa membuatnya mengantuk saat belajar, bukanya lebih paham materi justru tidak memahami sama sekali.

Untuk mengatasi hal tersebut cobalah sesekali sarankan anak Anda untuk belajar bersama teman lainnya. Dengan cara ini akan lebih menyenangkan dan bisa membuat anak lebih mudah untuk memahami materi.

Dengan berbagai cara belajar cerdas untuk anak yang kami telah jabarkan, semoga bisa membantu Anda agar anak-anak lebih mudah dalam belajar. 

Baca juga: Cara mendidik anak agar cerdas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top