logo happy play indonesia

7 Negara dengan Anak-Anak Paling Bahagia di Dunia

Kebahagiaan adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang, kebahagiaan juga dapat dimaknai dan dilihat dari sebuah senyuman, tawa, canda dan keceriaan yang dipancarkan dari raut wajah yang bahagia. Orang yang banyak tersenyum dan tertawa biasanya akan dianggap lebih bahagia.

Tapi, apa itu kebahagiaan yang sebenarnya?

Apakah kebahagiaan dapat diukur?

Namun, kebahagiaan setiap orang berbeda-beda, ada yang bahagia saat makan makanan favoritnya, ada yang bahagia saat jatuh cinta ada pula yang bahagia saat mendapatkan pekerjaan. Uniknya, ada sebuah survei yang dilakukan oleh World Happiness Report tahun 2021 saat pandemi berlangsung yang mengukur tingkat kebahagiaan orang di setiap negara di dunia. 

World Happiness Report adalah survei tahunan yang dibuat tahun 2012, oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB. Survei itu membuat daftar peringkat kebahagiaan tingkat global di negara seluruh dunia. Sayangnya pada survei ini Indonesia berada di urutan ke-87 dalam daftar negara paling bahagia di dunia, berikut top 7 negara dengan masyarakat dan anak-anak paling bahagia di dunia. Simak selengkapnya!.

Baca juga: Permainan Tanpa Gadget yang Seru Dimainkan Untuk Keluarga

Credit: mmc.tirto.id

1. Finlandia

Finlandia merupakan negara yang terletak di bagian utara Benua Eropa. Negara ini tergabung ke dalam negara Skandinavia. Ibukota dari negara ini adalah Helsinki. Negara Finlandia menempati urutan pertama negara paling terbahagia penduduknya, anak-anak yang tinggal di Finlandia memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi, di sana juga memiliki sistem pendidikan yang terbaik di seluruh dunia dan termasuk negara paling aman untuk anak. Penilaian ini memperhitungkan banyak faktor. seperti harapan hidup, kebebasan menentukan pilihan hidup, kekuatan ekonomi, kedermawanan, dukungan sosial dari teman, persepsi korupsi, dan pandangan responden survei.

Credit: www.commonwealthfund.org

2. Denmark

Tahun 2018 Denmark berada di peringkat ketiga, namun di tahun 2021 telah naik berada di peringkat kedua setelah Finlandia. Denmark menjadi negara dengan anak-anak paling bahagia di dunia, masyarakat di sana memiliki kebebasan berekspresi, masyarakat di sana hidup lebih tenang karena masyarakatnya hidup sederhana dan suka bersepeda. Anak-anak di negara Denmark kebanyakan orang tuanya bekerja, jadi sejak kecil anak-anak di Denmark sudah dikirim ke tempat penitipan. Tapi bukan hanya karena orangtua mereka bekerja atau untuk sekolah. Mereka biasanya akan diurus oleh para profesional untuk diajarkan belajar bahasa dan norma-norma Denmark, misalnya mengenai kerja sama dan aturan bergantian.

Credit: awsimages.detik.net.id

3. Swiss

Tahun 2021 negara Swiss menduduki peringkat tiga dari 149 negara negara paling bahagia di dunia. Negara di benua Eropa ini juga masuk kategori negara paling sehat. Penyebabnya karena jumlah tingkat obesitas paling rendah dan harapan hidup panjang untuk masyarakat. moda transportasi yang terpadu dan cepat, panorama alam Swiss yang dikelilingi oleh pegunungan es hingga sungai nan bersih turut meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Sistem pendidikan Swiss terkenal secara internasional karena standar akademiknya yang tinggi.

Credit: thumb.viva.co.id

4. Norwegia

Wilayahnya dipenuhi mata air panas, gunung berapi, geyser, dan pemandangan air terjun yang menakjubkan.  Meski negara ini menjadi tujuan liburan yang terkenal bagi banyak wisatawan, penduduknya tetap bisa menikmati hidup berkualitas keamanan finansial biaya keperluan medis semua anak, biaya melahirkan, dan cuti lima pekan tapi digaji, pun pendidikan gratis sampai level universitas juga hal yang berlaku lumrah di Norwegia.Selain itu, penghasilan, angka harapan hidup sehat, memiliki seseorang untuk diandalkan pada masa-masa sulit, kemurahan hati, kebebasan dan kepercayaan–yang diukur dengan tidak adanya korupsi dalam bisnis dan pemerintah juga ikut dinilai.

Credit: t-2.tstatic.net

5. Islandia

Salah  satu negara Eropa yang masuk dalam kategori negara dengan anak paling bahagia di dunia adalah negara Islandia, sering juga disebut sebagai surganya anak-anak. Hal ini karena negara yang memiliki banyak gunung vulkanik ini memiliki angka kematian bayi terendah di dunia serta memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Sejak lahir anak-anak akan diurus dengan baik, ketika anak berusia 1,5 – 5 tahun berhak untuk mengikuti preschool yang telah disediakan 

Credit: asset.kompas.com

6. Swedia

Swedia negara bagian Eropa yang masuk ke dalam daftar negara yang anak-anaknya paling bahagia di dunia. Anak-anak di Swedia juga memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi. Banyak ruang terbuka untuk anak, buku-buku anak yang lengkap di perpustakaan, serta fasilitas sekolah yang baik menjadikan anak-anak di Swedia memiliki beragam aktivitas yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Meski orang tua mereka banyak yang bekerja tapi kebahagiaan anak menjadi hal yang diperhatikan bersama bukan hanya orang tua tapi juga negara, di Swedia memiliki parental parental leave terpanjang di dunia, yaitu sebanyak 480 hari (sekitar 16 bulan). Cuti ini tak hanya bisa diambil oleh ibu, tetapi juga harus diambil oleh ayah. Selama menjalani parental leave, orang tua akan tetap mendapatkan gaji yang dibayarkan lembaga jaminan dan bantuan sosial dari pemerintah. 

Credit: www.gotravelly.com

7. Luksemburg

Pernah mendengar nama negara Luksemburg? Negara Luksemburg terletak di sebelah Jerman dan Belgia, Luksemburg termasuk dalam peringkat 5 besar negara yang menyediakan lingkungan terbaik bagi anak. Negara Luksemburg masuk ke dalam daftar negara dengan tingkat kebahagiaan yang tinggi, ada aturan yang harus ditaati oleh setiap penduduk, adanya aturan dari pemerintah mengenai luas rumah yang harus disesuaikan dengan jumlah anak sehingga semua anak akan mendapatkan tempat tinggal yang layak

Dari semua negara yang ada dalam kategori paling bahagia di dunia didominasi oleh negara-negara di Eropa, hal ini bisa jadi koreksi bagi kita bersama untuk meningkatkan kehidupan dan kebahagiaan anak-anak kita yang nantinya akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 8 permainan anak yang mendidik

Baca juga: permainan tradisional indonesia dan cara mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top