logo happy play indonesia

5 Permainan Tanpa Gadget yang Seru Dimainkan Keluarga

Libur menjadi momen yang ditunggu-tunggu baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Saat libur menjadi momen yang spesial dan menyenangkan bertemu dan berkumpul bersama keluarga, karena setelah hampir satu pekan melakukan aktivitas keseharian rutin bekerja maupun sekolah dapat bersantai dan menikmati waktu  misalnya dengan berwisata, kulineran hingga main permainan seru di rumah bersama keluarga, berikut 5 rekomendasi permainan tanpa gadget yang seru. 

Baca juga: 10 permainan tradisional indonesia

Permainan kartu
Credit: todaysparent.com

Permainan kartu

Hampir semua orang memainkan permainan kartu. Permainan kartu sudah umum dimainkan di kalangan apapun, juga memiliki berbagai jenis permainan kartu seperti Capsa Banting, The 24 Game, Cangkulan, Tepuk Nyamuk, Aquatico, Gamez Alkisah Ceritakan Kisahmu, Kaka Teladan Episode Belanja, Wilah, MathCat, dan permainan kartu lainnya. Salah satu permainan kartu yang sering dimainkan yaitu Tepuk Nyamuk, cara memainkannya cukup mudah dengan menggunakan jenis kartu remi untuk memfokuskan antara kata yang diucapkan terhadap kartu yang akan dikeluarkan. Nah, kalau kata yang diucapkan sama dengan nama kartu, pemain harus menepuk tangan diatas kartu tersebut. Sedangkan tangan yang berada di tumpukan terakhir adalah pemain yang kalah. Nah, pemain yang salah menepuk kartu juga dianggap kalah. 

Permainan Monopoli
Credit: www.gamesver.com

Monopoly

Main permainan monopoly dapat dilakukan bersama keluarga dimana nanti setiap anggota harus mengocok dadu dan jalan ke setiap kotak yang tersedia di kertas monopoli menggunakan bidaknya dengan warna yang berbeda-beda. Monopoli adalah salah satu permainan papan (board game) terkenal di dunia, lewat permainan monopoli, kita akan bisa merasakan menjadi orang kaya raya dan jadi pemilik hotel atau malah menjadi penyewa petak yang bangkrut. 

Ular Tangga
Credit: i.ytimg.com

Ular Tangga

Permainan ular tangga merupakan permainan menggunakan kertas segi empat dengan aneka gambar yang disisipi ular atau tangga yang di dalamnya ada nomor satu sampai seratus. Main permainan ular tangga sangat seru dimainkan oleh keluarga, bermain permainan ular tangga juga dapat melatih kesabaran. Tak jarang saat sebentar lagi mencapai kemenangan, pemain tiba-tiba kalah karena harus turun tangga terkena ular. 

Baca juga: 4 Wisata Panjat Tebing Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Permainan truth or dare
Credit: chartcons.com

Truth or Dare

Permainan kekinian truth or dare atau permainan ‘jujur atau tantangan’ merupakan permainan yang dapat dimainkan dengan orang banyak, dan seru dimainkan saat kumpul bersama keluarga. Cara memainkan permainannya juga sederhana, yakni pemain akan ditanya dan diberi pilihan jujur atau tantangan yang ditentukan oleh pemain lain, pertanyaan dan tantangan yang diberikan secara acak, misalnya memberi tantangan untuk tidak main gadget selama tiga jam. 

permainan scrabble
Credit: cdn.babyology.com.au

Scrabble

Main sambil mengasah pengetahuan dengan bermain scrabble. Scrabble adalah permainan menggunakan papan menyusun kata yang dimainkan oleh 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang telah disusun atau dibentuk dari papan yang katanya acak. 

Nah, itu tadi 5 ide permainan tanpa gadget yang bisa kamu coba dan mainkan bersama keluarga. Tertarik mencobanya?. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: Manfaat playground untuk anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top