logo happy play indonesia

7 Permainan Pantai yang Seru dan Bermanfaat Bagi Anak

permainan pantai yang seru

Saat memasuki masa akhir pekan ataupun musim liburan anak, tidak ada salahnya kita sebagai orang tua mengajak si kecil pergi berwisata. Banyak pilihan untuk mengajak anak berwisata, mulai dari mengajak bermain di taman bermain, mengajak liburan ke daerah dataran tinggi ataupun mengajak anak pergi ke pantai. 

Hal ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan anak. Apalagi akan banyak sekali aktivitas yang Anda lakukan bersama anak ketika bepergian bersama. Bermain di pantai contohnya bisa mendukung perkembangan anak karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Berikut beberapa permainan pantai yang seru untuk dimainkan bersama-sama.

bermain istana pasir
credit: berkeluarga.id

1. Bermain Istana Pasir

Membuat istana pasir menjadi pilihan permainan yang paling sering dimainkan oleh banyak anak-anak, yang bisa juga Anda mainkan bersama. Bermain istana pasir bisa melatih mengembangkan sisi imajinatif anak karena diberi kebebasan untuk membuat apapun yang diinginkan. Saat melakukan permainan membangun istana pasir otak kanan akan bekerja lebih optimal dan hal itu akan membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Tak hanya itu saja, bermain pasir juga melatih anak secara fisik karena diharuskan mengangkat pasir kesana kemari dengan ember dan sekop. Hal ini melatih koordinasi gerak tangan, kaki dan mata si kecil. 

credit: grid.id

2. Menggambar di Pasir

Permainan pantai yang seru selanjutnya adalah menggambar di pasir, Anda bisa mengajak anak untuk menggambar apapun di pasir. Permainan ini bisa menjadi media belajar untuk anak, Anda bisa mengajarkan huruf dan angka ataupun berbagai macam bentuk lainnya kepada anak dengan cara menggambarkannya pada pasir. Dimulai dengan anda menggambar suatu huruf dan minta anak Anda untuk mencontoh apa yang digambarkan.

Selain huruf dan angka coba ajak anak untuk menggambar bebas agar anak Anda bisa berimajinasi. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kreatifitasnya yang akan membantu perkembangan otak anak.

bermain air
credit: digitaloceanspaces.com

3. Bermain Air

Permainan anak di pantai selanjutnya adalah permainan yang belum tentu bisa dilakukan di semua pantai, karena tak semua pantai memiliki ombak yang tenang. Banyak pantai khususnya di Indonesia yang memiliki ombak ganas yang tentunya berbahaya untuk keselamatan. Tetapi jika Anda mengunjungi pantai yang memiliki ombak tenang jangan lewatkan kesempatan untuk bermain air disana.

Baca juga: 10 permainan tradisional indonesia

Bermain air selain sangat menyenangkan bagi anak juga banyak manfaatnya khususnya pada fisik anak. Bermain air tentu melatih mata, tangan, dan kakinya. 

4. Mengumpulkan Kerang

Selanjutnya permainan pantai yang bermanfaat bagi anak adalah mengumpulkan kerang. Di pantai apalagi di setiap gundukan pasir adalah gudangnya berbagai jenis kerang laut. Bawalah ember ataupun wadah kecil untuk menampung kerang-kerang yang Anda temukan. Bisa jadi diantara kumpulan kerang yang anda temukan terdapat kerang laut yang cantik.

Manfaat untuk anak dari bermain mengkumpulkan kerang ini adalah melatih kesabaran, keterampilan tanan serta gerak koordinasi tubuh. Permainan luar ruangan memang banyak sekali manfaatnya untuk anak apalagi dari segi fisik.

bermain layang-layang
credit: depositphotos.com

5. Bermain Layang-Layang

Bermain layang-layang menjadi pilihan seru untuk dimainkan dipantai bersama anak. Namun tidak semua pantai ada penjual layang-layang yang menyediakan. Jika ada, sebaiknya cobalah untuk bermain layangan bersama anak, selain mengenalkan permainan tradisional juga sangat menghibur.

Dengan angin yang pantai yang kencang membuat bermain layangan menjadi semakin mengasyikkan. Angin yang kencang bisa membuatnya terbang hingga tinggi. Kegiatan ini mengajarkan anak melatih kesabaran karena tidak sekali jalan layang-layang akan terbang dan juga melatih keterampilan koordinasi mata dengan tangan.

bermain bola pantai
credit: wahyualam.com

6. Bermain Bola Pantai

Permainan satu ini sangat seru juga dimainkan secara kelompok. Tetapi tak perlu khawatir Anda bisa bermain lempar tangkap bola bersama, atau melempar bola untuk dimasukkan ke dalam keranjang dan permainan lainnya. 

Bermain bola akan merangsang si kecil untuk beraktivitas seperti berlari, melompat bahkan menendang sehingga fisik anak akan bugar.

7. Tarik Tambang

Jika Anda datang bersama grup jangan lewatkan permainan satu ini. Coba bawa tali tambang dan mainkan bersama-sama. Untuk bermain permainan satu ini setidaknya membutuhkan 10 orang untuk bermain dan masing-masing tim dibagi menjadi 5 orang.

Ajak anak anda mengadu kekuatan satu sama lain dan bersaing. Hal ini bisa meningkatkan jiwa kompetitif mereka dan melatih fisik pastinya.

Baca juga: Manfaat playground untuk anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top