logo happy play indonesia

Manfaat Taman Bermain Bagi Anak, Perlu Diperhitungkan

Taman bermain bermain dapat membantu anak dari kecanduan main gadget,Pernah dengar dan baca berita tentang anak yang kecanduan main gadget? Kecanduan anak akan gadget saat ini marak terjadi. Di era kecanggihan teknologi saat ini tidak sedikit orang tua yang menggunakan gadget untuk menggantikan mainan konvensional secara fisik dapat dimainkan, para orang tua mengira ketika anak anteng, tidak menangis, tidak rewel akan senang jika bermain gadget, ya memang anak akan berhenti menangis karena sesungguhnya Ia tidak paham apa yang Ia pegang atau mainkan. 

Kebiasaan memberikan gadget kepada anak akan secara perlahan akan membuat anak ketergantungan bermain gadget, memicu efek samping berbahaya seperti meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, kepribadian bipolar, psikosis, dan perilaku bermasalah lainnya. Hal ini juga bisa memicu sifat agresif anak. Untuk menghindari kecanduan gadget pada anak, Anda bisa mengajak anak bermain di taman bermain, bermain di luar ruangan sambil melatih kemampuan anak baik secara psikologis, kemampuan sosial dan masih banyak manfaat lain yang didapatkan anak saat bermain di taman bermain. 

melatih otot sendi
Credit: i.guim.co.uk

Melatih Otot dan Sendi

Manfaat mengajak anak bermain di taman bermain yang pertama yaitu dapat melatih otot dan sendi. Saat main di taman bermain, anak-anak akan menggunakan hampir seluruh tubuhnya, misalnya saat berjalan, berlari, melompat dan gerakan lainnya yang akan merangsang otot dan sendi saat banyak bergerak dan beraktivitas. 

Melatih keseimbangan otot
Credit: napacenter.org/wp-content

Membantu Menyeimbangkan Tubuh Anak

Main di taman bermain bermanfaat untuk keseimbangan tubuh anak, karena dapat merangsang keseimbangan bagian sensorik tubuh anak (vestibular). Bagian sensorik vestibular ini mencakup beberapa bagian telinga dalam dan otak yang mengolah informasi sensorik terkait penyeimbangan tubuh dan gerakan mata. 

Meningkatkan perkembangan mental dan sosial anak
Credit:post.healthline.com/wp-content

Meningkatkan Perkembangan Mental dan Sosial

Main di taman bermain bermanfaat bagi perkembangan mental dan sosial anak. Ruang terbuka, udara yang segar, banyak pohon dan tanaman hijau dapat meningkatkan mood dan sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental. Keberadaan ruang terbuka hijau dapat berkontribusi pada terciptanya keanekaragaman hayati, burung-burung kecil dapat kita temukan di taman-taman. Saat bermain di taman bermain, secara tidak sengaja anak akan bertemu dengan orang lainnya di taman bermain, dan kemungkinan akan melakukan interaksi sosial, hal ini juga membantu meningkatkan kemampuan sosial anak. 

Baca juga: 10 Cara Melatih Kemampuan Sosial Anak

Mengatasi stres pada anak
Credit: images.indianexpress.com

Mengatasi Stress Pada Anak

Siapa bilang anak tidak pernah stress? Stress tidak terjadi pada orang dewasa saja, stres juga dapat terjadi pada anak-anak. Waspadai jika anak sudah muncul ciri-ciri mudah dan lebih emosional, suka menyendiri, mengalami gangguan tidur, sulit fokus dan tidak bisa berkonsentrasi. Anda bisa mengajak anak bermain di taman bermain untuk membantu anak mengatasi stres. 

Meningkatkan fokus konsentrasi anak
Credit: www.theschoolrun.com

Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi adalah kondisi dimana anak dapat memusatkan perhatian atau pikirannya pada suatu hal. Konsentrasi merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang termasuk anak-anak, karena dengan berkonsentrasi anak dapat mengendalikan pikiran, membantu anak saat belajar, dan membantu mempertajam ingatan anak. Kemampuan konsentrasi anak dapat Anda latih dan dapatkan dengan mengajak anak bermain di taman bermain playground. 

Baca juga: 10 Permainan Tradisional Indonesia

Anak bahagia
Credit: s.yimg.com

Membuat Anak Lebih Bahagia

Beraktivitas secara fisik saat main di taman bermain akan memberikan berbagai manfaat, selain dapat membantu mengeluarkan jumlah kalori yang ada di tubuh, Anak juga akan lebih sehat dan bahagia saat bermain di playground. Saat anak bermain di taman bermain, anak bisa merasa bebas dan dapat meluapkan segala ekspresinya. 

Main di taman bermain punya banyak manfaat secara fisik dan psikologis. Anda dapat memanfaatkan taman bermain untuk melatih dan membantu dalam meningkatkan perkembangan anak, pastikan juga untuk selalu pantau anak ya. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: Manfaat Playground Untuk Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top