logo happy play indonesia

ANAK NGGAK BETAH DI RUMAH? COBA TIPS INI AGAR ANAK JADI BETAH MAIN DI RUMAH

cara agar anak betah dirumah

Bunda, anak-anak tentunya sedang berada pada fase aktif yang membuat mereka nggak betah berada di suatu tempat. Inginnya main ke sana ke sini, karena rasa ingin tahu mereka yang mulai meningkat.⁣⁣

Tentu hal itu patut kita apresiasi, karena dengan begitu anak-anak bisa lebih explore lingkungan sekitar. Namun terkadang, kita juga tak bisa terus membawa anak bermain di luar setiap hari. Sebagai Ibu Rumah Tangga, tentu ada banyak hal yang harus diselesaikan juga di rumah.⁣⁣

Lantas bagaimana cara agar anak bisa betah dirumah dengan tetap terus explore dunianya?⁣

1. Ciptakan Suasana Rumah Yang Nyaman⁣

Jika anak merasa tidak betah dirumah dan lebih sering main keluar jangan sepenuhnya menyalahkan anak. Untuk mengatasi hal tersebut hal pertama yang paling mudah kita lakukan adalah menciptakan suasana rumah yang nyaman. 

Nyaman bukan berarti harus menyediakan segala macam fasilitas yang memiliki harga selangit. Tak harus berupa benda tetapi mulai dari diri kita seperti memberikan perhatian lebih dan sentuhan padanya.

Ajaklah anak berinteraksi lebih banyak agar iya merasa nyaman berada dirumah, bahas segala hal kesukaannya. Hal ini adalah hal paling mudah untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman.

1 15
credit: freepik.com

2. Menonton Film Bersama

Cara agar anak betah dirumah selanjutnya adalah menonton film bersama. Menonton film bisa menjadi pilihan bagus untuk anda agar anak betah dirumah.

Ajaklah anak untuk menonton film kesukaannya ataupun film baru yang seru dan temani ia menonton sampai akhir. Buat suasana ceria dan nyaman agar suasana hatinya bahagia berada dirumah.

2 11
credit: freepik.com

3. Menjalin Komunikasi

Tidak berbeda dengan kita sebagai orang dewasa, anak-anak juga sangat membutuhkan teman untuk berkomunikasi agar tidak merasa kesepian. Orang tua harus aktif mengajak anak untuk berkomunikasi agar mereka sadar bahwa mereka tidak sendirian.

Tanyakan saja perihal kegiatan sehari-hari atau tanya tentang hobi atau kesukaanya. Dengan begitu Anak akan lebih terbuka kepada Anda sebagai orang tua. 

3 10
credit: freepik.com

4. Berolahraga Bersama

Berolahraga bersama bisa menjadi salah satu cara untuk membuat anak betah dirumah. Ajaklah anak untuk olahraga bersama dan libatkan dalam berbagai kegiatan.

Selain bisa mendekatkan Anda bersama anak, berolahraga juga berfungsi melatih kekuatan fisik serta menyehatkan tubuh.

5. Berikan Kasih Sayang dan Jangan Sungkan Beri Pelukan

Perlu disadari jika kita sebagai orang tua terkadang memiliki sifat kaku kepada anak, jarang berkomunikasi bahkan sentuhan fisik sekalipun.

Anak-anak sangat suka disentuh dengan itu ia akan berpikir bahwa mereka dihargai dan disayang. Perlakuan seperti itu akan membuat anak lebih betah dirumah karena merasa nyaman.

6. Hindari Menekan Anak

Mungkin tujuannya memang baik tetapi kita harus memahami juga apa mau anak dan jangan memaksakan kehendak. Dengan perlakuan orang tua yang seperti itu tidak akan membuat anak menjadi nyaman.

Baiknya ajarkan apapun hal yang disukai sehingga ia senang dalam mengerjakannya dan akan menjadi hal positif tanpa harus ada penekanan.

7. Siapkan Fasilitas yang Mendukung

Jika anda memiliki rezeki berlebih tidak ada salahnya menyediakan fasilitas kesukaannya yang bisa membuat anak nyaman seperti permainan anak, gadget atau apapun yang mereka sukai. Dengan itu semua otomatis anak-anak akan betah berada dirumah karena semua kesukaannya ada dirumah. Sebagai contoh permainan anak yang bisa membuat anak nyaman.

bird view1
  • Bangun Indoor Playground⁣

Cobalah menciptakan area permainan untuk si kecil di dalam rumah. Membangun playground indoor menjadi contohnya.

Bunda, Playground bisa menjadi salah satu alternatif membuat anak tetap bisa explore sekaligus melatih motorik mereka, karena di dalamnya terdapat banyak wahana menyenangkan. Seperti, perosotan, jungkat-jungkit, mandi bola dan sebagainya.⁣

Selain itu, di masa pandemi seperti ini, Playground bisa menjadi pilihan tepat melindungi anak dari berbagai macam virus yang masih tersebar diluar sana.⁣

  • Sediakan Mainan Indoor Anak

Selain Playground, Bunda juga bisa menyediakan beberapa mainan indoor anak yang aman dan nyaman saat digunakan. Memilih mainan yang sudah terstandar SNI juga sangat penting bunda lakukan.⁣

Bunda bisa membeli Playground dan mainan indoor anak, dengan harga Playground Indoor yang terjangkau di Happy Play Indonesia.⁣

Selain harganya yang terjangkau, semua Playground dan mainan Indoor anak yang disediakan sudah terstandar SNI dan ISO 9001. Memberikan jaminan keamanan saat anak-anak bermain nanti.⁣

Bahkan, Zaskia sungkar sudah membuktikannya sendiri.⁣

Menciptakan Playground Sungkar bertemakan Sirkus, sebagai tempat bermain anak-anak di dalam Rumah.⁣

Bunda bisa langsung menghubungi nomor Advisor Happy Play Indonesia, untuk melakukan konsultasi dan pemesanan.⁣

Yuk ciptakan dunia main anak yang menyenangkan, bersama Happy Play Indonesia.

Baca juga: 

10 permainan tradisional indonesia 

10 cara melatih kemampuan sosial anak

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground