logo happy play indonesia

Permainan Tradisional Tanpa Alat Seru Dimainkan Bersama

Permainan tradisional disebut juga dengan permainan jadul atau jaman dulu. Permainan tradisional merupakan hasil dari budaya dan keseharian masyarakat yang tumbuh dan berkembang hingga saat ini, jenis permainan tradisional ini umumnya dilakukan menggunakan alat dan sumber daya yang ada di sekitar lingkungan, ada yang menggunakan alat seperti permainan bola bekel, main gundu, main congklak dan permainan lainnya, ada pula permainan tradisional yang dimainkan tanpa alat, mau tahu permainan apa aja? simak artikel selengkapnya!. 

Credit: tgrcampaign.com

1. ABC lima dasar

ABC lima dasar salah satu permainan tradisional yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dimainkan hanya menggunakan jari, yang dapat menambah pengetahuan dan kreatifitas diri. 

Permainan anak tanpa alat yang bisa dimainkan bersama teman-teman, cara memainkannya pun mudah, pertama anak-anak berkumpul lalu membuat kesepakatan pada tebakan ini mencari apa, misalnya mencari jenis-jenis hewan. Setelah dilakukan kesepakatan, anak-anak mengucapkan kata “ABC lima dasar”, yang secara langsung masing-masing tangan anak yang berkumpul mengeluarkan jari mereka sesuai keinginan, misalnya mengeluarkan 3 jari, 2 jari, 5 jari atau bahkan lebih dari itu. 

Kemudian salah satu dari mereka menghitung jari tadi menggunakan huruf, misalnya saat ditotal ada 10 jari artinya huruf pertama adalah ‘J”,  berarti anak-anak ditugaskan untuk menyebutkan jenis atau nama hewan yang berawal dari huruf “J” misalnya Jerapah. Melalui permainan ABC lima dasar akan melatih cara anak berpikir kreatif dan menambah pengetahuannya tentang suatu hal. 

Credit: images.solopos.com

2. Cublak-Cublak Suweng

Permainan cublak-cublak suweng sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ya betul, permainan ini punya lagu tersendiri dengan judul permainan cublak-cublak suweng. Bermain cublak-cublak suweng tidak memerlukan alat, karena permainan ini dibutuhkan partisipasi pemain.  Tidak jauh berbeda dengan permainan lainnya, sebelum main cublak suweng diawali dengan gambreng atau hompipa untuk menentukan peran masing-masing pemain. 

Credit: pbs.twimg.com

3. Domikado

Permainan asal Maluku merupakan permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak tanpa menggunakan alat. Keseruan permainan domikado akan kamu dapatkan saat bermain bersama teman. Domikado dimainkan oleh sekelompok orang dengan posisi duduk sila berbentuk melingkar saling menyambung dan membuat lingkaran yang bagus, lalu tumpuk kedua tangan dengan tangan teman di samping dan seterusnya. Kemudian permainan dimulai dengan menepuk tangan sampingnya sambil bernyanyi. 

Credit asset.kompas.com

4. Engklek

Permainan tradisional Engklek masuk ke dalam kategori permainan yang tidak memerlukan alat, dan dapat dimainkan secara bersama-sama dengan teman bermain. Permainan engklek ini diberbagai daerah terdapat perbedaan, umumnya penamaan mainan ini disebut dengan teprok gunung yang dilakukan dengan cara melompat setiap bidang bangun datar. 

Credit: www.youtube.com

5. Cici Putri

Tidak banyak yang tahu jika Cici Putri masuk dalam kategori permainan anak yang dapat dimainkan tanpa alat. Cici Putri merupakan permainan anak tradisional khas DKI Jakarta dengan ditemani lantunan musik. 

Baca juga: 10 permainan tradisional indonesia

Credit: cdn-image.hipwee.com

6. Petak umpet

Petak umpet merupakan permainan yang biasa dimainkan oleh anak kecil dengan jumlah banyak. Sebelum memulai permainan petak umpet, biasanya akan ditentukan siapa yang bakal menjaga home base atau tempat utama dalam bermain petak umpet, lalu satu anggota lain yang berjaga harus mencari anggota lainnya. Permainan petak umpet tidak memerlukan alat atau bahan lainnya untuk bermain. 

Credit: sumsel.kemenag.go.id

7. Kucing-Kucingan

Kucing-kucingan permainan sederhana dan seru dimainkan bersama anak-anak. Permainan ini biasa dikenal dengan permainan “kejar-kejaran”, “polisi-polisian. Dasar permainan kucing-kucingan adalah menirukan gerakan kucing yang sedang saling berebut suatu benda. Maksudnya berarti permainan dengan peragaan yang di dalamnya berisi gerakan saling berebutan untuk dapat memiliki sesuatu tempat. Di daerah lain permainan ini juga dikenal dengan nama Kus-kusan atau Alih Lintang.

Credit: 3.bp.blogspot.com

8. Ular Naga Panjang

Bermain ular naga panjang permainan tradisional yang tidak memerlukan alat. Permainan Ular Naga merupakan salah satu permainan tradisional yang paling populer khususnya di Jakarta. Permainan ini dimainkan oleh sekelompok anak-anak yang berjumlah 5 hingga 10 orang. Cara bermain permainan ini adalah setiap anak berbaris memanjang, dari depan ke belakang, setiap pemain memegang pundak pemain yang ada di depannya. Kemudian ada dua orang anak yang berperan sebagai gerbang. Barisan itu akan bergerak melingkar kian kemari bagai Naga yang berjalan-jalan. Sambil menyanyikan lagu, mereka mengitari gerbang yang berdiri di tengah-tengah arena permainan. 

Credit: i.ytimg.com

9. Gobak Sodor

Terakhir permainan tradisional yang tidak membutuhkan alat dan dapat dimainkan bersama yaitu gobak sodor. Permainan Gobak Sodor ini biasanya dimainkan di lapangan atau halaman dengan menggunakan acuan garis-garis yang ada berbentuk segiempat yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas pada masing-masing bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Untuk memainkan Gobak Sodor, para pemain yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang menjaga garis batas horisontal dan vertikal. Anggota kelompok yang bertugas menjaga garis batas horisontal akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Sementara itu, anggota kelompok yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.

Main tanpa alat tentu bisa, Anda bisa mainkan permainan ini tanpa memikirkan dan membuat alat permainan. Seru dan mengasyikan bermain bersama orang kesayangan, tak hanya itu bermain permainan ini dapat membantu anak meningkatkan kreatifitas dan kemampuan motorik anak. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 13 mainan jaman dulu

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top