logo happy play indonesia

Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak dan Macam Permainan

Pendidikan anak di zaman teknologi seperti saat ini, membuat orang tua mencari cara cepat dengan memberikan gadget untuk anak bermain. Padahal mengajak anak bermain di luar ruangan lebih baik dan punya banyak manfaat bagi perkembangan dan tumbuh kembang anak loh, apalagi bagi anak berusia di bawah 5 tahun sangat dianjurkan untuk main di luar ruangan minimal satu jam setiap harinya. Tahukah kamu tentang permainan luar ruangan?

Apa Itu Permainan Luar Ruangan?
Sumber: imgix.bustle.com

Apa Itu Permainan Luar Ruangan?

Permainan luar ruangan adalah sebuah permainan yang dimainkan di luar ruangan. Sebuah permainan yang akan memberikan pengalaman masa kanak-kanak Anda jadi lebih menyenangkan bersama teman-teman untuk diingat hingga dewasa nanti. 

 Anak-anak dari segala usia menyukai ide bermain dengan teman-teman di alam terbuka. Karena akan menjadikan mereka lebih kuat dan lebih bugar. Ada banyak pilihan kegiatan untuk diikuti termasuk membuat istana pasir, bermain di playground, petak umpet, dan menikmati petualangan imajiner.

Bermain di luar ruangan dapat dilakukan di mana saja, selain di lingkungan rumah anak juga bisa bermain di lingkungan sekolah saat jam istirahat. Keberadaan taman bermain di sekolah ini dapat membantu anak dalam pembelajaran di kelas, dan mendukung pencapaian akademik anak maupun secara keseluruhan. 

Bermain di luar membantu anak untuk berkembang secara fisik, emosional, kognitif, imajinatif dan meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar. Mereka mampu berinteraksi dengan anak-anak lain mengajari mereka bagaimana bergiliran, berkomunikasi dan bekerja sama satu sama lain dan masih banyak manfaat lainnya. 

Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak
Sumber: cdn.cdnparenting.com

Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak

Bermain di luar ruangan membantu anak-anak berkembang secara sosial, emosional, kognitif dan imajinatif. Keterampilan di atas sangat dibutuhkan, karena memungkinkan anak-anak untuk memahami dan menikmati dunia di sekitar mereka. 

Satu-satunya cara agar anak mempelajari keterampilan ini adalah melalui pengalaman praktis karena mereka membantu otak untuk berkembang. Berikut beberapa manfaat bermain di luar ruang bagi anak yang wajib kamu ketahui. 

1. Mendukung Kesehatan Fisik

Anak yang bermain di luar ruangan akan jauh lebih sehat dan aktif dibandingkan anak lain yang hanya bermain di rumah saja. Anak-anak yang bermain di luar ruangan secara nyata merasakan keadaan alam di lingkungan sekitar. Mereka akan merasakan angin, udara sejuk dari pepohonan rindang dan merasakan panasnya sinar matahari.

Mengajak anak bermain dan terkena sinar matahari bermanfaat untuk mendukung kesehatan fisiknya. Bukan hanya tumbuhan saja yang membutuhkan sinar matahari, manusia juga begitu. Paparan sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan penting dalam banyak proses tubuh, mulai dari perkembangan tulang hingga sistem kekebalan tubuh manusia. 

2. Melatih Percaya Diri Anak

Berinteraksi dengan dunia luar seperti bermain dengan teman, perlahan bisa membangun rasa percaya diri anak. Kenapa bermain di luar ruangan bisa membuat anak percaya diri? Ketika Anda mengajak anak bermain di luar ruangan, anak akan bertemu dengan anak lainnya, dan orang-orang yang belum pernah dilihat sebelumnya. 

Meski tidak langsung, tetapi anak secara alami akan memperhatikan lingkungan sekitar, mengamati lingkungannya dan perlahan membuat anak tenang bisa beradaptasi dilingkungan yang baru. Itu sebabnya bermain di luar bersama teman juga bisa membangun kepercayaan diri anak. Anak-anak membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri yang kuat untuk bertemu, bersosialisasi, dan menjelajahi lingkungan baru. 

3. Mendorong Kreativitas

Para ilmuwan mulai menemukan bukti bahwa berada di alam memiliki dampak besar pada otak dan perilaku kita, membantu kita mengurangi kecemasan, merenung, dan stres, dan meningkatkan kapasitas perhatian, kreativitas, dan kemampuan kita untuk terhubung dengan orang lain.

Dibanding dengan bermain di dalam ruangan, bermain di luar ruangan lebih banyak manfaatnya, Anda akan membantu anak dalam mendorong kreativitas anak-anak. 

4. Meningkatkan Bersosialisasi Anak

Sejak kecil, sebagai orang tua kita perlu mengajarkan anak tentang kehidupan bersosial di masyarakat, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajak anak bermain di luar ruangan. Melatih anak bersosialisasi saat bermain berarti Anda telah mengajarkan anak belajar tentang caranya bekerja sama, berteman, bagaimana berbagi, dan memperlakukan orang lain. 

5. Mengajarkan Anak Mencintai Alam

Berjalan santai, sambil bermain bersama anak dan orang tercinta dapat Anda sisipkan pesan moral, misalnya mengajarkan anak untuk mencintai alam, merawat dan menjaga alam. Ajaklah anak untuk tidak membuang sampah atau jajanan mereka sembarangan, dan merusak tanaman di sekitar misal menginjak atau mencabut tanaman di taman. 

Kini sudah banyak destinasi wisata yang edukatif, Anda bisa mengajak anak Anda bermain di sana sambil belajar untuk mencintai alam, seperti halnya mengajarkan anak bercocok tanam atau mungkin sekedar memberi makanan kepada hewan di tempat wisata. 

6. Meredakan Stress

Anak-anak yang bermain dan menghabiskan waktunya di dalam ruangan, dihadapkan dengan tugas sekolah yang banyak pasti akan merasakan jenuh, bosan, dan paling parah dapat membuat anak stres. 

Sebuah teori dari penelitian terdahulu yang terkenal adalah Teori Pemulihan, teori ini mengatakan bahwa pada dasarnya menghabiskan waktu di alam dapat mengurangi tingkat stres dan membantu memulihkan konsentrasi dan fokus. 

Alih-alih melindungi anak dari lingkungan luar, anak yang sering berada di dalam rumah malah membuatnya stres. Untuk itu segera ajak anak main di luar ruangan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Permainan Luar Ruangan  engklek gobak sodor playground
Sumber: cdn.shopify.com

Permainan Luar Ruangan yang Bisa Jadi Alternatif Bermain Anak

Jika Anda membutuhkan beberapa permainan luar ruangan yang menyenangkan untuk anak-anak, di bawah ini daftar permainan luar ruangan yang dapat Anda mainkan bersama anak terkasih.

1. Bermain Gobak Sodor

Pernahkah Anda mendengar permainan gobak sodor? Ya, permainan gobak sodor merupakan permainan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak lama dimainkan oleh anak-anak jaman dulu sebelum ada gadget

Banyak anak  memainkan permainan ini di lapangan bersama teman-temannya, karena mudah dan dapat dimainkan tanpa alat. Anda hanya perlu membuat garis penjagaan dengan kayu atau kapur sebagai pembatas antara Anda dan lawan main Anda.

Baca juga: Permainan Gobak Sodor: Silsilah, Cara dan Manfaatnya

2. Permainan Engklek

Permainan satu ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Hampir sama dengan permainan gobak sodor, Anda hanya perlu membuat kotak atau garis bangunan kotak dan setengah lingkaran di atas sebagai media permainan. 

Jika sudah dibuat, Anda harus melemparkan batu atau pecahan genting rumah, lalu melompati satu persatu kotak tersebut dengan satu kaki hingga mencapai puncak dan kembali lagi ke posisi sebelumnya. 

Baca juga: Bingung Ajak Anak Main? Permainan Engklek Solusinya!

3. Lompat Tali Karet

Permainan luar ruangan yang bisa Anda mainkan dengan anak adalah bermain lompat tali karet. Dikalangan anak-anak perempuan permainan ini pasti sudah tidak asing lagi, karena permainan ini umumnya dimainkan oleh anak perempuan, namun anak laki-laki juga bisa ikut bermain lompat tali karet.

Baca juga: Asik Main Lompat Tali Karet, Begini Sejarah, Aturan dan Manfaatnya

4. Bermain Bentengan

Permainan seru yang dapat dimainkan di luar ruangan oleh anak adalah bermain bentengan. Sebuah permainan yang akan membuat anak Anda aktif berlari kesana kemari melindungi markasnya berupa pilar, pohon atau apapun itu benda yang sudah disepakati jadi markas. Permainan ini membutuhkan ruang bermain yang cukup besar, seperti lapangan agar anak dapat leluasa bermain. 

Baca juga: Permainan Bentengan: Aturan, Cara, dan Manfaatnya Bagi Anak

5. Bermain di Playground 

Meski belum banyak, dan merata, dibeberapa daerah telah menyediakan taman bermain seperti playground untuk anak-anak bermain. Ruang terbuka tersebut dapat Anda gunakan untuk mengajak anak bermain di outdoor playground  untuk membantu anak mengurangi risiko anak menjadi rabun jauh. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Goldschmidt dan Jacobsen 2014, menunjukkan bahwa anak yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan cenderung tidak mengalami rabun jauh, tak hanya itu dengan bermain playground di luar ruangan dapat mendorong perkembangan saraf motorik dan sensorik anak, sekaligus memastikan anak untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. 

Baca juga: Bangun Playground Aman untuk Anak di Sekolah

Kesimpulan

Banyak manfaat yang didapatkan jika anak bermain di luar ruangan, baik secara kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa anak yang bermain di luar ruangan cenderung aktif, bahkan dua kali lebih aktif dibandingkan dengan anak yang jarang bergerak dan hanya di rumah saja. 

Hal ini juga dapat membantu anak meningkatkan kepercayaan diri anak, meningkatkan kreativitas anak, membantu meredakan stres dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak, ayo ajak anak bermain di luar ruangan. 

Baca juga: 

Baca juga:
10 Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Mainnya

Banyak Manfaatnya, Segera Ajak Anak Anda Main di  Playground 

Bagikan Artikel Ini: