logo happy play indonesia

Permainan Bentengan: Aturan, Cara, dan Manfaatnya Bagi Anak

Permainan Bentengan 

Perkembangan teknologi saat ini tak jarang membuat orang tua khawatiran kepada anaknya, bahkan sampai melarang anak bermain di luar. Padahal diusia anak-anak adalah masa pentumbuhan dan sangat diperlukan kegiatan atau aktivitas di luar ruangan. Orang Tua tidak perlu khawatir jika anak bermain di luar, salah satu permainan yang dapat dimainkan yaitu permainan bentengan, permainan ini dapat dilakukan oleh anak Anda bersama teman-temannya walau hanya di pekarangan rumah, sudah tahu cara mainnya? Simak penjelasan selanjutnya.

 

Aturan Main Bentengan

Credit: i.ytimg.com

Aturan permainan bentengan tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyimak beberapa hal:

1. Jumlah pemain yang mumpuni. Tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak, namun hal ini tergantung dengan kesediaan dan luas pekarangan rumah atau tempat kamu bermain.

2. Permainan ini dilakukan dengan menjaga basecamp atau benteng yang ditandai dengan satu tiang kayu atau tongkat bambu. Kemudian tongkat tersebut ditancapkan ke tanah atau didirikan sebagai tanda basecamp dari masing-masing kelompok.

3. Aturan pada permainan bentengan lainnya, yaitu bagi siapapun anggota tim yang keluar dari basecamp akan dianggap menyerbu terlebih dahulu. Apabila pemain dikejar dan tersentuh tangan oleh musuh, maka dianggap telah tertangkap dan ditempatkan sebagai tawanan. 

4. Jika ingin mengambil kembali teman yang ditawan, anggota tim harus bekerjasama menyelamatkan teman dengan menyentuh tangannya atau bagian tubuh lainnya. Dengan hal ini. pemain dapat mempertahankan bentengnya kembali. 

5. Pada permainan ini memerlukan kecepatan berlari, jika kamu memiliki kemampuan tersebut akan menjadi poin plus dan menambah peluang kamu memenangkan permainan.

6. Tim yang dapat menyentuh basecamp lawan akan mendapatkan poin dan memenangkan permainan tersebut. 

Cara Bermain Bentengan

Credit: Kebudayaan.kemendikbud.go.id

Permainan bentengan merupakan permainan yang dilakukan secara tim atau kelompok, tepatnya dua tim dengan anggota masing-masing berjumlah sekitar empat hingga sepuluh orang. Pada permainan ini dibutuhkan kekompakkan, kelincahan dan kerja sama tim yang baik agar dapat memenangkan permainan, adapun tahapan cara bermain bentengan antara lain:

1. Tentukan tepat bermain

Permainan ini membutuhkan aktivitas fisik yang banyak, karena harus berlari dan mempertahankan wilayah kekuasaan tiap tim. Maka dari itu pilihlah tempat yang cukup luas untuk bermain agar dapat bergerak secara leluasa. Kamu bisa saja bermain di lapangan di sekitar rumah, pekarangan atau halaman rumah, atau bisa juga bermain di taman bermain.

2. Ajak temanmu

Ajak teman kamu ikut memainkan permainan ini, keseruan bermain akan bertambah jika semakin banyak yang mengikuti atau yang menonton permainan. Buatlah dua tim dengan masing-masing anggota berjumlah 4-8 orang. 

3. Tentukan Basecamp atau Wilayah

Tentukan basecamp atau wilayah yang akan kamu jaga. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, bisa mengajukan tim sebagai penyerang atau sebaliknya, bisa melakukan suit atau melemparkan koin.

4. Tancapkan Tiang

Tiang yang ditancapkan dibuat sebagai tanda dari masing-masing wilayah. Tidak perlu tiang yang besar, cukup gunakan kayu bambu kecil, kayu yang jatuh dari pohon. Setelah ditancapkan para pemain berdiri di wilayahnya. Di sekitar benteng telah tersedia area aman (safe zone) yang bisa dipakai anggota pemilik benteng untuk menunggu tanpa perlu khawatir tersentuh musuh.

5. Sentuh Lawan

Jika kamu sebagai penyerang mulainya berlari dan sentuh lawan, anggota kelompok yang berhasil disentuh akan otomatis menjadi tawanan yang nantinya ditempatkan di dalam area aman.

6. Teriak Benteng

Waktu terus berjalan, permainan semakin menegangkan ketika akan berakhir, dimana kelompok yang menyentuh tiang atau pilar lawan berhasil lari sambil berteriak “Benteng!”. Ketika suara itu terdengar, itulah tim yang memenangkan permainan benteng. Seru sekali!, bukan hanya keseruan saja, permainan ini juga bermanfaat lho baik anak-anak, simak pembahasannya ya!.

 

Manfaat Bermain Bentengan

Credit: img.webmd.com

Berbagai manfaat bisa didapatkan oleh si kecil ketika bermain bentengan. Berikut manfaat bentengan bagi anak: 

  1. Melatih kekuatan otot kaki. Permainan ini memerlukan kecepatan dan kelincahan berlari, sehingga lama kelamaan anak yang sudah sering berlari akan lebih kuat otot kakinya dibandingkan anak yang hanya main di rumah saja.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh, karena bentengan merupakan permainan yang melatih fisik, ini sama artinya seperti melakukan olahraga sekaligus untuk melatih daya motorik anak agar sigap menghadapi suatu kondisi.
  3. Memupuk kerja sama dan kekompakan dalam kelompok. Bukan sekedar mendapatkan kemenangan dalam permainan, anak dapat belajar bekerja sama dengan temannya.
  4. Membuat anak lebih aktif bergerak dan mengurangi risiko obesitas akibat kurang bergerak. Di Zaman teknologi seperti ini biasanya anak akan lebih sering menatap layar, namun dengan bermain bentengan, dapat membantu mengurangi kerusakan mata pada anak agar tidak terpapar sinar layar gadget. Itulah permainan bentengan yang bisa kamu pelajari dan kuasai. 

Itulah aturan, dan cara dari permainan bentengan yang bisa kamu pelajari dan kamu dapatkan manfaatnya. Baca artikel lainnya untuk mendapatkan update dan informasi dari Happy Play Indonesia.

Baca Juga: Beragam Manfaat Permainan Tradisional Bagi Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top