logo happy play indonesia

Permainan Gobak Sodor: Silsilah, Cara dan Manfaatnya

Permainan Gobak Sodor

Permainan gobak sodor atau biasa dikenal dengan permainan galasin merupakan permainan tradisional yang sudah diteruskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi selanjutnya. Beberapa sumber telah menyebutkan bahwa asal-usul atau sejarah permainan gobak sodor berasal dari Yogyakarta. Diceritakan permainan gobak sodor ini awalnya sebuah latihan sekaligus permainan yang dilakukan oleh para prajurit, dengan tujuan untuk melatih keterampilan dalam berperang dengan menggunakan tombak panjang yang berukuran kurang lebih 2 meter, tanpa mata tombak yang tajam pada tombak dengan Ujungnya. Sesuai dengan namanya masing-masing kata dari gobak sodor memiliki arti, nama gobak sodor sendiri berasal dari kata gobak dan sodor. Kata gobag artinya bergerak dengan bebas.

Secara garis besar, permainan gobak sodor dimainkan dengan melewati garis lawan, menghalangi lawan melewati garis, dan mengganggu konsentrasi lawan. Permainan ini akan sangat seru jika dimainkan bersama teman-teman, baik di sekolah, rumah maupun taman bermain lainnya. Namun dengan catatan jauh dari hal-hal berbahaya, misalnya dekat dengan wilayah konstruksi akan beresiko terkena puing bangunan, hal yang mesti dihindari lainnya yaitu bermain di dekat jalan raya yang banyak dilalui oleh berbagai kendaraan, tak lupa juga untuk menghindari dari segala bentuk besi atau benda tajam lainnya. Aturan permainan gobak sodor tidak sulit untuk dipraktekkan dan tentunya sangat bermanfaat untuk hiburan anak, berikut aturan dan cara main gobak sodor. 

 

Cara Bermain Gobak Sodor

Ajak Temanmu

Credit: moondoggiesmusic.com

Permainan ini dimainkan secara tim dan membutuhkan orang banyak. Ajak teman kamu, buatlah dua tim,  dimana masing-masing tim beranggota 3 – 10 orang dengan jumlah yang sama, tidak ada yang paling banyak atau paling sedikit, harus seimbang.

Siapkan Lapangan

Credit: cdn.krjogja.com

Karena permainan ini membutuhkan orang yang banyak, secara otomatis membutuhkan tempat yang lebar juga, yang dapat memuat orang banyak. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan saat bermain, tempatnya tidak sempit dan dapat dengan leluasa berlari dan membidik lawan. 

Buat Garis

Credit: assets.kompasiana.com

Setelah tanah lapang disiapkan, langkah selanjutnya membuat sebuah garis berbentuk persegi kemudian dibagi menjadi enam bagian. Garis yang telah dibuat berfungsi sebagai wilayah yang harus dijaga oleh masing-masing pemain nantinya. Kamu bisa gunakan kapur, potongan genting atau kayu agar garis dapat terlihat dan terbentuk. 

Bagi Tugas

Credit: img.cdnki.com

Dua tim yang telah disesuaikan jumlah anggotanya, kemudian buat kesepakatan, siapakah tim jaga dan tim pemenang. Agar mencapai kesepakatan yang adil, langkah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan suit atau bisa dengan cara kamu sendiri.

Mulai Permainan

Credit: cdn.harianpijar.com

Setelah mencapai kesepakatan, masing-masing tim baik itu penjaga atau penyerang berdiri di garis atau kotak yang sudah dibuat sebelumnya. Tim yang bertugas sebagai penjaga garis, akan menghalangi tim lawan yang berusaha melewati garis batas yang sudah ditentukan.  Sedangkan, tim yang bertugas di garis batas vertikal (biasanya satu orang), dia memiliki akses untuk keseluruhan akses garis vertikal yang terletak di tengah lapangan. Kemudian, tim penyerang akan mengirimkan satu per satu pemainnya untuk melewati penjaga di setiap garis. Jika, lawan terkena sentuhan penjaga garis, maka mereka bergantian menjadi penjaga garis.

Penentuan pemenang dinilai dari seberapa banyak pemain yang lolos dari penjaga garis. Peraturan Permainan Gobak Sodor tidaklah sulit, inti dari permainan ini adalah bagi tim siapa yang paling banyak memasuki garis lawan adalah pemenangnya. Adanya kompetisi dalam permainan gobak sodor dapat memberikan berbagai manfaat bagi anak. 

 

Manfaat Permainan Gobak Sodor Bagi Anak:

Credit: bpkpenabur.or.id

Beberapa manfaat yang bisa didapat jika bermain permainan gobak sodor, antara lain:

1. Memberikan kegembiraan pada anak. 

2. Melatih keaktifan dalam bergerak.

3. Melatih bekerja sama anak dalam sebuah tim.

4. Menguji kecepatan dan ketangkasan.

5. Pada permainan, setiap tim harus memilih pemimpinya. Hal ini bermanfaat untuk melatih kepemimpinan pada anak.

6. Melatih kemampuan konsentrasi anak.

7. Mengasah kemampuan anak menyusun strategi untuk memenangkan permainan. Pada permainan gobak sodor, anggota tim yang kalah harus menerima konsekuensi, berupa menggendong anggota tim yang menang dengan jarak yang sudah ditentukan. Hal ini bermanfaat untuk melatih tanggung jawab dan membangun sportivitas anak.

8. Melatih dan meningkatkan kemampuan motorik anak baik motorik halus maupun motorik kasar.

9. Melatih semangat juang anak untuk meraih kemenangan dalam permainan dan memiliki semangat pantang menyerah. 

Kebahagiaan dan perkembangan anak yang lancar adalah hal yang paling orang tua harapkan. Tidak perlu khawatir lagi untuk mengajak anak bermain di luar, karena dengan bermain, anak dapat mengekspresikan emosinya dan hal ini dapat membantu dalam perkembangan anak. Baca artikel lainnya untuk mendapatkan update dan informasi dari Happy Play Indonesia. 

Baca Juga: 10 Permaianan Tradisional Indonesia yang Seru dan Cara Mainnya 

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top