logo happy play indonesia

Manfaat Bermain Permainan Edukasi di Sekolah

da banyak manfaat bermain permainan edukasi di sekolah. Ketika merencanakan pelajaran, guru harus mencoba untuk memasukkan setidaknya satu permainan sehari ke dalam salah satu bidang pembelajaran utama baik sebagai alat belajar mengajar, strategi penilaian atau motivator kelas kepada murid-murid, dan masih banyak manfaat lain yang di dapatkan. 

Manfaat Permainan Edukasi di Sekolah
Sumber: s2.bukalapak.com

Manfaat Permainan Edukasi di Sekolah

Bermain adalah cara belajar favorit bagi otak kita. Saat bermain game, siswa secara langsung terlibat dalam pembelajaran mereka, apa yang dipelajari lewat permainan akan lebih mudah diingat dan dimengerti oleh murid. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang akan didapatkan jika belajar sambil bermain menggunakan permainan edukasi di sekolah. 

Lingkungan Belajar Holistik

Bermain permainan edukasi di sekolah bermanfaat bagi anak, yaitu anak mendapatkan lingkungan belajar yang holistik. Salah satu permainan yang mendukung lingkungan pembelajaran holistik yaitu bermain di playground. 

Bermain di playground memungkin bagi anak untuk bermain di luar ruangan, dan memenuhi kebutuhan emosional anak, sosial, etika, dan akademik siswa dalam format pembelajaran yang terintegrasi lewat permainan edukasi di sekolah.

Lingkungan belajar holistik juga mendukung murid dalam menemukan identitas mereka dan pentingnya koneksi ke komunitas mereka dan dunia yang lebih luas serta meningkatkan sistem pendidikan. 

Baca juga: Aturan Bermain di Playground, Pahami Sebelum Ajak Anak Main

Belajar Sambil Bersenang Senang

Bermain permainan edukasi di sekolah merupakan cara lain belajar yang menyenangkan. Dengan bermain permainan edukasi, anak akan lebih termotivasi dan antusias aktif mengikuti instruksi permainan, karena kita tahu bahwa hampir semua anak didunia suka bermain. 

Lewat bermain game di dalam kelas, guru dapat membantu murid dalam meningkatkan motivasi secara keseluruhan, siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar, memperhatikan dan berpartisipasi dalam tugas-tugas yang ditetapkan, mereka anak merasa senang dan tidak terbebani. 

Misalnya, mengajak anak bermain permainan tebak kata, murid diminta menebak nama-nama hewan yang berawalan huruf “A”. Lalu mengajak murid bermain permainan membaca jam dinding, tanyakan kepada mereka jika jam 09.00 dimana letak jarum panjang dan jarum pendeknya. 

Baca juga: Seru! Kreasikan Barang Bekas Jadi Mainan Edukatif Anak

Meningkatkan Keterampilan

Sesuai dengan namanya permainan edukasi, dapat tergambarkan bahwa permainan ini bertujuan untuk memberikan edukasi untuk mengajarkan murid-murid di sekolah tentang pelajaran lewat permainan. 

Belajar lewat permainan edukasi di sekolah memiliki banyak manfaat, yaitu murid memiliki daya saing yang terkendali. Permainan adalah cara yang bagus untuk mengontrol persaingan di antara rekan-rekan, siswa dapat menjadi sangat kompetitif di kelas, terutama anak laki-laki. 

Dengan menggunakan permainan di dalam kelas, siswa dapat bersaing satu sama lain saat bermain game, kemudian saling mendukung selama kegiatan belajar lainnya

Melalui permainan, siswa juga dapat mempelajari berbagai keterampilan penting. Ada banyak keterampilan yang dapat dikembangkan siswa melalui permainan seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kerja tim, kemampuan sensorik, kemampuan motorik dan sportivitas yang baik. 

Misalnya, dengan bermain tebak kata, dengan memainkan permainan tebak kata guru dapat melatih siswa  untuk menggunakan kata-kata yang berbelit-belit meningkat secara dramatis dan memperkaya kosakata bahasanya. 

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Kesimpulan

Mengajak dan mengajarkan anak tentang pelajaran tidak mesti formal belajar di dalam kelas. Ada cara lain yang lebih seru, asyik dan mudah dimengerti anak lewat permainan edukasi di sekolah, bermain playground salah satunya.

Permainan edukasi seperti playground punya banyak manfaat bagi anak, Anda bisa menyediakan playground di sekolah untuk mendukung pembelajaran secara holistik dan meningkatkan kemampuan anak. Playground yang aman dan berkualitas bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website resmi  Happy Play Indonesia. 

Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: 

Manfaat Playground untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Bangun Playground Aman untuk Anak di Sekolah

Kemudahan Bisnis Playground, Tidak Ada Matinya

Bagikan Artikel Ini: