logo happy play indonesia

Aturan Bermain di Playground, Pahami Sebelum Ajak Anak Main

Bermain di Playground

Bermain di playground atau taman bermain umum tentunya akan memungkinkan kita untuk bertemu dengan orang lain, bertemu dengan teman sebaya lainnya, dan memungkinkan juga untuk bertemu dengan orang yang belum saling mengenal sebelumnya. Maka dari itu sebelum maupun saat main playground orang tua dan anak harus mencari tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain, harus mengetahui bagaimana peraturan saat bermain di playground publik agar sama-sama saling memahami, menghargai serta menciptakan keamanan saat bermain playground, berikut aturan yang mesti dipahami dan diajarkan kepada orang tua dan anak.  

Credit: aaastateofplay.com

Ajari Aturan Main Playground 

Anak adalah peniru yang ulung, Ia akan mudah belajar dari apa yang dilihat setiap harinya, Ia akan mengingat dan mengulang hal tersebut yang kemudian secara bertahap dapat membentuk sebuah karakter pada diri anak. Sebagai orang tua maupun orang dewasa pandai-pandailah untuk memilih kata dan berlaku di depan anak kecil. Saat ingin mengajak anak bermain di sebuah Playground, ajari juga anak bagaimana main di playground. Misal ketika ingin bermain perosotan, ajari anak untuk naik tangga terlebih dahulu sebelum meluncur, bukan menggunakan atau menaiki langsung seluncurannya, karena akan membahayakan anak. 

Credit: www.verywellmind.com

Beri Pengertian Untuk Berbagi

Saat bermain playground di tempat umum, banyak orang yang bermain di taman bermain. Baik orang dewasa, usia balita sampai anak berusia 12 tahun. Untuk itu, orang tua perlu memberi pengertian kepada anak. Misalnya ada anak laki-laki berusia 10 tahun bermain ayunan lebih dahulu, tiba-tiba ada seorang balita berusia 4 tahun ingin menaiki ayunan yang sedang dinaiki anak  tersebut, orang tua perlu memberikan pengertian kepada anak balita itu untuk sabar dan menunggu, dan coba tanyakan kepada anak laki-laki tadi apakah masih ingin bermain ayunan atau tidak. Kemampuan berbagi anak dapat dilatih dari hal-hal sederhana seperti kejadian tadi. .  

Credit: media.istockphoto.com

Tidak Memaksakan Keinginan Anak

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anak, namun terkadang menghiraukan hak dan keinginan anak lainnya. Saat bermain di tempat umum, anak ingin bermain di tempat yang sedang dimainkan anak lain, kemudian orang tua mengajak anak untuk menaiki permainan lain, hasilnya anaknya pun menangis. Jika hal ini terjadi, Anda sebagai orang tua atau orang dewasa tidak perlu memaksakan anak untuk menaiki permainan lain, jika anak bersikukuh untuk menaiki permainan tadi bilang untuk sabar menunggu giliran bermain, dan jangan menyuruh anak sebelumnya untuk pindah permainan. 

Credit: torontogold.com

Awasi Anak Saat Bermain

Tidak semua aturan bermain di playground tertulis dan terpampang di arena bermain. Maka dari itu mengajari anak cara bermain playground diperlukan agar anak dapat menjaga dirinya sendiri, namun pengawasan orang tua ketika mengajak anak bermain jangan sampai lengah, pengawasan orang tua saat bermain tetap menjadi nomor satu bagi keselamatan dan keamanan anak. 

Baca juga: Hindari Bahaya, Begini Cara Bermain Perosotan Anak yang Aman

Credit: www.gypsybulletin.com

Lepas Aksesoris Anak

Aksesoris adalah benda-benda yang dikenakan seseorang untuk menambah keindahan bagi orang yang mengenakannya, kehadiran aksesoris ini bisa membuat penampilan agar semakin menonjol, dan menarik. Namun, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, hal tersebut juga berlaku dalam penggunaan aksesoris pada anak. Sebaiknya memang tidak terlalu memberi kesan ramai dan berat pada penampilan anak. Apalagi jika aksesoris yang pilih memiliki ukuran dan bentuk yang cukup besar. Kamu juga tidak perlu menambahkan aksesoris lain, jika aksesoris yang kamu pakai sudah terlihat menonjol. Misal kamu sudah memakai kalung dengan bentuk dan ukuran yang mencolok. Hindari untuk memakai gelang, cincin atau anting dalam waktu yang bersamaan untuk menghindari bahaya kejahatan dan cidera saat bermain di playground, misalnya kalung bisa tersangkut di tempat bermain. 

Credit: i.pinimg.com

Gunakan Pakaian yang Simpel 

Saat memilih pakaian yang akan digunakan untuk beraktivitas cenderung mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian. Jika kita merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakan, kita juga akan merasa penampilan tersebut akan membuat percaya diri. Mengenakan pakaian yang sederhana dapat meminimalisir segala tindak kejahatan dan meminimalisir cedera saat bermain. Misalnya anak mengenakan pakaian yang sangat terbuka, ketika anak berlari dan terjatuh kemungkinan besar luka yang didapatkan jauh lebih parah dibanding mengenakan pakaian tertutup. 

Credit: guardian.ng

Ajari Anak 3 Magic Word

Three magic word merupakan sebuah nama frasa untuk gabungan tiga kata sederhana namun memiliki arti yang sangat penting untuk anak. Kata-kata tersebut adalah maaf (sorry), tolong (please), terima kasih (thank you). Ketiga kata-kata tersebut merupakan dasar pembentuk kepribadian anak yang santun dan baik. Ini berlaku untuk anak dan penjaganya. Ajak anak untuk bermain dengan baik saat di taman bermain, jangan kasar; mukul; nendang atau berteriak-teriak kepada anak lain. Jika ingin lewati anak yang sedang bermain, ucapkan kata permisi, dan jika diberi jalan ucapkan lagi terima kasih. Tiga kata sederhana ini kan berdampak besar pada kepribadian anak, hal ini dapat dilatih saat anak bermain playground. 

Bermain playground bagi anak adalah hal yang menyenangkan, disisi lain kita perlu mengajarkan anak aturan bermain playground agar dapat bermain dengan baik, dan aman bersama teman lainnya. Dapatkan update dan informasi lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: Jual Playground Anak Berkualitas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top