logo happy play indonesia

Alasan Harus Pakai Kaus Kaki Saat Bermain di Playground

Tidak sedikit orang tua yang mengajak anak bermain di pusat perbelanjaan. Karena di sana orang bisa berbelanja di berbagai toko, restoran, cafe, sekaligus bermain bersama anak playground indoor. Saat ini taman bermain seperti playground sudah banyak ditemui di hampir setiap pusat perbelanjaan seperti Supermall Karawaci Tangerang, Taman Mall Pejaten Village, dan masih banyak pusat perbelanjaan lainnya. Namun ada beberapa aturan yang mesti diperhatikan sebelum bermain, yaitu mengenakan kaus kaki saat bermain di Playground Indoor. 

Credit: s3.theasianparent.com

Kaus Kaki

Kaus kaki merupakan sarung untuk kaki yang biasanya terbuat dari bahan katun, wool, acrylic, spandek, nylon, polyester dan benang varia teknik rajut atau teknik lainnya. Motif dan warna kaus kaki pun beragam, adanya bermotif hewan, kartun, anime, gambar idola, dan gambar lainnya yang bisa dipesan sesuai dengan keinginan, begitu juga dengan fungsi dan manfaatnya. 

Kaus kaki memiliki fungsi dan manfaat yang beragam, yaitu untuk menghangatkan dan melindungi kaki dari dingin dan panasnya cuaca, menyerap bau keringat, menjaga kelembapan, melindungi kaki dari cedera, mencegah lecet di kaki, dan membantu merawat kaki agar tidak kotor terkena debu dan kotoran disekitar kita, apalagi dengan keaktifan dan kegiatan saat anak bermain. Beberapa Playground Indoor juga membuat peraturan untuk setiap pengunjung dengan mengenakan kaus kaki saat bermain. Sudah tahu alasannya? Simak pembahasan selanjutnya.

Baca juga: Hindari Bahaya, Begini Cara Bermain Perosotan Anak yang Aman

Credit: https://p300-americantownscom.netdna-ssl.com/

Mengapa Harus Memakai Kaus Kaki Saat Bermain di Playground?

Pengunjung Mall atau pusat perbelanjaan biasanya akan mengenakan pakaian dan aksesoris, apapun itu bentuk dan ukurannya digunakan untuk mendukung tampilan atau stylenya. Misalnya dengan mengenakan sepatu oxford, flat shoes, sepatu boots, sneakers, stiletto, sepatu loafers dan lainnya. Dari sepatu yang telah disebutkan tadi kebanyakan memiliki alas kaki yang kuat, keras dan diantaranya tajam, karena bentuk dan ukurannya. 

Maka dari itu, banyak pengelola playground khususnya playground indoor membuat peraturan dan ketentuan. Misalnya, mewajibkan pengunjung playground indoor untuk mengenakan kaos kaki, baik bagi anak yang bermain ataupun pendampingnya. Aturan lain yang sering diterapkan adalah larangan makan dan minum di area playground. Peraturan ini dibuat tentu ada manfaatnya, yaitu untuk menjaga kebersihan agar tidak kotor dan tentunya keamanan saat bermain di Playground.

Dengan mengenakan kaos kaki, pengunjung telah membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan atau cedera berat saat anak bermain. Misalnya anak menggunakan sepatu saat bermain perosotan, dari arah belakang ada anak lain yang naik perosotan, kemungkinan besar mereka akan bertabrakan, dan jika keduanya bertabrakan saat mengenakan sepatu, hal ini akan membuat cidera lebih berat, misalnya berdarah atau lecet kulit kaki terkena alas sepatu. 

Begitu juga orang tua yang mendampingi anak, bisa saja akan melukai anak saat bermain. Misalnya saat bermain di playground indoor orang tua atau orang dewasa mengenakan sepatu, tiba-tiba anak berlarian dan menabrak orang tersebut, namun secara tidak sengaja anak kakinya terinjak sepatu yang dikenakan orang dewasa tersebut, anak pun akan kesakitan dan menangis saat terinjak kakinya. Jadi, sebaiknya orang tua dan anak mematuhi peraturan-peraturan tersebut demi kebaikan bersama. Penggunaan kaos kaki biasanya telah disediakan di playground indoor saat bermain di playground. sehingga area permainan dapat dipastikan higienis, tidak kotor dan bersih. 

Peraturan mengenakan kaus kaki juga digunakan untuk membantu merawat playground indoor. Karena playground indoor terbuat dari kain dan bahan yang lembut, sehingga alas yang keras dan tekstur yang tajam tidak disarankan untuk bermain dan menginjak lantai playground indoor karena akan merusak kain dan tekstur lembut playground. Tak kalah penting, turut menjaga kebersihan dan kelayakan arena bermain. Misalnya tidak membiarkan anak bermain sambil makan. Beberapa masih ditemukan orang tua yang menyuapi anak sambil bermain, yang memungkin remahan makanan dapat mengotori lantai, selain itu kondisi bermain sambil makan rentan membuat anak memuntahkan makanan. Perlu diperhatikan bersama bahwa membawa anak bermain di playground membutuhkan perhatian khusus agar anak senantiasa aman selama bermain.

Tidak perlu khawatir untuk merawat playground indoor. Maintenance atau perawatan Playground dapat Anda konsultasikan langsung bersama ahlinya. Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: Jual Playground Anak Berkualitas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top