logo happy play indonesia

Seru! Kreasikan Barang Bekas Jadi Mainan Edukatif Anak

DIY Buat Mainan Edukasi Dari Barang Bekas

Mengajak dan menemani anak bermain tidak memerlukan biaya besar. Anda bisa ajak anak bermain dan berkreasi dengan menggunakan dan memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah sekaligus menjadi mendia pembelajaran anak. Ada banyak ide kreasi membuat mainan DIY (do it yourself) yang edukatif dari barang bekas yang bisa dibuat di rumah. Berikut beberapa ide kreasi yang dapat Anda buat di rumah.

Credit: https://i.ytimg.com/vi/t6h3LtQuPxE/sddefault.jpg

1. Papan Tulis Plastik / Whiteboard 

Papan tulis biasa digunakan sebagai wadah untuk menulis, menggambar dan menghitung. Anda dapat membuat papan tulis dengan bahan sederhana dan mudah, untuk membuat papan tulis plastik ini memerlukan bahan dan alat-alat seperti kardus, kertas karton berwarna putih atau kertas putih berukuran A3 dan plastik lembaran yang agak kaku, tidak mudah kusut dan lumayan tebal, kemudian alat yang digunakan yaitu gunting dan double tape atau isolasi bening.

Cara membuatnya cukup mudah, namun saat membuat DIY papan tulis plastik anda harus mengawasi dan melatih anak Anda. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Menyediakan kardus, lalu memotong kardus menjadi persegi empat dengan ukuran sesuai selera. Misalnya 70 cm x 40 cm, atau ukuran lebih besar sesuai selera dan sesuai bahan yang tersedia. 
  2. Lekatkan kertas karton putih pada lembar kardus, dengan lem atau double isolasi. Jika memakai kertas putih biasa, menggunakan kardus yang permukaanya rapi dan rata agar hasilnya tidak bergelombang, kemudian lekatkan 4 lembar kertas A3 secara horizontal (2 baris) menutupi area permukaan kardus. Lekatkan dengan lem/isolasi dobel. Warna putih ini sebagai area dasar papan tulis putih.
  3. Lapisi permukaan dengan lembaran plastik atau mika yang tidak mudah kusut yang tadi sudah disiapkan, lalu tempelkan dengan isolasi.
  4. Langkah terakhir, beri isolasi bagian pinggir di semua sisi papan tulis baru ini agar lebih awet, lebih menarik bila menggunakan lakban hitam atau biru, buat lubang di atas sebagai pengait dan untuk menggantung papan tulis ditembok. Itulah langkah cara membuat mainan sekaligus hiasan dari kardus dan plastik yang dapat mengedukasi anak.  
Credit: https://i.ytimg.com/vi/XOeff9Gz4dI/maxresdefault.jpg

2. Membuat Hiasan Kura-Kura Dari Piring Kertas

Pernahkah kamu melihat hiasan kura-kura dari piring kertas? Ya, beberapa buku pelajaran mungkin telah membahas tentang DIY atau tutorial membuat permainan kura-kura atau hewan lain dari piring kertas. Ada beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan sebelum membuat hiasan tersebut seperti, piring kertas, kertas karton, pensil, spidol warna, lem kertas atau selotip dan gunting. Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, langkah selanjutnya yaitu:

  1. Membuat pola tempurung kura-kura di belakang piring kertas menggunakan spidol atau pensil terlebih dahulu agar kesalahan dapat dihapus dengan penghapus
  2. Lalu buat pola kaki, kepala dan buntut kura-kura, jika sudah dibentuk kemudian tempelkan pola atau potongan kaki, kepala dan buntut kura-kura menggunakan lem kertas atau selotip. Jadilah hiasan kura-kura yang menggemaskan, Anda bisa beri manik-manik atau hiasan lain agar tampilannya lebih menarik. 
Credit: http://informazone.com/wp-content/uploads/2017/04/clock-toys-pinterest.com_-2.jpg

3. Jam Dinding Dari Botol Bekas

Botol bekas minum jangan dibuang!, barang bekas ini dapat dibentuk dan dihias menjadi hiasan jam dinding yang lucu sesuai kreasi dan kreativitas anak. Melalui permainan ini anak diajarkan dapat berpikir kreatif, inovasi dan dilatih imajinasinya. 

Bahan dan alat yang dibutuhkan membuat permainan ini juga mudah ditemukan di keseharian kita, seperti tutup toples bekas besar sebanyak 1 buah, dan 12 tutup botol minuman berukuran kecil, lem tembak atau double tape, benang, gunting dan gagang sendok plastik.

  1. Langkah pertama untuk membuat jam dinding dari botol bekas yaitu membersihkan tutup botol terlebih dahulu
  2. Kemudian buat lubang di tengah pada tutup toples besar bekas, masukan benang ke dalam lubang dan jadikan satu dengan gagang sendok, lakukan seperti menjahit.
  3. Jika sudah, tempelkan ke-12 tutup botol kecil melingkari tutup botol besar tadi hingga membentuk jam dengan menggunakan lem tembak atau double tape.
  4. Berilah nomor dari satu hingga dua belas seperti jam. Dan jadi deh jam dari tutup botol bekas. 

Itulah 3 kreasi atau ide membuat mainan dari barang bekas jadi permainan edukasi anak, meski dibuat dengan barang bekas, melalui DIY (do it yourself) ini Anda dapat melatih saraf motorik anak, misalnya saat menggunting kertas, menempel dan menggambar pola. Anda juga bisa mendapatkan permainan edukatif dan bermanfaat bagi anak dengan mengunjungi website Happy Play. 

Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Baca juga: 5 Ide Permainan Air yang Mudah Dibuat di Rumah

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top