logo happy play indonesia

5 Ide Permainan Air yang Mudah Dibuat di Rumah

Permainan Air

Buat Mainan Air yang Mudah Dibuat di Rumah

Hampir segala aktivitas yang dilakukan anak adalah bermain, karena memang itu adalah dunianya. Saat bermain, tentunya harus diselingi dengan belajar. Bermain yang seru tidak memerlukan biaya yang mahal. Anda dapat mengajak anak bermain air dengan barang-barang sederhana yang ada di rumah, berikut 5 ide permainan air yang mudah dibuat di rumah.

Baca juga:  RUMAH ASYIK, ANAK AKTIF

Credit: s3-us-west-2.amazonaws.com

Slip & Slide

Permainan Slip & Slide sangat seru dimainkan dengan cara meluncur di permukaan plastik yang diberi air. Untuk memainkan permainan ini di rumah ada bahan atau alat yang perlu disiapkan, seperti Alas berbahan plastik (contoh: karpet plastik atau terpal plastik) berukuran 3 meter atau lebih. Pemberat (missal, barbel atau botol air mineral yang diisi air). 

Setelah dibuat, langkah selanjutnya yaitu bentangkan alas plastik, letakkan pemberat di sisi kanan dan kiri untuk mengamankan alas plastik tetap berada di tempatnya. Alirkan air di permukaan alas plastik dengan selang. Setelah cukup basah, setiap orang boleh meluncur di atas permukaan plastik.

Estafet Air 

Tidak jauh berbeda dengan permainan estafet yang dimainkan di darat, bedanya hanya menggunakan air saja. Permainan estafet ini udah sering dimainkan dan menjadi permainan favorit saat lomba pada peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus. Untuk memainkan permainan ini, anda dapat menyiapkan beberapa bahan dan alat seperti 1 buah ember kecil berisi air secukupnya untuk masing-masing pemain dan 1 buah ember besar untuk menaruh air yang telah dikumpulkan. Jika sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah baris memanjang, orang yang paling belakang mengambil air secukupnya, kemudian secara estafet memberikan air kepada teman lainnya dengan waktu yang sudah ditentukan. 

Credit: www.dailycamera.com

Duck Race

Duck race merupakan permainan yang menggunakan bebek mainan dan air sebagai medianya. Bahan dan alat yang perlu disediakan yaitu mainan bebek karet (1 untuk masing-masing peserta), pistol air untuk masing-masing peserta, dan terpal. Cara bermainnya pun mudah. Pertama buatlah jalur air menggunakan kain terpal untuk menampung air (seperti selokan). Isi jalur-jalur tersebut dengan air sampai bebek karet bisa mengapung di atasnya. Setiap peserta harus menembak bebek karet dengan pistol air hingga bebek melaju di sepanjang lintasan. Pemilik bebek pertama yang sampai di ujung adalah pemenangnya.

Credit: c8.alamy.com

Perahu Kertas

Permainan perahu kertas dapat dimainkan di rumah dengan kertas biasa atau kertas bekas yang ada di rumah. Cara membuatnya sangat mudah. Pertama-tama siapkan bahan yang digunakan seperti kertas sebanyak satu lembar atau sebanyak yang kamu butuhkan, lalu siapkan dan lipat kertas menjadi dua bagian, setelah itu buka kembali lipatan nya. 

Lipat sudut atas kertas ke bawah hingga sejajar. Balikkan kertas, ulangi lipat sudut atas kertas lagi. Lipat sudut bawah ke atas, lakukan pada bagian yang belakang juga. Pegang bagian tengah topi kertas. Tarik ujung kertas ke arah luar hingga kertas berbentuk wajik. Lipat bagian dasar wajik ke atas, lakukan hal serupa pada sisi belakangnya. Pegang perahu kertas di tengah bagian dasarnya dan tarik ke arah berlawanan dan ratakan.Pegang sisi kanan kira kertas dan kemudian tarik.Perahu kertas siap dimainkan. Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air. Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun. Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.

Credit: entertainyourtoddler.com

Sensory Bag 

Sensory bag atau tas sensorik sangat mudah dibuat dengan bahan sederhana dan dapat dikreasikan sesuai keinginan, misalnya memasukkan mata googly dan gel hijau dalam satu untuk Halloween, atau bunga dan gel bening untuk musim semi, atau apa pun yang Anda inginkan. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak Anda yang bayi maupun balita. 

Cara membuatnya pun mudah tidak memerlukan waktu lama. Bahan dan alat yang disiapkan yaitu tas ziplock, gel rambut murah, lakban atau pita pengepakan. Tambahan lain bisa anda siapkan juga manik-manik, mata googling, mainan plastik kecil, pom-pom, manik-manik air, kelereng, bentuk busa kecil, kacang polong, batu halus kecil, pengisi vas, dan tombol huruf plastik. 

Langkah pertama sendokkan sedikit gel rambut ke dalam kantong laminator yang terbuka. tambahkan dua sendok besar ke setiap kantong. Kemudian tambahkan beberapa objek menarik ke tas sensorik untuk ditemukan oleh bayi atau balita Anda. Hal hebat tentang mainan sensorik bayi buatan sendiri adalah Anda dapat menyesuaikan isinya dengan minat anak Anda sendiri. 

Kelima permainan ini dapat anda lakukan dan anda buat di rumah, menghabiskan waktu sambil belajar bersama anak. Permainan ini memiliki berbagai manfaat bagi perkembangan dan kreativitas anak. Kami Happy Play Indonesia perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance, juga menyediakan berbagai permainan berkualitas dan aman bagi anak. Dapatkan dan baca artikel Happy Play Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini.

Baca juga: Manfaat Playground Untuk Anak Dan Memilih Playground Yang Berkualitas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top