logo happy play indonesia

Asik Main Lompat Tali Karet, Begini Sejarah, Aturan dan Manfaatnya

 

Lompat Tali Karet

Keanekaragaman budaya di Indonesia telah menumbuhkan berbagai tradisi bukan hanya pada bidang kuliner, dan pariwisata saja, tapi juga keanekaragaman sebuah permainan tradisional, salah satu permainannya yaitu lompat tali karet. Lompat tali karet merupakan bukti kekayaan budaya Indonesia. Pada permainan lompat tali karet tidak diketahui secara histori tidak diketahui bagaimana sejarah permainan lompat tali ini berasal dari mana dan siapa yang menyebarkan. Biasanya permainan tradisional disebarluaskan dari mulut ke mulut dari orang ke orang, kemudian menyebar ke beberapa daerah sampai ke hampir seluruh Indonesia. 

Uniknya permainan lompat karet memiliki nama atau sebutan yang berbeda di tiap daerahnya, tak jarang ditemukan permainan yang aturan nya cukup berbeda. Misalnya permainan lompat tali dengan nama permainan Sempring yang berasal dari Sunda, permainan Sapintrong dari Provinsi Jawa Barat, permainan Gattah di Provinsi Kalimantan Timur, permainan Pat Injau di Provinsi Bengkulu, permainan Lompat Tali Merdeka dari Provinsi Riau, permainan Yeye dari daerah Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Walaupun nama permainan ini berbeda- beda tiap daerah pada dasarnya sama yaitu melompat tali karet yang tersimpul. 

Sesuai dengan namanya, permainan lompat tali karet terbuat dari karet yang kemudian dianyam sampai panjang. Cara menganyamnya pun mudah, pertama kumpulkan dan siapkan karet yang ingin dianyam, kedua sambung sua karet pertama dengan dua karet selanjutnya hingga kepanjangan 3 sampai 4 meter. Jadi, bagaimana cara bermain lompat tali karet?.

anak bermain lompat tali
Credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Cara Bermain Lompat Tali Karet

Tidaklah sulit memainkan lompat tali karet, berikut langkah-langkah yang mesti kamu pahami:

1. Siapkan tali karet yang sudah dianyam sebelumnya

2. Ajak dan kumpulkan teman kamu

3. Lakukan suit atau hompimpa. Permainan lompat tali karet bisa dilakukan minimal oleh tiga orang, dua orang sebagai penjaga atau yang memegang karet, dan satu orang yang akan memainkan permainan. Maka dari itu hompimpa dilakukan sebelum memulai permainan. Lalu lakukan suit untuk menentukan siapa pemain selanjutnya yang akan melompat. 

4. Loncat tali karet. Setelah menentukan siapa pemain yang akan loncat pertama, kedua dan ketiga. Kemudian dua orang yang berjaga harus merenggangkan dan memegang tali karet sesuai level, dan pemain pertama harus melompati karet tersebut tanpa menyentuh atau menyenggol karet tadi. 

5. Bergantian memegang karet. Jika pemain satu gagal melewati karet tersebut maka secara otomatis Ia harus berjaga dan memegang karet bergantian dengan pemain selanjutnya. 

6. Naik level. Apabila pemain dapat melewati tali karet tersebut, level permainan akan otomatis berubah dan menjadi tantangan tersendiri bagi pemain, begitu seterusnya jika berhasil melewati, pemain akan berada pada level yang lain. Misalnya tingkat pertama setinggi mata kaki penjaga tali, tingkat kedua tali karet setinggi dengkul, tingkat ketiga setinggi pinggang, tingkat keempat tali karet dinaikkan setinggi dada dan seterusnya sampai merdeka, dimana pada posisinya tali karet dinaikkan setinggi tangan.

7. Ulangi permainan dari awal. Setelah pemain tuntas melakukan semua tingkatan lompat tali karet, permainan dapat diulang dari awal. Permainan terus berlangsung seperti itu sampai para pemain memutuskan untuk mengakhiri permainan. Disadari atau tidak disadari bahwa permainan tradisional lompat tali memiliki manfaat bagi perkembangan anak, berikut akan dijelaskan manfaatnya. 

Manfaat Bermain Lompat Tali Karet Bagi Anak

anak melompat tali
Credit: amazonaws.com

1. Sebagai media sarana menumbuhkan kemampuan sosialisasi pada anak. Karena dengan bermain memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

2. Dapat mengajarkan anak untuk belajar berkomunikasi dan berorganisasi. 

3. Permainan tradisional lompat tali memiliki nilai-nilai luhur dan pesan pesan moral (moral value) tertentu seperti nilai-nilai gotong-royong, kebersamaan, kejujuran, sportif, tanggung jawab, sikap lapang dada (kalau kalah).

4. Mendorongan anak untuk berprestasi, dan taat pada aturan. 

Itu tadi manfaat permainan lompat tali karet. Baca artikel lainnya untuk mendapatkan update dan informasi dari Happy Play Indonesia.

Baca Juga: 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru dan Cara Mainnya

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top