logo happy play indonesia

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar

cara mendidik anak agar cerdas

Cara mendidik anak agar cerdas dan pintar perlu dipahami oleh setiap orang tua dan menjadi agar perkembangan anak menjadi baik. Tentu saja setiap anak pasti memiliki kelebihan yang berbeda-beda begitu juga dari sisi kecerdasan, namun orang tua juga wajib mengarahkan anak agar mereka paham apa yang harusnya dilakukan dan tidak.

Dalam hal ini peran orang tua sangatlah dibutuhkan dan sangat berpengaruh. Mendidik anak agar memiliki kecerdasan adalah tanggung jawab semua orang tua. Hanya saja terkadang kita tidak mengetahui langkah apa yang harus dilakukan agar itu semua berhasil.

Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu dari sisi genetik dan lingkungan. Faktor genetik adalah suatu faktor yang sulit untuk kita rubah karena itu bersifat alamiah yang datang dalam diri anak. Sedangkan faktor lingkungan bisa kita kontrol sebagai orang tua, faktor lingkungan yang berpengaruh antara lain adalah kebiasaan dan budaya serta finansial keluarga juga termasuk ke dalamnya.

Faktor tersebut memiliki peran dalam proses perkembangan anak. Pemberian makan yang tepat serta gizi yang cukup akan sangat berkontribusi pada proses tumbuh kembang serta kecerdasan.

healthy food
credit: heartstrokeprod.azureedge.net

1. Penuhi Asupan Nutrisinya

Panduan makanan untuk si kecil haruslah seimbang. Karena pada masa kanak-kanan merupakan masa otak mengalami pertumbuhan. Makanan seimbang adalah makanan yang harus memenuhi segala kebutuhan seperti karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral. Perkembangan otak anak sangat dipengaruhi oleh pola makan dan asupan yang didapatnya.

Untuk mendukung perkembangan otak anak serta kemampuan lainnya perlu diberikan makanan-makanan sehat dan bergizi seperti, ikan, telur, daging, susu, buah dan sayuran.

Tak hanya bergizi, makanan sehat juga akan maksimal dalam memberikan energi untuk aktivitas si kecil.

credit: cdnparenting.com

2. Kenali Gaya Belajar Anak

Secara umum kita mengetahui bahwa ada tiga gaya belajar yang bisa dimaksimalkan yaitu auditori, visual, dan kinestetik.

Anda harus memahami, dengan gaya seperti apa anak anda lebih tertarik dan lebih cepat memahami suatu hal. Tipe auditori adalah cara cepat memahami sesuatu dengan cara pendengaran, tipe visual melalui penglihatan dan tipe kinestetik adalah memahami dengan melakukan gerakan saat belajar.

Orang tua harus menyesuaikan gaya belajar si kecil agar mereka nyaman dan cepat memahami.

biasakan anak baca buku sejak dini
credit: thejakartapost.com

3. Biasakan Anak Baca Buku Sejak Dini

Cara mendidik anak agar cerdas berikutnya adalah dengan cara membiasakan anak membaca buku sejak dini. Seperti yang kita ketahui bahwa buku merupakan sumber ilmu sehingga mendapatkan julukan jendela dunia.

Membaca akan merangsang otak dan membangun pengetahuan tentang apa yang dibaca nya. Jika anak-anak sudah terbiasa membaca sejak kecil akan memudahkan mereka untuk belajar di masa depan.

belajar bahasa asing
credit: thejakartapost.com

4. Mengajari Bahasa Asing

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa anak yang bisa berbahasa lebih dari satu (bilingual atau multilingual) biasanya memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, kelebihan lain yang akan didapatnya adalah ketika nanti dewasa biasanya lebih mudah untuk mempelajari bahasa asing lainnya.

Mengajarkannya berbahasa juga akan membuatnya mudah untuk bersosialisasi di masa depan.

Baca juga: tips agar anak betah dirumah

memperkenalkan seni
credit: momlovesbest.com

5. Memperkenalkan Seni 

Seni terkenal sangat menyenangkan dan sangat melatih imajinatif anak. Beragam aktivitas seni seperti menggambar, bermain alat musik dan melukis dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

Bahkan sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa anak yang mempelajari dan mengerti musik memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi.

mengasah kecerdasan emosional
credit: www.learnwithhomer.com

6. Mengasah Kecerdasan Emosional

Mengasah kecerdasan intelektual memang penting tetapi melatih kecerdasan emosional juga sama pentingnya. Kenapa penting, karena kecerdasan emosional adalah salah satu faktor kesuksesan anak di masa depan baik di sekolah maupun dunia kerja. Bantulah si kecil untuk mengendalikan emosinya sejak dini. Ketika kecerdasan intelektual dan emosional seimbang kedepannya anak akan lebih siap menghadapi dunia.

7. Menghargai Proses Pembelajaran Anak

Menhargai usahanya sudah terbukti akan membuat anak lebih merasa dihargai oleh Anda sebagai orang tua. Dengan begitu juga bisa menumbuhkan serta membuatnya lebih semangat untuk belajar.

Oleh karena itu beri dia kepercayaan dan hargai apapun yang mereka capai agar percaya diri dan terus semangat.

8. Ajarkan Anak Bersosialisasi

Cara selanjutnya yang bisa mendidik anak agar lebih cerdas adalah dengan cara mengajaknya bersosialisasi. Dengan sosialisasi ke teman atau orang lain akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Orang tua harus sering mengajaknya bertemu dengan orang banyak agar melatih sikap sosialnya.

Sebagai contoh Anda bisa mengajak anak untuk bermain di taman bermain atau playground agar bertemu dengan teman-temannya. Disana mereka akan berkomunikasi satu sama lain, bermain bersama dan melakukan hal lainnya secara bersama.

Itulah beberapa cara mendidik anak agar cerdas dan pintar di masa depan. Perlu diingat lagi, bahwa setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda-beda, jangan sampai anda mendahului kehendak dibandingkan kenyamanan anak karena hal itu bisa berdampak buruk untuknya.

Percayakan semua kepadanya, arahkan mereka tanpa harus menekan dan beri mereka apresiasi di setiap hal yang mereka capai.

Baca juga: 10 cara melatih kemampuan sosial anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top