logo happy play indonesia

7 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Mandiri dan Tanggung Jawab

Sudah menjadi kewajiban setiap orang tua untuk mendidik anak-anaknya sebaik mungkin. Namun, mendidik anak laki-laki dan perempuan berbeda, keduanya punya karakter unik dan cara menyampaikannya pun berbeda. Mendidik anak laki-laki mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, apalagi yang dididik merupakan anak pertama atau sebelumnya belum pernah dan baru punya anak laki-laki. Hal itu tak perlu Anda khawatirkan, karena ada banyak tips parenting dalam mendidik anak laki-laki yang bisa dicoba supaya anak tumbuh menjadi laki-laki yang mandiri, pribadi yang baik, sopan santun, dan bertanggung jawab.

Ajarkan anak tanggung jawab
Sumber: gominno.com

1. Ajarkan Tanggung Jawab

Karakter seseorang saat dewasa sangat dipengaruhi oleh didikan orang tua semasa kecil. Karakter seseorang dapat dibentuk sejak kecil dengan didikan, pelajaran dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. 

Sebagai laki-laki dimasa depan akan ada tanggung jawab yang akan Ia emban, Anda sebagai orang tua perlu mendidik dan mengajarkan anak laki-laki tentang tanggung jawab. Misalnya saat anak memainkan mainannya, berilah Ia sebuah arahan untuk merapikan kembali mainan yang dia gunakan dan menaruhnya ke dalam wadah penyimpanan. 

Ajarkan anak berempati
Sumber: beenke.com

2. Ajarkan Anak Berempati

Mendidik seorang anak laki-laki bukan dengan melarangnya untuk menangis, karena melarang anak menangis dapat menghilangkan emosi dan rasa empati terhadap dirinya sendiri dan kepada orang disekitarnya. 

Terkadang masih banyak orang tua yang mengajarkan hal ini kepada anak, padahal menangis adalah emosi yang ada dalam diri manusia dan memang itu bagus, dengan menangis anak dapat mencurahkan emosi dan perasaannya.

Ajarkanlah kepada anak untuk berempati, misalnya di sekolah ada anak yang tidak membawa pensil, ajak anak untuk meminjamkan dan menawarkan pensil miliknya kepada teman yang lebih membutuhkan, hal ini dapat melatih sang anak untuk berempati. 

Mendidik anak untuk menghargai orang lain
Sumber: amazonaws.com

3. Didik anak untuk Menghargai Orang Lain

Cara mendidik anak laki laki yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengajarkan kepada anak untuk menghargai orang lain. Sikap menghargai orang lain dapat ditunjukkan dengan berbagai cara, seperti mendengarkan dan memperhatikan orang tua ketika mendiskusikan suatu hal atau saat orang tua memberikan nasehat. 

Ajari Anak untuk Menerima Kegagalan
Sumber: deccanherald.com

4. Ajari Anak untuk Menerima Kegagalan

Dalam kehidupan kita tidak selalu dalam kemenangan, pasti akan ada kegagalan. Untuk itu, agar anak mandiri dan tangguh didiklah untuk menerima kegagalan.

Kegagalan bukanlah akhir, ajarkanlah kepada anak bahwa kegagalan adalah proses hidup yang mesti dijalani, dan selipkan di dalamnya pesan kehidupan agar anak tidak merasa terpuruk. 

Latih anak kontrol emosi
Sumber: static.toiimg.com

5. Ajari Anak Mengolah Rasa Marah

Buat dan bangunlah sudut pandang baru mengenai amarah. Masih banyak orang yang memandang amarah atau marah sebagai hal atau emosi yang negatif, padahal tidak seperti itu.

Adanya emosi atau marah dalam diri menandakan bahwa anak mempunyai indikator dalam dirinya, sehingga apa yang melewati batas diri anak marah akan secara otomatis muncul. Namun perasaan ini tentu harus diolah dengan baik, agar ketika marah tidak menggebu-gebu dan malah merugikan dirinya sendiri maupun orang disekitarnya.     

Baca juga:  Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Dalam Keluarga

       

Memberikan contoh yang baik kepada anak
Sumber: tipsforwomens.org

6. Berikan Contoh yang Baik

Pernah mendengar istilah anak adalah peniru yang ulung? Ya, tepat sekali. Anak merupakan peniru yang baik, maka dari itu berilah contoh yang baik dalam bertutur kata, sikap dan berperilaku kepada diri sendiri, keluarga dan orang lain dalam lingkungan sosialnya. 

Membuat aturan disiplin kepada anak
Sumber: parentingplace.nz

7. Terapkan Aturan untuk Anak

Menerapkan aturan kepada anak laki-laki dapat mengajarkan anak tentang kedisiplinan. Didik anak tentang aturan-aturan sederhana di rumah. Misalnya batas main anak hingga jam 9 malam, sebelum jam 9 anak sudah bersiap untuk tidur. Contoh aturan lain yang bisa Anda terapkan untuk anak laki-laki yaitu dengan mengajarkan anak tentang pekerjaan rumah, membantu kedua orang tuanya. 

Dunia akan terus berubah, tapi ada satu hal yang orang tua meski lakukan untuk mempersiapkan anak ke dunia yang lebih luas dan untuk membekali anak dimasa depan nanti.  Anda dapat mempersiapkan itu sedini mungkin dengan didikan yang baik agar karakter anak kuat, mandiri dan bertanggung jawab. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

8 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Percaya Diri dan Tangguh

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Pintar

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top