logo happy play indonesia

Cara Memilih Perlengkapan Playground Untuk Usia 5-12 tahun

Cara Memilih Perlengkapan Playground Untuk Usia 5-12 tahun

Mewujudkan area bermain harus diperhitungkan dengan baik sesuai usia. Anda bisa mengikuti beberapa cara memilih perlengkapan playground untuk usia 5-12 tahun jika usia anak Anda sama. Penyesuaian usia dengan peralatan bermain sangatlah penting untuk menjaga efektivitas taman bermain, dan secara maksimal anak akan mendapatkan manfaat bermain playground. Lalu seperti apa perlengkapan playground yang sesuai untuk anak usia 5-12 tahun? Simak artikel selengkapnya. 

Cara Memilih Perlengkapan Playground Untuk Usia 5-12 tahun
Sumber: freepik.com

Perlengkapan Playground yang Sesuai untuk Anak Usia 5-12 Tahun?

Anak usia 5-12 tahun di Indonesia merupakan usia produktif mereka masuk sekolah baik itu TK, PAUD hingga sekolah dasar atau SD. Struktur dan aktivitas tertentu pada anak usia 5-12 tahun dapat meningkatkan pengalaman bermain di luar sambil meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. 

Maka dari itu, memilih peralatan playground di sekolah yang tepat berdasarkan kelompok usia ini sangatlah penting. Peralatan bermain yang tepat akan menantang kekuatan tubuh bagian atas dan kemampuan untuk mengikatnya dengan aman, membawa mereka ke dunia imajinatif. 

Usia anak adalah masa emas untuk perkembangannya secara fisik dan kognitif. Kemampuan mereka secara sosial perlu dilatih, salah satu upayanya dengan bermain di taman. Taman bermain adalah salah satu tempat paling menyegarkan di mana mereka dapat berinteraksi dengan orang lain, menguji keterampilan mereka, dan menantang diri sendiri untuk mengatasi rintangan. 

Anak-anak antara usia 5 dan 12 sering mulai menemukan cara baru dalam memandang dunia dan menemukan solusi untuk masalah. Dengan peralatan bermain yang tepat, mereka dapat menjelajahi elemen-elemen ini untuk bersenang-senang secara aktif di lingkungan yang aman.  Ikuti panduan memilih playground di bawah ini akan membantu Anda menemukan jawaban dan solusi dari pemilihan playground usia 5-12 tahun. 

1. Rubber Flooring / Matras

Cara memilih playground untuk usia 5-12 tahun yang pertama diawali dengan pemilihan dan penyediaan rubber flooring jika outdoor playground atau matras jika itu indoor playground. Kehadiran rubber flooring sangat membantu untuk kenyamanan anak dan keamanan anak bermain.

Anak-anak jauh lebih aman bermain jika ada rubber flooring, karena teksturnya yang empuk dan fleksibel terbuat dari bahan dasar karet. Apabila anak terjatuh, kemungkinan cedera sedikit, dan tingkat keparahan luka juga kecil. 

Baca juga: Manfaat Menggunakan Rubber Flooring

2. Ketinggian Platform Aman

Ketinggian platform aman merupakan tahap kedua dari panduan memilih playground. Ketinggian perlengkapan playground menjadi pertimbangan penting agar anak-anak dapat dengan mudah menggunakan taman bermain dan menantang diri mereka sendiri. 

Semua peralatan bermain dasar harus dirancang dan berukuran tepat untuk penggunaan kelompok usia ini sehingga mereka dapat menggunakannya dengan mudah. Penyesuaian ketinggian platform ini memastikan bahwa anak-anak dapat dengan mudah bermain, memanjat, menjangkau, dan pilih yang tidak memiliki ujung atau sudut yang tajam. 

3. Area Bermain Luas untuk Anak Usia 5-12 Tahun

Tips memilih playground untuk 5-12 tahun yang bisa Anda lakukan adalah, menyediakan area bermain luas. Anak-anak memiliki semangat dan mobilitas yang tinggi untuk mencoba permainan satu ke permainan lainnya, penting bagi Anda menyediakan area bermain yang luas agar anak leluasa bermain dan tidak menghambat aktivitasnya. 

4. Pegangan Tangan

Saat anak menaiki tangga perosotan atau permainan lainnya, lengkapilah dengan pegangan tangan yang sesuai dan nyaman digenggam. Pegangan tangan membantu anak-anak tetap tenang di taman bermain saat menaiki tangga, tangga atau peralatan lainnya. Ketinggian yang dibutuhkan antara masing-masing pegangan harus antara 22 dan 38 inci. 

Cara Memilih Perlengkapan Playground untuk Sekolah Dasar
Dok. Happy Play Indonesia – Outdoor Playground Taipei School Surabaya

Perlengkapan Playground untuk Anak Sekolah Dasar

Lengkapi dan ciptakan playground untuk sekolah dasar dengan beragam permainan yang aman dan inovatif  meningkatkan taman bermain dan menciptakan suasana yang tepat untuk anak-anak yang bersemangat mencari tantangan. Berikut beberapa ide perlengkapan playground taman untuk anak-anak usia 5-12 tahun. 

1. Ayunan Perlengkapan Playground

Permainan yang masih banyak dijumpai di taman bermain sekolah, TK, Paud atau tempat rekreasi outdoor lainnya adalah ayunan. Ayunan sendiri merupakan permainan yang sangat sederhana, yaitu permainan yang menekankan pada menjaga keseimbangan dan kekuatan kaki. 

Baca juga: Manfaat Bermain Ayunan Bagi Anak, Perlu Diketahui

2. Perosotan

Permainan playground yang tak kalah seru adalah perosotan. Wahana perosotan ini akan membuat Anda meluncur dari atas hingga ke bawah secara cepat dan meliuk-liuk jika yang Anda coba perosotan spiral. 

Baca juga: Manfaat Bermain Perosotan untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu

3. Panjat Dinding

Permainan panjat dinding playground adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk terlibat dengan anggota tubuh mereka dan menggunakan keterampilan koordinasi mereka untuk berpindah dari satu ujung atau sisi pemanjat ke ujung lainnya. Memanjat dapat membantu anak-anak membangun kekuatan, dan meningkatkan kepercayaan diri karena dalam gerakan mereka sambil menggunakan koordinasi tangan-mata untuk menyeimbangkan diri. 

4. Jembatan Keseimbangan

Jembatan keseimbangan atau dikenal juga dengan tiang pemadam kebakaran adalah, wahana menyenangkan untuk melatih keseimbangan anak. Jembatan keseimbangan mengajarkan anak-anak untuk menggunakan masing-masing anggota tubuh untuk mencengkeram tiang dan meluncur ke bawah, yang membantu mereka menggunakan otot. 

Fitur ini juga berfungsi sebagai cara tambahan bagi anak-anak untuk keluar dari peron saat anak-anak lain menggunakan tangga, perosotan, atau tangga, membantu keseimbangan dan koordinasi tangan-mata anak.

5. Peralatan Kebugaran

Perlengkapan playground usia anak 5-12 tahun di atas mungkin sudah sering Anda lihat dan dengar dalam keseharian, namun ada perlengkapan lain yang cocok untuk melengkapi playground Anda adalah peralatan kebugaran atau outdoor fitness..

Aktivitas fisik dalam bentuk apa pun bermanfaat untuk segala usia. Anda dapat memperkenalkan alat kebugaran untuk anak usia sekolah untuk membantu mereka mempelajari pentingnya olahraga di luar ruangan. 

Outdoor fitness remaja ini menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk melatih keterampilan keseimbangan, koordinasi, dan fleksibilitas mereka. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan kekuatan sambil menopang dan mengembangkan otot tanpa lemak. Dengan peralatan yang sesuai dengan usianya, anak-anak dapat merasakan latihan kardiovaskular yang sehat dengan kursus kebugaran dan tantangan kebugaran dengan beberapa stasiun yang menyenangkan.

Baca juga: Manfaat Outdoor Fitness

Mencari Kontraktor Playground Berpengalaman Solusinya Happy Play Indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Outdoor Playground Taman Jakarta Barat

Mencari Kontraktor Playground Berpengalaman?

Panduan memilih peralatan playground yang aman dan nyaman telah Anda simak di atas. Namun, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam membangun playground impian dan bermanfaat untuk anak usia 5-2 tahun adalah memilih kontraktor playground berpengalaman. 

Happy Play  Indonesia adalah perusahaan berpengalaman lebih dari 17 tahun dibidang playground menawarkan One Stop Service, melayani konsultasi, perencanaan, pembuatan, instalasi, dan perawatan. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play yang telah disesuaikan dengan usia anak, dengan kualitas dan warna yang beragam dapat memberikan kenyamanan dan keamanan anak saat bermain playground. Segera wujudkan playground impian Anda dan hubungi Happy Play Indonesia sekarang juga!. 

Baca juga:

Manfaat Playground Untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Bangun Playground Aman di Sekolah

Produk Outdoor Playground

Bagikan Artikel Ini: