logo happy play indonesia

Cara Merawat Taman Bermain Sekolah Agar Tahan Lama

Cara Merawat Taman Bermain Sekolah Agar Tahan Lama

Manajemen sekolah harus meninjau ulang fasilitas sekolah sama hal nya dengan taman bermain. Ikuti cara merawat taman bermain sekolah ini untuk memastikan playground anak tetap aman dan nyaman saat dimainkan. Pemeliharaan playground di sekolah diawali dengan memilih komite pemeliharan, mencari seorang yang amanah dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan perawatan yang tepat, membuat jadwal pemeliharaan taman bermain sekolah dan merawat kebersihan lingkungan taman bermain

Baca juga: Manfaat Playground Untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Cara Merawat Taman Bermain Sekolah Agar Tahan Lama
Sumber: freepik.com

Cara Merawat Taman Bermain Sekolah

Taman bermain sekolah adalah tempat di mana siswa belajar melalui bermain. Taman bermain merupakan penambahan dari gedung sekolah Anda dan mendapat manfaat dari jumlah pemeliharaan yang sama.

Ada banyak langkah untuk memelihara taman bermain sekolah Anda, termasuk membuat tim pemeliharaan, menggunakan peralatan yang tepat, dan memasang elemen pelindung.

Gunakan tips merawat taman bermain ini untuk membantu menjaga ruang bermain sekolah Anda tetap aman, menarik, dan bertahan selama bertahun-tahun.

1. Tunjuk Penanggung Jawab Kebersihan dan Pemeliharaan Playground

Kebersihan area sekolah merupakan tanggung jawab warga sekolah, namun untuk menjaga lebih baik area bermain dibutuhkan penjaga kebersihan atau penanggung jawab pemeliharaan playground untuk rutin dilakukan pemeriksaan kebersihan dan keamanan taman bermain.

2. Pilih Produk Playground Bersertifikat dan Periksa Keamanan Taman

Pemeriksaan taman bermain terutama yang telah beroperasi lama, kemungkinan besar telah mengalami perubahan secara fisik. Cari dan minta staf pemeliharaan taman bermain untuk memastikan ada cukup ruang di sekitar semua peralatan dan semuanya berfungsi dengan baik, periksa apakah taman bermain memenuhi standar keselamatan saat ini, dan minta mereka untuk mengetahui permukaan khusus yang mungkin diperlukan.

3. Buat Jadwal Perawatan Taman

Sering-seringlah periksa taman bermain. Pemeriksaan cepat setiap pagi sebelum siswa tiba juga merupakan ide yang bagus, anak akan senang saat bermain dan merasakan aman karena playground dalam kondisi baik..

4. Buat Peraturan Bermain

Cara merawat taman bermain sekolah lainnya adalah dengan membuat peraturan bermain. Setiap anak yang ingin bermain di playground harus membaca aturan bermain, seperti tidak boleh mencoret-coret fasilitas taman sekolah dan aturan lainnya. 

Baca juga: Aturan Bermain di Playground, Pahami Sebelum Ajak Anak Main

5. Pasang Penutup

Taman bermain sekolah ada dua jenis, yaitu untuk dalam ruangan atau luar ruangan. Cara merawat taman bermain sekolah luar ruangan agar terjaga dan awet salah satunya dengan memasang kanopi. 

Struktur kanopi dan naungan mengurangi kerusakan UV, yang dapat membantu mengurangi kebutuhan perawatan, seperti warna playground yang memudarnya terkena sinar matahari dan dengan demikian memperpanjang usia taman bermain di sekolah

Cara Membersihkan Taman Bermain
Sumber: freepik.com

Merawat taman bermain banyak caranya, langkah dasar dari perawatan adalah membersihkan taman bermain. Menjaga kebersihan taman bermain. Sangatlah penting untuk mengikuti prosedur pemeliharaan di atas, berikut petunjuk cara membersihkan taman bermain. 

1. Pembersihan:

Lakukanlah pembersihkan menggunakan sabun taman bermain untuk menyeka semua zat dari peralatan permukaan. Periksa kotoran atau debu yang terlihat dan gosok sampai tidak ada residu yang tersisa. 

2. Pembersihan secara penuh:

Setelah membersihkan permukaan peralatan Anda, gunakan pembersih tidak beracun yang dikenal aman untuk peralatan bermain Anda untuk mengurangi jumlah bakteri di taman bermain Anda.

3. Disinfektan:

Terakhir, gunakan pembersih untuk menghilangkan kuman yang tersisa termasuk bakteri, jamur, atau virus dari taman bermain Anda. Jika ada hal yang sulit dibersihkan atau membutuhkan perawatan lebih mendalam, hubungi Happy Play Indonesia untuk perawatan playground terbaik Anda. Kami adalah perusahaan One Stop Service bidang permainan anak dan menyediakan jasa maintenance playground. 

Manfaat Merawat dan Membersihkan Taman Bermain
Sumber: freepik.com

Manfaat Merawat dan Membersihkan Taman Bermain

Jangan bosan untuk membersihkan taman bermain, merawat taman bermain agar tetap baik perlu dilakukan setiap saat. Perawatan dan kebersihan taman bermain di sekolah yang sering dilakukan akan memberikan banyak manfaat untuk anak-anak di sekolah termasuk semua warga sekolah. Manfaat merawat dan membersihkan taman bermain diantaranya:

Mengurangi cedera atau penyakit:

Siswa sering menggunakan sekolah taman bermain. Interaksi langsung mereka dengan peralatan menyebabkan mereka terkena kuman atau peralatan rusak yang dapat menyebabkan cedera atau penyakit. Memiliki rencana perawatan dan pembersihan secara signifikan mengurangi kemungkinan masalah ini.

Memperpanjang umur taman bermain Anda:

Taman bermain adalah investasi. Taman bermain sekolah dapat bertahan bertahun-tahun dengan perawatan yang tepat, termasuk inspeksi bersertifikat yang konsisten, pemeriksaan visual, dan penghalang yang dapat melindungi dari pengunjung yang tidak diinginkan atau vandalisme.

Membantu menjaga taman bermain Anda tetap aman:

Secara keseluruhan, tujuan pemeliharaan dan pembersihan rutin adalah untuk membantu menjaga keamanan tempat rekreasi Anda dan penggunanya. Tanpa memeriksa bahaya, Anda mungkin secara tidak langsung memaparkan siswa ke lingkungan yang berbahaya.

Membutuhkan Jasa Maintenance Playground?

Kebersihan dan perawatan taman bermain sekolah agar tahan lama dilakukan secara konsisten agar hasil maksimal. Kami Happy Play Indonesia, sebagai One Stop Service dibidang wahana permainan anak menyediakan segala kebutuhan Anda dari konsultasi taman bermain, desain sampai maintenance taman bermain. Jaga playground Anda tetap bersih dan aman dengan menggunakan jasa perawatan Happy Play Indonesia, hubungi sekarang juga!.

Baca juga:

Program Maintenance Playground Happy Play Indonesia

Tanda Playground Harus Dilakukan Maintenance

Bagikan Artikel Ini: