logo happy play indonesia

Inilah Tanda Playground Harus Maintenance, Segera Perbaiki!

Berada di luar ruangan, terpapar sinar matahari, dan hujan membuat kualitas playground semakin turun. Playground berkualitas sekalipun jika sudah lama digunakan dan berada di luar ruangan akan rusak, misalnya besi playground berkarat, perosotan playground pecah dan warnanya mulai memudar, rubber floor mulai menipis atau robek dan masih banyak jenis kerusakan lainnya yang terjadi. Hal ini akan berbahaya bagi kesehatan, kenyamanan dan keselamatan anak, maka dari itu playground harus segera di maintenance.

Playground retak
Credit: repairious.com

1. Playground Retak

Tanda playground harus segera di maintenance adalah playground retak. Siapa yang berani menaiki playground jika mengalami keretakan? Tentu tidak. Playground retak akan sangat berbahaya bagi keamanan anak saat bermain playground. Saat anak bermain playground pasti mereka akan berlari, melakukan gerakan fisik dan menghasilkan beban statis, jika anak bermain di playground yang retak berisiko tinggi sewaktu-waktu akan roboh dan bisa saja runtuhan playground akan menimpa anak saat bermain. 

Baca juga: Fungsi SNI Mainan Anak, SNI Mainan Anak, SNI Mainan Sangat Penting

Jaring playground putus
Credit: sp-ao.shortpixel.ai

2. Jaring Putus

Tanda kerusakan playground lainnya yaitu jaring playground putus. Playground indoor punya jaring-jaring sebagai pembatas anak bermain, jika jaring putus anak bisa keluar dari are aman bermain dan membahayakan anak. Kerusakan pada playground apalagi di tempat publik harus segera diperbaiki dengan cepat agar aman. 

Rubber floor copot
Credit: images.squarespace-cdn.com

3. Rubber Floor Copot atau Robek

Taman bermain playground indoor maupun outdoor dilengkapi dengan lantai empuk seperti rubber floor maupun evamats, hal ini berfungsi sebagai pelindung anak dari benturan keras di lantai, itulah pentingnya maintenance playground harus dilakukan. 

Baca juga: Standar Keamanan Playground Untuk Anak

Besi berkarat
Credit: cdn.pixabay.com

4. Besi Berkarat

Karat pada besi bisa terjadi karena mengalami oksidasi, sehingga besi menjadi warna kuning dan mengeluarkan bau yang khas. Besi berkarat akan mengeluarkan bau yang tidak enak, dan menimbulkan kandungan berbahaya. Besi berkarat akan menyebabkan rapuh dan lapuk seperti batu, sehingga bentuknya perlahan rusak atau tidak sempurna.

Warna playground pudar
Credit: istockphoto.com

6. Warna Pudar

Terpapar cuaca buruk setiap saat akan mengakibatkan warna pada playground pudar. Sehingga tampilan playground tidak menarik lagi dan usang. Untuk menarik minat anak, playground harus dirawat dan diperbaiki lagi warnanya, Anda bisa menggunakan jasa maintenance playground dari Happy Play Indonesia agar warna pada playground kembali seperti baru. 

Credit: content.instructables.com

7. Foam Pipe Terkelupas

Foam pipe adalah pelindung besi playground. Jika terkelupas, akan berbahaya bagi anak jika bermain. Itulah beberapa tanda-tanda permainan playground yang harus segera di maintenance, Anda bisa gunakan jasa program maintenance dari Happy Play Indonesia.

Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, maintenance dan penjualan berbagai playground anak-anak khususnya untuk indoor playground, outdoor playground, inflatable castle (rumah balon), rumah pohon, soft playground, baby gym, rubber mats, EPDM mats, waterpark waterboom, trampoline park, wahana bermain anak, dan playground playgroup. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: Program Maintenance Playground

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top