logo happy play indonesia

Fungsi SNI Mainan Anak Yang Sangat Penting

SNI Mainan Anak

SNI adalah kependekan dari Standar Nasional Indonesia. SNI merupakan satu-satunya standar kualitas yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan sesuai dengan mutu yang telah ditetapkan oleh BSN (Badan Standardisasi Nasional). Penerapan SNI ini sifatnya tidak memaksa, namun menjadi penting dan perhatian bagi konsumen untuk mendapatkan jasa atau produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi maupun digunakan pelanggan. Karena dengan adanya SNI ini artinya mutu dari suatu jasa atau produk telah lolos uji dan dapat diartikan SNI melindungi kepentingan umum, keamanan negara, perkembangan ekonomi nasional, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup. 

Baca juga: Pentingnya Sertifikasi Mainan Anak Untuk Keselamatan

Credit: img.shockblast.net

Fungsi SNI Mainan Anak

Standar SNI pada mainan anak berfungsi untuk menjaga anak dari bahan atau material yang membahayakan. Mainan anak memiliki bentuk yang beragam, dari yang paling kecil sampai paling besar. Anak-anak saat bermain mainan terkadang belum mengerti apa itu mainan, karena ukurannya kecil dan warnanya menarik anak suka menggigit mainan, menjilat atau melemparkan mainan tersebut. Karena hal itu, bahan atau material mainan anak harus aman dari bahan kimia berbahaya. Bahan kimia pada mainan anak menjadi sorotan ilmuwan, Science Alert pada tahun 2021 menemukan ada lebih dari 100 bahan kimia yang berbahaya dalam mainan plastik anak yang dapat menimbulkan risiko kesehatan anak-anak. Selain kesehatan, Standar SNI pada mainan anak menjadi nilai plus bagi pebisnis, karena menjadi tanda bahwa produk tersebut memiliki keunggulan (value added) dan melindungi hak konsumen. 

Credit: Statik.tempo.co/data

Pentingnya SNI Mainan Anak

Meningkatkan Daya Saing Industri Mainan Secara Nasional

Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan salah satu instrumen untuk memacu daya saing industri sekaligus menjaga keselamatan konsumen. Pemberlakuan SNI secara wajib yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian selain mempertimbangkan aspek keselamatan, keamanan, kesehatan, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup, juga mempertimbangkan aspek daya saing produksi nasional dalam persaingan usaha yang sehat, kemampuan dan kesiapan dunia usaha nasional, serta memperhatikan kepentingan nasional lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Melindungi Anak dari Bahan Berbahaya

Pemberlakukan SNI pada mainan penting untuk melindungi anak dari bahan berbahaya. Adanya era perdagangan bebas ini menyebabkan mudahnya keluar masuk barang produk-produk impor salah satunya produk mainan anak yang menguasai pasar di Indonesia yang berdampak terhadap konsumen, banyak mainan murah menarik yang beredar di pasaran dan menjadi perhatian konsumen, namun bahan dan material mainan tersebut belum tentu lolos uji pengecekan dan tidak semuanya aman untuk anak. Maka dari itu standarisasi SNI penting untuk melindungi anak dari bahan berbahaya. 

Mari tumbuhkan kesadaran diri saat membeli mainan untuk keamanan dan kesehatan anak, kami Happy Play Indonesia menjual mainan anak dan playground berkualitas yang telah lolos uji lab dan memiliki sertifikasi SNI ISO 8124-1, 8124-2, 8124-3, 8124-4 tahun 2010. Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya.  

Baca juga: 7 Standar SNI Mainan Anak yang Wajib Dimiliki

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top