logo happy play indonesia

Pentingnya Sertifikasi Mainan Anak Untuk Keselamatan

Sertifikat Mainan Anak

Pernahkah Anda perhatikan sertifikat mainan anak?

Tahukah Anda bahwa mainan anak perlu memiliki sertifikat SNI?

Sertifikat SNI bukan hanya dimiliki oleh produk helm saja, sertifikat SNI juga penting dimiliki pada mainan anak dan playground. Meski hal ini penting untuk diperhatikan, namun masih banyak orang yang belum sadar dan belum tahu bahwa mainan anak harus memiliki izin dan sertifikat SNI.  

Mengapa Standar SNI Penting untuk Mainan Anak?

BSN atau Badan Standarisasi Nasional telah menetapkan sejak 1 Mei 2014 bagi para pelaku usaha dan distributor wajib menerapkan SNI mainan dan memastikan bahwa produk mainan anak yang diproduksi dan dijual memenuhi ketentuan SNI. Penerapan standarisasi SNI pada mainan dan playground anak dilakukan untuk melindungi anak dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan agar terhindar dari bahan dan kandungan berbahaya yang terdapat pada mainan dan playground anak. Untuk melindungi kesehatan, keselamatan dan keamanan anak saat bermain, Happy Play Indonesia perusahaan mainan dan playground anak berkualitas, juga telah mengantongi izin dan standar SNI yang menjamin keamanan anak saat bermain, karena telah melewati berbagai proses yang panjang, harus lolos tahap uji baru lembaga sertifikasi produk (LSPro) mengeluarkan sertifikat SNI. 

Beberapa Contoh Standar Sertifikasi Mainan Anak

1. SNI ISO 8124 

Standar ini berlaku untuk mainan pada saat awal diterima konsumen, dan sebagai tambahan. Selain itu, aturan ini menerangkan kriteria yang dapat diterima untuk karakteristik struktur mainan, seperti bentuk, ukuran, kontur, pengaturan jarak (misalnya kerincingan, bagian-bagian kecil, ujung dan tepi tajam, dan celah garis engsel) sebagaimana kriteria yang dapat diterima untuk sifat tertentu dari beberapa kategori mainan. Seperti nilai energi kinetik maksimum untuk proyektil yang ujungnya tidak memantul (non-resilient tipped projectile) dan sudut ujung minimum (minimum tip angles) untuk mainan yang dinaiki (ride-on toys). 

2. SNI ISO 8124

Mengatur tentang kategori bahan mudah terbakar yang dilarang digunakan pada semua mainan, dan persyaratan mudah terbakar pada mainan tertentu ketika terkena sumber api yang kecil.

3. SNI ISO 8124

Menentukan persyaratan maksimum dan metoda sampling dan ekstraksi sebelum uji untuk migrasi dari unsur antimoni, arsen, barium, kadmium, kromium, timbal, merkuri dan selenium dari bahan mainan dan bagian mainan kecuali bahan yang tidak dapat diakses. 

4. SNI ISO 8124

Menetapkan persyaratan dan cara uji mainan aktivitas untuk penggunaan keluarga yang ditujukan bagi anak-anak di bawah 14 tahun untuk bermain di dalamnya. Produk yang tercakup termasuk ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, korsel atau komedi putar, tunggangan bergerak, papan panjatan, ayunan bayi, dan produk lainnya yang ditujukan untuk menahan beban satu atau lebih anak.

5. SNI IEC 62115:2011

(Mainan elektrik) mengatur keamanan menetapkan persyaratan mutu yang setidaknya menyangkut fungsi tersendiri pada mainan yang menggunakan perangkat elektrik. 

6. SNI 7617:2010

(Tekstil) Persyaratan zat warna azo, kadar formaldehida dan kadar logam terekstraksi pada kain untuk pakaian bayi dan anak. Standar ini menetapkan persyaratan mutu zat warna azo dan kadar formaldehida pada kain untuk pakaian bayi dan anak dari berbagai jenis serat tekstil meliputi kain tenun dan kain rajut. 

7. SNI EN 71-5 

Keamanan mainan bagian ketujuh ini mengenai: Chemical toys (sets) other than experimental sets. 

Mengapa Sertifikasi SNI Penting untuk Bisnis?

Standarisasi SNI sangatlah penting untuk perkembangan bisnis, baik bisnis yang menjual produk maupun jasa. Kepemilikan standarisasi SNI tidak mudah didapatkan, ada tahap dan proses yang harus disiapkan untuk mendapatkan lisensi SNI tersebut. Perusahaan maupun lembaga yang memiliki standarisasi SNI diartikan memiliki kepedulian terhadap pelanggan atau konsumennya, mencerminkan sebagai perusahaan yang memiliki mutu, value yang tinggi dan kredibilitas dimata konsumen atau stakeholders juga memiliki daya saing tinggi serta terhindar dari jerat hukum yang dapat menimbulkan kerugian bagi pengusaha, perusahaan atau lembaganya. 

Itulah pentingnya sertifikat SNI bagi keamanan anak saat bermain dan bagi bisnis Anda, Happy Play Indonesia telah memiliki sertifikat keamanan dan keselamatan anak bermain dengan SNI dan ISO 9001. Playground aman dan berkualitas bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi website resmi Happy Play Indonesia. Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 7 Standar SNI mainan anak 

Baca juga: Perusahaan Playground Bersertifikat

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top