logo happy play indonesia

3 Resiko Tidak Menggunakan SNI Mainan Anak

Masih belum banyak yang menyadari pentingnya SNI pada mainan anak, padahal ini dapat meningkatkan resiko berbahaya pada kesehatan, keamanan dan perkembangan anak. Kesadaran orang tua modern atas pentingnya gerak aktif anak semakin meningkat baik itu ketika di luar maupun di dalam rumah. Gerak aktif anak sebagian besar bergantung pada saat mereka sedang bermain dan terbantu dengan adanya playground maupun mainan anak. Namun, isu tersebut sebanding dengan berita maraknya bahan kimia yang berbahaya yang terdapat pada mainan anak. Bahan berbahaya tersebut menimbulkan resiko pada keamanan dan kesehatan anak. 

Baca juga: Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO – Happy Play Indonesia

Resiko Mainan Tidak Berstandar SNI

Credit: cdn.popmama.com

Menghambat Pertumbuhan Anak

Mainan tanpa sertifikat SNI terindikasi zat kimia berbahaya. Zat-zat kimia yang dimaksud seperti timbal (Pb), mercuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromim (Cr). Penggunaan bahan berbahaya dalam produk mainan bisa menimbulkan banyak masalah dan dapat menghambat pertumbuhan anak. Bahan berbahaya timbal dapat masuk ke tubuh manusia biasanya melalui dihirup, ditelan, atau diserap kulit. Dari sini, timbal yang dihirup akan diserap tubuh, sedangkan timbal yang ditelan biasanya diserap sebesar 20–70%, dan anak menyerap lebih banyak dibanding orang dewasa, hal ini juga dapat menimbulkan keracunan pada anak. 

Credit: s3.theasianparent.com

Meningkatkan Resiko Kerusakan Otak

Dari berbagai literatur ilmiah dan ratusan penelitian jumlah bahan-bahan kimia yang diduga menyebabkan masalah-masalah perkembangan syaraf pada anak-anak telah meningkat dan meningkatkan resiko kerusakan otak. Bahan-bahan beracun itu ternyata ada di lingkungan sekitar kita, termasuk bahan anti api yang digunakan untuk kasur, tirai, karpet, pakaian dan mainan anak, serta pencair pada larutan pembersih.

Credit: cdn1.katadata.co.id/

Menimbulkan Resiko Penyakit Kanker pada Anak

Uji lab sebelum mendapatkan sertifikasi SNI pada mainan anak sangat penting agar terhindar dari bahan dan zat berbahaya. Sebuah penelitian dari Technical University of Denmark (DTU) menyatakan ada 419 bahan kimia yang ditemukan dalam bahan plastik keras, lunak dan berbusa pada mainan anak-anak yang bisa menyebabkan penyakit termasuk penyakit kanker pada anak. Meski sudah ada aturan dan Undang-Undang yang mengatur hal tersebut, ternyata masih banyak mainan yang tidak berstandar dan berbahaya yang tersebar di pasar maupun penjual mainan anak lainnya. 

Mainan tanpa sertifikasi SNI sangatlah beresiko terhadap kesehatan anak secara jangka pendek maupun jangka panjang. Peran orang tua dalam memilih dan memilah mainan anak sangat penting, namun tak perlu risau karena kami Happy Play Indonesia mengedepankan keamanan dan kualitas produk mainan anak. Happy Play Indonesia merupakan perusahaan ONE STOP SERVICE, melayani konsultasi, plan, design, pembuatan, instalasi, dan maintenance. Terdapat berbagai produk yang ditawarkan seperti Playground Indoor, Playground Outdoor, Soft Play sampai pada Water Park dan Water Play. Terus update dan baca artikel Happy Play indonesia lainnya. 

Baca juga: Standar SNI Mainan Anak

Baca juga: Jual Playground Berkualitas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top