logo happy play indonesia

Kriteria Playground Berkualitas yang Harus Anda Tahu

Kriteria playground berkualitas happy play indonesia

Memilih playground haruslah yang bermutu dan berkualitas. Misalnya ketika memilih makanan pasti kita akan cari tahu dulu tentang makanan tersebut, bahannya, cara masaknya, apakah makanan itu enak atau tidak bahkan mencari tahu apakah makanan itu layak dikonsumsi dan tercatat di BPOM atau tidak.

Ilustrasi kondisi di atas dapat menggambarkan kondisi pemakaian playground, apalagi ini digunakan untuk anak-anak, pasti harus punya standar kualitas yang tinggi. Kualitas produk playground sangat penting, karena akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan dan membantu pelanggan membangun playground yang nyaman dan aman. 

Sarulla Operations LTD, Tapanuli Utara- Project Outdoor Playground Happy Play Indonesia
Sarulla Operations LTD, Tapanuli Utara- Project Outdoor Playground Happy Play Indonesia

Bagaimana Cara Memilih Playground Berkualitas?

Produk berkualitas khususnya playground tidak banyak dan sulit ditemukan. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat temukan playground berkualitas hanya di Happy Play Indonesia.

Mengapa kualitas playground harus diperhatikan oleh produsen? karena Kualitas produk penting bagi pelanggan yang bergantung pada perhatian perusahaan terhadap detail dan permintaan pelanggan. 

Konsumen mengharapkan produk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka menginginkan produk yang membantu mereka, produk berkualitas memberi pelanggan cara yang aman dan efektif untuk memecahkan masalah mereka.

Playground anak berkualitas dan aman
Gurita Playground and Board Game Cafe – Happy Play Indonesia

Kriteria Playground Berkualitas

Indonesia telah menetapkan standar keamanan pada playground, tercantum pada peraturan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan ISO (International Organization for Standardization) sebuah aturan yang berlaku pada dunia internasional. 

ISO dan SNI merupakan dua hal yang tidak boleh dipisahkan, karena ini menentukan kualitas dan keamanan pada suatu produk. Masih banyak kriteria playground berkualitas lainnya.

Baca juga: 7 Standar SNI Mainan Anak yang Wajib Dimiliki 

1. Tidak Goyah

Salah satu dari banyaknya kriteria playground berkualitas adalah keamanan, dimana besi atau perangkat pada playground terpasang kencang dan tidak mudah goyah. 

Kita tahu playground adalah sebuah taman bermain yang dimainkan anak-anak, dilalui, dilompati dan dibebani oleh berat badan anak yang statis, maka dari itu diperlukan playground yang aman, dan mampu menopang bebas dan pergerakan anak-anak ketika bermain. 

2. Mur dan Baut tidak mudah Kendor

Penggunaan dan pemasangan mur atau baut pada playground merupakan hal penting untuk menyatukan perangkat satu dengan perangkat lainnya pada playground. 

Kriteria playground yang berkualitas lainnya yaitu menggunakan mur dan baut yang berkualitas, kuat, dan tidak mudah kendor. Kita tahu bahwa playground dimainkan oleh anak-anak yang aktif bergerak kesana dan kemari. 

Baca juga: Manfaat Playground Untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

3. Menggunakan Besi Galvanis

Untuk mendirikan playground yang kokoh, kita membutuhkan tiang besi terbuat dari besi galvanis. Penggunaan besi galvanis merupakan salah satu kriteria playground berkualitas. 

Pipa galvanis adalah salah satu jenis pipa yang sering digunakan untuk keperluan industri dan konstruksi bangunan yang kuat, punya ketahanan tinggi sehingga tidak mudah terkena korosi, dan karat jika di tempat di luar ruangan. 

4. Menggunakan Foam Pipe 

Selain dari segi keamanan, kriteria playground berkualitas lainnya adalah playground yang memikirkan kenyaman anak-anak saat bermain. 

Penggunaan foam pipe pada playground berfungsi sebagai pelindung besi untuk menutupi besi, dan melindungi anak dari cidera terkena besi. 

Penggunaan foam pipe juga dapat menambah kenyamanan anak saat bermain karena foam pipe biasanya punya banyak warna yang menarik hati anak-anak. 

5. Menggunakan Bahan Plastik LLDPE

Kriteria lain dari playground berkualitas adalah dengan menggunakan bahan plastik LLDPE. LLDPE merupakan kependekan dari Linear Low-Density Polyethylene (LLDPE) yaitu bahan plastik yang paling fleksibel dibanding bahan lainnya dan banyak digunakan dalam industri kemasan, industri plastik, industri kabel hingga playground anak.

Penggunaan plastik LLDPE memiliki keunggulan, dan kekuatan yang tinggi terhadap benturan, tusukan, dan faktor lingkungan eksternal atau internal karena fleksibilitas dan kekuatan tariknya yang unggul dengan fungsi yang beragam, sekaligus dapat membuat anak nyaman saat bermain.

6. Cat Tidak Mudah Luntur

Kriteria berkualitas tak cukup sampai disitu, indikator lainnya ada pada cat. Playground dapat dikatakan berkualitas apabila cat pewarna yang digunakan pada playground tahan lama dari segala cuaca, tidak mudah luntur, terbuat dari bahan-bahan yang aman dan sudah teruji oleh SNI (Standar Nasional Indonesia) maupun ISO (International Organization for Standardization).

Cat yang dimaksud di sini adalah cat pewarna untuk outdoor playground indoor playground, misalnya warna pada perosotan yang sering ditemui beragam warnanya, lalu ada pula warna kain playground yang melapisi besi pada indoor playground. Ada banyak detail material playground lain sebagai pendukung playground yang berkualitas, mau tahu lebih dalam? Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga: 

Detail Material Playground yang Happy Play Indonesia

Manfaat Playground untuk Anak dan Berbagai Fasilitas

Jasa Pembuatan Playground Indoor Bergaransi dan Bersertifikat

Bagikan Artikel Ini: