logo happy play indonesia

Mengenal Apa Itu Indoor Playground dan Jenis Permainannya

Mengenal Apa Itu Indoor Playground dan Jenis Permainannya

Perkembangan dan cara mengajak anak main dari zaman ke zaman memiliki perbedaan, sayangnya saat ini banyak anak-anak yang kecanduan game online sampai lupa berinteraksi dengan teman-temannya. Karena kondisi seperti ini, Anda perlu mengajak anak bermain di area indoor playground atau outdoor untuk meningkatkan kemampuan si kecil secara mental dan fisik. Tahukah apa itu indoor playground?

Apa itu Indoor Playground?

Indoor playground adalah tempat bermain di dalam ruangan merupakan arena atau ruang bermain anak yang ada di dalam ruangan yang dilengkapi beberapa jenis permainan edukatif dan inspiratif mampu mengasah perkembangan anak. Indoor Playground sendiri adalah istilah dari Bahasa Inggris yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu tempat bermain di dalam ruangan.

Playground sangat diminati anak-anak, dan umumnya memang dibuat khusus untuk anak-anak bermain. Tempat bermain anak ini memiliki beragam jenis dan tipe yang berbeda, seperti indoor playground dan outdoor playground untuk di darat, waterplay atau waterpark untuk di air. Jenis permainan indoor playground juga sama, memiliki beberapa jenis dengan keunggulan yang membuat anak ketagihan bermain. Lalu, apa saja jenis permainan Indoor Playground? Baca terus ya. 

Baca juga: Aturan Bermain di Playground, Pahami Sebelum Ajak Anak Main

Jenis Permainan Indoor Playground

Indoor playground merupakan taman bermain anak di dalam ruangan yang memiliki banyak jenis permainan, diantaranya. 

Perosotan happy play indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Permainan Indoor Playground Perosotan dan mandi bola

1. Perosotan

Perosotan atau biasa dikenal dengan seluncuran yang merupakan jenis permainan pada indoor playground maupun outdoor playground. Seluncuran adalah permainan taman bermain yang disukai anak-anak.

Bermain perosotan dapat meningkatkan kemampuan anak, membantu mengintegrasikan berbagai keterampilan dan indera perkembangan anak. 

Sebelum anak mencapai perosotan, ada tangga yang harus dinaiki, nah! hal ini dapat membangun koordinasi, keseimbangan dan kekuatan pada lengan dan kaki anak.

2. Mandi Bola

Jenis permainan indoor playground lain yang disenangi anak ada area mandi bola. Dalam permainan ini anak akan berendam di bak bola warna-warni, dan mencipratkan bola-bola kepada teman mainnya seperti bermain air. Anak yang bermain mandi bola akan memiliki pengalaman baru, dan membantu perkembangan sensorik anak dan kemampuan lainnya. 

Trampolin Happy Play Indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Permainan Indoor Playground Trampolin

3. Trampoline

Jenis permainan indoor playground selain mandi bola ada pula trampolin. Permainan trampolin punya beberapa kategori, ada yang untuk anak-anak ada pula untuk dewasa, dan P sangat ideal digunakan untuk unjuk kemampuan.

Punya bentuk yang beragam seperti lingkaran maupun kotak dan ukuran yang berbeda-beda, anak atau orang dewasa dapat melompat-lompat tinggi di atas trampolin. 

Baca juga: Manfaat Bermain Trampolin untuk Anak Ternyata Banyak dan Seru

4. Panjat Dinding

Panjat dinding atau yang biasa dikenal dengan Wall Climbing adalah jenis permainan yang ada di indoor playground, jenis permainan yang disukai anak-anak dan memberikan tantangan tersendiri untuk anak karena  berada di ketinggian.

Panjat dinding pada indoor playground punya banyak manfaat, melintasi dinding tidak hanya mendorong permainan aktif tetapi juga menantang anak-anak untuk berpikir kritis saat mereka mencoba melintasi dinding dengan aman, menempatkan kaki mereka dengan kuat dari satu langkah ke langkah lainnya saat mereka memanjat melintasi dinding.

Tiang gelantung monkey bars happy play indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Permainan Indoor Playground Monkey Bars

5. Tiang Gelantung 

Bermain yang menyehatkan bisa anak Anda dapatkan saat bermain tiang gelantung atau monkey bars di indoor playground. 

Cara memainkan permainan ini cukup mudah, anak hanya perlu menggantung dan memegang tiang dengan kuat, lalu tangan secara bergantian berpindah posisi seperti halnya monyet yang bergantung. 

Jenis permainan monkey bars dapat memperkuat otot tertentu seperti otot lengan, otot leher dan lainnya. 

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik juga

Pilihlah Perusahaan Indoor Playground Berpengalaman dan Memiliki Sertifikasi

Bermain di indoor playground memang menyenangkan, ada banyak jenis permainan yang mendukung kemampuan dan keterampilan anak. Namun perlu diperhatikan sebelum mengajak anak bermain di playground, pastikan terlebih dahulu playground tersebut dibuat oleh siapa, sudah berapa lama mengerjakan project playground, dan apakah perusahaan playground tersebut memiliki sertifikasi dari SNI dan ISO.

Mengapa kita perlu memperhatikan seberapa berpengalaman perusahaan playground dan sertifikasi apa yang dimiliki perusahaan playground tersebut? Karena kedua hal itu menjadi pertimbangan penting, dan menandakan bahwa indoor playground yang dibuat sudah lolos uji kelayakan dan aman dimainkan anak. 

Salah satu perusahaan playground terbesar di Indonesia adalah Happy Play Indonesia sudah memiliki sertifikasi SNI dan ISO. Happy Play Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada pelayanan, distribusi, termasuk perbaikan playground yang telah berdiri sejak 2005.

Mengawali bisnis dari dunia playground anak-anak, Happy Play Indonesia kini tumbuh dan berkembang jadi perusahaan One Stop Service yang melayani konsultasi playground secara bisnis maupun desain, melakukan planning, desain, pembuatan, pemasangan playground, perbaikan playground dan berbagai kebutuhan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan anak. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga: 

Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO 

Detail Material Playground 

Kemudahan Bisnis Playground, Tidak Ada Matinya

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground

Produk Terkait