logo happy play indonesia

Manfaat dan Pentingnya Problem Solving Bagi Anak

Ilustrasi Anak Main Puzzel

Kemampuan Memecahkan Masalah Anak

Siapa bilang anak kecil tidak memiliki masalah? Tentu tidak!. Anak kecil sama dengan halnya orang dewasa yang memiliki masalah. Bedanya, permasalahan anak tidak sama dengan permasalahan orang dewasa. Orang dewasa biasanya memiliki permasalahan seputar kehidupan, mengenai dunia pekerjaan, keluarga, anak, orang dan sebagainya. Kalau anak kecil permasalahan yang dimiliki biasanya mengenai dunia sekolah, kehidupan di keluarga dan pertemanannya, misalnya ditegur guru karena lupa membawa PR atau bertengkar dengan temannya di sekolah. Nah, pada kondisi seperti ini orang tua tidak bisa ikut campur, sebagai orang tua kita perlu melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalahnya sendiri sedini mungkin.  Kemampuan memecahkan masalah yang baik sejak dini dapat membantu dan mempengaruhi tumbuh kembang dan juga kemampuan sosial serta life skills anak ke depannya.

ilustrasi anak berpikir saat bermain puzzle
Credit: familyeducation.com

Pentingnya Problem Solving Bagi Anak 

Problem solving merupakan istilah dari bahasa Inggris yang berarti memecahkan masalah. Pemecahan masalah pada anak sangat dibutuhkan. Beberapa penelitian menyebutkan, jika seorang anak memiliki keterampilan problem solving yang baik cenderung akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, cerdas, kreatif, penuh empati, dan memiliki mental yang sehat. Dengan begitu, saat dewasa, mereka akan mampu menghadapi berbagai tantangan yang akan datang dalam hidupnya dengan baik. Kemampuan problem solving pada anak bermanfaat untuk menyelesaikan masalah mereka sehari-hari. Selain itu kemampuan problem solving juga bermanfaat saat anak sedang mengeksplorasi dunianya, atau saat anak mengerjakan tugas disekolah.

ilustrasi anak bermain
Credit: educationalplaycare.com

Cara Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak

Melatih anak dalam memecahkan masalah dapat dilakukan menggunakan alat dan permainan yang seru, seperti:

1. Puzzle

puzzle
Credit: i.ytimg.com

Puzzle merupakan permainan yang cara memainkannya dengan menyusun gambar. Awalnya gambar tersebut utuh dan lengkap, kemudian dicopot dari tempatnya, kemudian anak menyusun gambar sesuai atau seperti gambar semula. Melalui media puzzle bermanfaat bagi anak dapat mengasah otaknya dengan mencari, menemukan, menyusun strategi, mencocokkan bentuk, melatih kesabaran dan telah memecahkan masalah sederhana yaitu menyelesaikan kepingan puzzle secara mandiri dan selesai dengan benar. 

2. Maze

ilustras labirin
Credit: kidsactivities.online

Maze merupakan sebuah permainan yang menggunakan lajur berliku dan juga sempit. Permainan ini juga dapat menemukan jalan buntu ataupun rintangan. Maze yang terbuat dari kertas karton lengkap dengan berbagai perintah seperti menemukan jalan menuju rumah, jalan menuju ke sekolah, mencocokkan makanan untuk hewan, mencocokan warna buah dan lainnya. Anak hanya membutuhkan pensil untuk memperjelas jalan atau lajur yang dipilih supaya lebih jelas dengan perintah yang ada di maze tersebut.

3. Permainan Bongkar Pasang

ilustrasi anak bermain bongkar pasang
Credit: infopublik.id

Media bongkar pasang adalah alat permainan edukatif yang dapat merangsang berbagai kemampuan anak (aspek perkembangan anak), permainan ini dimainkan dengan cara membongkar kepingan bongkar pasang lalu memasang (mencocokkan) berdasarkan pasangannya, baik permainan bongkar pasang dua dimensi atau permainan bongkar pasang tiga dimensi. Permainan bongkar pasang sangat penting dalam mengembangkan aspek-aspek perkembangan pada anak usia dini dan proses penggunaannya juga sangat mudah bagi anak usia dini. Aspek yang dikembangkan yaitu aspek kognitif saat anak memikirkan susunan yang mana yang akan dicocokkan dari permainan bongkar pasang tersebut.

4. Tangram

permainan tangram
Credit: 1.bp.blogspot.com

Tangram merupakan permainan edukatif di bidang matematika. Permainan ini dikenal permainan yang sudah lama dan cukup banyak dikenal oleh masyarakat luas. Kata Tang dan Gram yang artinya tujuh keping ajaib, di dunia modern biasa disebut sebagai puzzle China. Permainan ini terdiri dari tujuh keping geometri aneka warna yang sangat bermanfaat dalam pendidikan usia dini, aneka bentuk geometri seperti bentuk bujur sangkar, persegi panjang, segitiga, dan aneka bentuk geometri lainnya.

Manfaat Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Anak

1. Membantu anak memiliki kemampuan berpikir secara sistematis

2. Membantu anak agar tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

3. Agar anak memiliki kemampuan berpikir kritis

4. Menjaga kesehatan mental anak

5. Melatih anak menjadi mandiri. 

6. Membangun karakter anak.

7. Berguna untuk mengembangkan motorik halus pada anak. 

8. Melatih koordinasi dan ketelitian anak.

9. Melatih kemampuan kognitif dalam berpikir dan berkreatifitas sehingga anak dapat berkembang dengan baik.

10. Dapat melatih konsentrasi, meningkatkan serta mengembangkani aspek-aspek perkembangan kecerdasan dan kemampuan.

Kemampuan memecahkan masalah anak dapat dilakukan secara asik melalui permainan. Jika anak dapat memecahkan masalahnya sendiri, saat tumbuh dewasa Ia akan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungannya. Ingin dapatkan informasi dan update dari Happy Play IndonesiaP, baca artikel lainnya dengan klik link di bawah. 

Baca Juga: Tingkatkan Kreativitas Anak dengan Cara yang Menyenangkan Melalui Playground

Baca Juga: Manfaat Playground Untuk Anak Dan Memilih Playground Yang Berkualitas

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top