logo happy play indonesia

Diadaptasi Dari Belanda, Ini Cara Main Bola Bekel

Permainan Bola Bekel 

Saat duduk dibangku SD, pernahkah kamu memainkan permainan bola bekel? Ya, pasti sebagian besar pernah memainkan bola bekel. Permainan bola bekel cukup terkenal di kalangan anak-anak. Bola bekel sendiri merupakan permainan tradisional yang telah tersebar di hampir seluruh Indonesia, usut punya usut permainan bola bekel ini adalah hasil dari pengaruh dari budaya Belanda, karena kata bekel sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni bikkelspel atau bikkelen. Permainan bekel, dimainkan dengan melemparkan sebuah bola ke atas dan menangkapnya kembali menggunakan satu tangan. Namun disaat bersamaan harus mengambil satu per satu atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan permainan.  Biji-biji ini bisa berupa benda keras seperti logam, tulang, kerang mati yang kecil atau yang lainnya. Permainan ini kemudian berkembang di daerah Jawa. Biasanya bekel dimainkan oleh 2 hingga 4 orang pemain dengan aturan-aturan yang telah disepakati bersama. Bola yang digunakan biasanya yang terbuat dari karet dan biji bekel yang berjumlah 6 sampai 10 buah. Penggunaan bahan karet atau plastik pada bola bekel bertujuan agar saat dilempar ke atas bola akan memantul jika jatuh ke bawah atau permukaan lantai.Meskipun permainan bekel ini sederhana namun dapat melatih untuk berpikir strategi, ketangkasan, kejelian dan kejujuran. Masih ingatkah cara memainkannya? baca lebih lengkap caranya.

 

 

Credit: https://i.ytimg.com

Cara Main Permainan Bola Bekel

1. Hal yang pertama harus kamu siapkan adalah bola bekel dan enam biji bekel atau sebutan lainnya kuwuk. Biasanya biji bekel terbuat dari plastik, besi, cangkang kerang kecil, dan lainnya. 

2. Permainan ini bisa dilakukan sendiri maupun secara tim sesuai keinginan kamu. Apabila main secara tim, kamu perlu membaginya menjadi dua tim agar semakin dapat merasakan keseruan pertandingan. Jika kamu ingin main bekel secara individu tapi dengan teman, kamu bisa lakukan hompimpa atau suit untuk menentukan siapa yang akan main pertama, kedua dan seterusnya.

3. Langkah ketiga, peganglah bola bekel beserta biji bekel dalam satu genggaman tangan, lalu lemparkan ke atas bola bekelnya, taruh biji bekel di lantai dan tangkap bola bekel menggunakan satu tangan. Kalau kamu tidak sempat mengambil biji dan bola sudah turun duluan artinya kamu kalah dan kamu bisa memberikannya kepada pemain lain.

4. Lemparkan lagi bola bekel ke udara, sambil bola melambung ambil satu biji bekel dan terus digenggam. Lakukanlah secara terus-menerus sampai seluruh biji bekel berada dalam satu genggaman. Jika sudah, itu artinya level satu permainan bola bekel sudah kamu lewati.

5. Mainkan terus bekel seperti langkah-langkah di atas, jangan sampai bola bekel jatuh ke lantai, karena kalo bola bekel jatuh ke lantai secara langsung gugur dan harus memberikan kesempatan untuk memainkan bola bekel kepada teman kamu selanjutnya. 

6. Setelah level satu dilalui pemain, selanjutnya pemain harus melewati tahap kedua. Pada level pertama, pemain harus mengambil biji bekel saja secara acak, namun pada    permainan bola bekel level atau tahap ke dua, pemain harus menyusun dan merapikan biji bekel dengan menunjukkan posisi yang sama, misalnya ada biji bekel yang tergeletak harus didirikan kembali. Beda lagi pada tahap ketiga, pada level ketiga para pemain harus merapikan biji bekel sesuai sisi-sisinya karena tiap sisi bekel memiliki perbedaan. Menyelam sambil minum air, permainan bola bekel bukan hanya seru tapi juga membantu dalam proses perkembangan anak, berikut manfaat permainan bola bekel bagi anak.

Baca juga: 10 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru dan Cara Mainnya

 

 

Credit: https://i.ytimg.com

Manfaat Permainan Bola Bekel Bagi Anak

1. Dapat melatih gerak motorik serta keterampilan anak dalam mengatur ritme waktu pada saat melempar bola dan pada saat menyebar biji kemudian diambil biji pada saat bola masih di lempar.

2. Dapat menumbuhkan jiwa sosial. Jiwa sosial ini akan tertanam dengan sendiri saat anak bermain dan berinteraksi dengan temannya.

3. Melalui permainan bola bekel, anak dapat melatih kemampuan berpikir strategi.

4. Melatih konsentrasi anak. Permainan bola bekel membutuhkan konsentrasi dan indera penglihatan antara bola yang dilempar dengan biji yang disebar, dengan begitu anak harus berkonsentrasi agar dapat mengambil bola bekel. 

5. Meningkatkan ketangkasan anak. Saat menangkap bola bekel, dibutuhkan kecepatan tangan untuk bisa mengambil biji dan bola dalam waktu yang bersamaan

6. Melatih anak untuk jujur dalam bermain. Setiap permainan memiliki aturannya, melalui permainan orang tua dapat melatih anak untuk jujur dan tidak bermain curang. 

Itulah cara bermain dan manfaat dari permainan bola bekel. Jika dimainkan secara konsisten hal ini dapat meningkatkan ingatan yang lebih kuat dan terbentuk kebiasaan bersikap jujur. Baca artikel lainnya untuk mendapatkan update dan informasi dari Happy Play Indonesia.

Baca juga: Beragam Manfaat Permainan Tradisional Bagi Anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top