Mengetahui Manfaat dari Permainan Edukasi Anak TK

permainan edukasi anak tk

Menyediakan mainan atau permainan edukasi anak TK sangat penting bagi Anda para orangtua yang punya anak usia TK.

Orang tua generasi sekarang memang lebih selektif dalam memilihkan mainan untuk buah hatinya. Tak asal membuat anak senang namun juga memiliki unsur edukatif.

Mainan edukatif yang juga disingkat dengan istilah APE yakni Alat Permainan Edukatif kemudian menjadi prioritas.

Semakin kesini jenis dari APE ini semakin beragam, dan orang tua manapun dijamin lega dibuatnya. Sebab bisa lebih leluasa untuk memilihkan mainan kaya manfaat bagi si kecil.

Tak perlu ragu untuk menyediakan lebih banyak APE di rumah bagi anak, karena meski dari segi harga lebih mahal dibanding mainan biasa.

Namun manfaat dari APE ini jauh lebih beragam dan tentunya menguntungkan, sehingga menjadi investasi terbaik yang bisa dilakukan para orang tua.

Manfaat Permainan Edukasi Anak TK

Secara umum permainan edukasi anak TK memberikan beberapa manfaat menarik sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kreativitas Anak

Memilihkah mainan edukatif untuk buah hati yang berumur TK adalah langkah tepat. Manfaat pertama yang ditawarkan oleh mainan jenis ini adalah kemampuannya merangsang kreativitas anak.

Bermain mainan edukatif membantu anak berpikir lebih kreatif untuk memecahkan permasalahan. Sebab mainan jenis ini akan menghadapkan suatu masalah di depan si anak.

Sehingga terlatih untuk berpikir bagaimana mengatasi masalah tersebut, dan bagaimana mengatasinya secara kreatif.

2. Melatih Kemampuan Motorik

Menyediakan permainan yang sifatnya edukatif juga bisa menjadi media bagi orang tua untuk merangsang kemampuan motorik anak.

Mainan jenis ini akan merangsang keinginan anak memegang mainan dengan bentuk dan warna tertentu.

Anak bisa merasakan langsung tekstur mainan, melihat warnanya, dan tentunya meraba bentuknya. Semakin sering berinteraksi dengan mainan semacam ini maka kemampuan motorik anak semakin bagus.

Sehingga memaksimalkan masa tumbuh kembangnya agar maksimal.

3. Melatih Konsentrasi Anak

Mainan yang bersifat edukatif juga membantu anak untuk melatih kemampuannya dalam berkonsentrasi. Mainan ini akan membuat fokus anak lebih mudah didapatkan.

Anak akan fokus memainkan permainan edukasi anak TK tersebut supaya bisa segera menyelesaikannya.

Efek jangka panjang yang diberikan adalah bisa melatih kemampuan anak dalam berkonsentrasi. Konsentrasi diperlukan untuk membuat anak lebih fokus ketika di dalam kelas.

Sehingga bisa fokus ke penjelasan yang disampaikan guru di depan kelas, nantinya akan mendukung kecerdasan anak secara optimal.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Akan lebih baik jika semua orang tua cenderung selektif dalam memilihkan mainan untuk buah hatinya. Yakni dengan mengutamakan mainan edukatif untuk disediakan dalam jumlah banyak di rumah.

Sebab mainan semacam ini ternyata efektif merangsang rasa percaya diri anak untuk tumbuh.

Anak-anak perlu diakui lebih senang saat memainkan mainan yang menarik, dan hal ini disajikan oleh permainan edukatif.

Rasa senang yang dirasakan akan bertahan cukup lama meski sudah tidak bermain. Sehingga bisa mendorong rasa percaya diri pada anak untuk bersosialisasi dan menjalankan aktivitas apapun.

Anak dengan kepercayaan diri yang bagus biasanya akan lebih mudah berprestasi dan cerdas secara akademik maupun non akademik.

Anak akan lebih mudah tampil memukau di kelas maupun ketika pelajaran di lapangan. Selain itu juga lebih cakap bersosialisasi dengan teman-temannya karena merasa percaya diri setiap saat.

5. Memperkenalkan Konsep Berpikir Logis

Mengajak anak untuk memainkan permainan yang edukatif juga membantu anak berkenalan dengan konsep berpikir secara logis.

Anak akan mulai berkenalan dengan angka, sehingga bisa berhitung dengan baik dan benar.

Permainan edukatif dalam bentuk balok aneka ukuran, bisa mendorong logika anak untuk menyusun balok dengan benar.

Yakni mengutamakan balok berukuran besar sebagai bagian dasar dan yang kecil ditempatkan di atasnya. Bukan sebaliknya, karena ukuran yang besar bisa menopang balok berukuran di bawahnya.

6. Merangsang Kemampuan Anak Bersosialisasi

Khawatir anak menjadi terlalu introvert? Kekhawatiran ini dijamin dirasakan oleh setiap orang tua, karena anak yang menyendiri cenderung kurang percaya diri dan memiliki sedikit teman.

Maka silahkan memperkenalkan mainan edukatif sejak dini pada mereka.

Rupanya mainan dengan konsep edukatif akan membantu anak memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik.

Dikatakan demikian karena anak-anak cenderung lebih mudah bermain mainan yang dirasa sulit untuk dimainkan sendiri.

Sehingga akan berusaha mencari teman untuk diajak bermain bersama. Selain itu mainan jenis ini juga akan membuat anak lebih suka kegiatan bermain bersama, apalagi untuk mainan edukatif berukuran besar.

Semakin ramai semakin membuat anak menyukainya dan tanpa langsung bisa merangsang kemampuannya dalam bersosialisasi.

7. Mengenal Konsep Sebab Akibat

Menggunakan permainan edukatif untuk mendampingi pertumbuhan buah hati juga menjadi langkah terbaik. Mainan ini tak hanya menghibur dan disukai oleh anak-anak saja.

Akan tetapi juga menjadi media untuk memperkenalkan konsep sebab akibat pada anak.

Artinya lewat permainan edukasi anak TK ini maka anak bisa berkenalan dengan prinsip sebab akibat. Tidak ada sesuatu akibat yang muncul karena suatu sebab, pasti keduanya saling terkait.

Jika anak meletakan balok berwarna merah di bagian dasar dan kemudian diikuti balok kecil maka akan terlihat balok bertingkat.

Kedua balok ini bisa tersusun rapi karena anak menempatkanya demikian. Permainan apapun yang dimainkan anak tentunya memiliki konsep ini.

Sehingga anak lebih bijak dalam mengambil keputusan dan menentukan apa yang akan dilakukan dimana saja. Sehingga anak paham konsekuensi dari tindakan yang dilakukan.

Rekomendasi Mainan Edukasi yang Bisa Dipertimbangkan

Berhubung pilihan permainan edukasi anak TK sudah semakin banyak, tidak menutup kemungkinan Anda malah bingung dalam memilih. Simak beberapa rekomendasi berikut agar memilih permainan terbaik:

  • Pilih mainan yang berhubungan dengan angka, sehingga anak-anak bisa sekalian belajar berhitung dan mengenal deretan angka sejak TK.
  • Memilih mainan yang berhubungan dengan makanan, sehingga bisa menjadi media belajar bagi anak untuk mengenal manfaat dari konsumsi buah dan sayur yang lebih sehat.
  • Mainan berupa puzzle selalu menjadi rekomendasi, karena bisa merangsang kemampuan anak berimajinasi dan berpikir kreatif sekaligus merangsang syaraf motoriknya.
  • Mainan yang melibatkan fisik juga penting untuk dipilih supaya anak aktif bergerak untuk menunjang masa tumbuh kembangnya, misalnya saja mainan berupa playground.

Memilih mainan yang terbaik untuk anak-anak di usia TK sangat penting, dan usahakan memilih mainan edukatif. Pilihannya beragam, dan Anda bisa mengutamakan beberapa mainan yang disebutkan di atas.

Jika tertarik menyediakan area playground di rumah maka bisa menghubungi Happy Play Indonesia.

Pengalaman panjang kami membantu Anda untuk memperoleh playground dan mainan anak jenis lainnya dengan kualitas terbaik.

Sebab menggunakan material berkualitas dan dijamin bebas cacat yang kemudian dikerjakan oleh ahlinya. Anda pun bisa menyediakan playground yang kekinian, disukai anak, dan tentunya punya unsur edukatif sekaligus.

Segera saja hubungi kontak kami untuk pemesanan, tanya-tanya, maupun konsultasi terkait pemesanan permainan edukasi anak TK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami