logo happy play indonesia

Playground Inklusif vs Playground yang Dapat Diakses

Playground Inklusif dan Playground yang Dapat Diakses

Mengembangkan area bermain yang ramah bagi semua anak adalah aspek penting dari perencanaan komunitas yang inklusif. Dalam dunia desain playground, ada dua konsep yang sering kali terdengar perbedaan playground inklusif dan playground yang dapat diakses. Meskipun kedua istilah ini mungkin terdengar serupa, mereka memiliki perbedaan kunci dalam pendekatan dan implementasinya. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara playground inklusif yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan semua anak, dengan playground yang dapat diakses, yang fokus pada eliminasi hambatan fisik agar semua anak dapat mengakses fasilitas tersebut.

Pengertian Playground Inklusif 

Playground inklusif adalah ruang bermain yang dirancang untuk memungkinkan semua anak, termasuk mereka yang memiliki disabilitas, untuk berinteraksi dan bermain bersama secara mudah. Fokusnya bukan hanya pada aksesibilitas fisik tetapi juga pada penerimaan sosial, sehingga semua anak, tidak peduli latar belakang atau kemampuan mereka, dapat bermain bersama. 

Playground ini seringkali dilengkapi dengan peralatan yang dirancang untuk menantang dan merangsang berbagai indra, seperti sentuhan, penglihatan, dan gerakan, memastikan bahwa setiap anak dapat menikmati bermain.

Pengertian Playground yang Dapat Diakses

Playground yang dapat diakses dirancang untuk memungkinkan anak-anak dengan berbagai kemampuan fisik mengakses dan menikmati fasilitasnya. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rintangan fisik yang mungkin mencegah anak-anak ikut serta sepenuhnya, sehingga memfasilitasi akses bagi mereka yang menggunakan kursi roda atau yang memiliki keterbatasan mobilitas lainnya. 

Hal ini dicapai dengan menyediakan jalur yang lebih lebar, permukaan yang stabil, dan peralatan yang dapat diakses, seperti ayunan yang dimodifikasi dan perangkat permainan yang dipasang pada ketinggian yang sesuai.

Perbedaan Playground Inklusif dan Playground yang Dapat Diakses

Playground inklusif dan playground yang dapat diakses sering dianggap mirip, tetapi ada perbedaan kunci antara keduanya.

Playground Inklusif

  • Tujuan utama dari playground inklusif adalah untuk memastikan setiap anak, terlepas dari kemampuan atau kebutuhan khusus, dapat berinteraksi dan bermain bersama tanpa hambatan. Ini tidak hanya meliputi aksesibilitas fisik tetapi juga aspek sosial dan sensori dari pengalaman bermain.
  • Playground inklusif dirancang dengan berbagai alat permainan yang melayani spektrum luas kemampuan dan usia, memastikan bahwa semua anak bisa merasa termasuk dan bisa berpartisipasi sepenuhnya.
  • Ini mencakup elemen seperti alat permainan yang sesuai untuk anak-anak dengan spektrum autisme, peralatan sensorik, dan desain yang memudahkan interaksi sosial antara anak-anak dengan dan tanpa disabilitas.

Playground yang Dapat Diakses

  • Playground yang dapat diakses lebih fokus pada penghapusan hambatan fisik sehingga anak-anak yang menggunakan alat bantu mobilitas seperti kursi roda bisa mengakses dan menggunakan fasilitas tersebut.
  • Fasilitas seperti jalur akses yang lebar, permukaan yang rata dan stabil, serta peralatan dengan modifikasi khusus seperti ayunan kursi roda adalah beberapa ciri khas dari playground yang dapat diakses.
  • Sementara ini memungkinkan akses ke playground, fokusnya mungkin tidak sebanyak pada integrasi dan interaksi antara anak-anak dengan kemampuan berbeda seperti yang dilakukan oleh playground inklusif.

Jadi, perbedaan utamanya terletak pada ruang lingkup fokus mereka playground inklusif mengutamakan integrasi penuh semua anak, sedangkan playground yang dapat diakses lebih fokus pada keterjangkauan fisik.

Alasan Mengapa harus ada Playground Inklusif dan aksesibilitas

Anak-anak dengan disabilitas memperoleh keuntungan dari bermain secara bebas dan tanpa batas seperti anak-anak lainnya, serta berhak mendapatkan kesempatan yang setara. Playground inklusif mengatasi hambatan yang memisahkan anak-anak berdasarkan perbedaan mereka, memungkinkan mereka untuk berinteraksi dan berkembang bersama. Manfaat dari playground yang inklusif dan dapat diakses sangatlah luas, berikut adalah beberapa pertimbangan penting mengenai hal ini.

  • Menghargai Diversitas: Playground inklusif memastikan bahwa setiap anak, tidak peduli tingkat kemampuan mereka, bisa menikmati kegiatan bermain. Ini mengajarkan bahwa setiap anak berhak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman sebayanya.
  • Fasilitasi Perkembangan Sosial: Dengan mengakomodasi anak-anak dari berbagai latar belakang dan kemampuan, playground inklusif mendukung pembelajaran empati dan keterampilan sosial, penting untuk perkembangan emosional mereka.
  • Memajukan Kesehatan Fisik dan Mental: Memberikan akses ke fasilitas rekreasi untuk anak-anak dengan disabilitas memungkinkan mereka untuk terlibat dalam aktivitas fisik yang meningkatkan kesehatan keseluruhan.
  • Mengurangi Stigma: Fasilitas inklusif mengurangi stigma dengan menciptakan peluang yang sama bagi semua anak untuk berinteraksi, yang membantu membangun masyarakat yang lebih menerima dan menghargai keberagaman.
  • Kepatuhan Terhadap Regulasi: Memenuhi regulasi tentang aksesibilitas tidak hanya mematuhi hukum tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap pemerataan hak untuk semua individu.

Itulah pembahasan tentang Perbedaan Playground Inklusif dan Playground yang Dapat Diakses. Jika anda ingin mengetahui secara lengkap tentang playground, anda dapat berkonsultasi bersama kami, HPI. Konsultasikan pada konsultan playground indonesia berpengalaman lebih dari 17 tahun.

Ingin memahami lebih dalam tentang perbedaan playground inklusif dan playground yang dapat diakses? Kami siap membantu Anda. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, konsultan kami akan memberikan wawasan dan solusi terbaik untuk kebutuhan playground Anda. Klik di sini untuk mengunjungi halaman kami dan memulai konsultasi dengan Konsultan Playground Indonesia Berpengalaman, atau anda bisa klik banner yang tersedia di bawah ini.

Bagikan Artikel Ini: