logo happy play indonesia

Cara Mengembangkan Kreativitas Anak dengan Cara Mudah

Mengembangkan kreativitas anak dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Kreativitas adalah bentuk ekspresi diri yang paling bebas. Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi anak-anak selain dapat mengekspresikan diri secara terbuka. Kemampuan berkreasi, menciptakan sesuatu dari perasaan dan pengalaman pribadi, dapat mencerminkan dan memelihara kesehatan emosional anak. 

Memelihara kesehatan emosional anak dan mengembangkan kreativitas anak tidak dapat dilakukan oleh anak saja, hal ini perlu dukungan dari berbagai pihak terutama peran orang tua sebagai pendidik, fasilitator dan pengasuh dalam mengembangkan kreativitas anak sejak dini. 

Mengembangkan Kreativitas Anak Sejak Dini

Orang tua dapat melakukan berbagai cara untuk mengembangkan kreativitas anak sejak dini, dimulai belajar tentang parenting dan mendidik anak sesuai dengan usianya Usia anak pada tahun pertama kehidupan mereka dapat secara signifikan meningkatkan perkembangan kreativitas mereka dengan beberapa langkah di bawah ini.

Baca juga: Cara Paling Ampuh Latih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Sediakan tempat bermain untuk anak
Sumber: adsttc.com

1. Sediakan tempat bermain untuk anak

Bukan hal yang aneh lagi jika anak senang bermain, karena dunia anak adalah dunia bermain. Kehidupan di tahun pertama anak merupakan masa emas, dimana segala perkembangan anak dapat terlihat dan dilatih sejak dini. 

Untuk itu, orang tua perlu menyediakan tempat bermain anak yang aman dan nyaman sebagai langkah awal mengembangkan kreativitas anak, sisihkan dan jauhkan barang atau benda tajam, keras dan berbahaya, serta buatlah ruangan serapi dan sebersih mungkin agar anak nyaman, dan terbebas dari kotoran atau pun kuman.  

Baca juga: Inilah 8 Jenis Mainan Edukasi Anak PAUD yang Kaya Manfaat

2. Berikan waktu bermain

Sebagai orang tua tentu menginginkan anak yang pintar dan penurut, berprestasi dan akademik yang bagus, sehingga banyak orang tua yang rela mengeluarkan budget untuk pelajaran tambahan dan les private anak. 

Menuntut anak dalam akademik terkadang membuat anak merasa terkurung karena kurangnya waktu untuk bermain. Pendidikan memang penting, tapi kebahagiaan anak juga penting. Berilah perhatian kepada anak, dan berikan waktu bermain agar hidupnya seimbang. Karena dengan bermain dapat membantu mengembangkan kreativitas anak. 

Sediakan fasilitas pendukung melatih kreativitas anak sejak dini
Sumber: thegeniusofplay.org

3. Sediakan fasilitas pendukung

Pastikan untuk menawarkan kepada anak-anak berbagai materi dan pengalaman kreatif. Menjadi kreatif lebih dari sekadar menggambar atau melukis. Ada juga fotografi, musik, karyawisata, bekerja dengan kawat, tanah liat, kertas, kayu, air atau bayangan. 

Penting untuk memberi anak fasilitas pendukung untuk mengeksplorasi materi dan mengejar ide-ide mereka. Ini termasuk waktu untuk berpikir tentang bagaimana merencanakan, merancang, membangun, bereksperimen dan merevisi ide-ide proyek. Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk membicarakan ide-ide ini dengan orang lain – baik guru maupun anak-anak.

4. Melatih pola pikir anak

Pola pikir atau mindset merupakan cara berpikir dan sudut pandang seseorang yang memiliki efek secara jangka pendek maupun secara jangka panjang. Bermain sembari mengembangan kreativitas anak dapat dilatih lewat mindset atau pola pikir. 

Misalnya mengajak anak menggambar seekor panda, arahkan dan ceritakan kepada anak apa itu panda, dimana panda tinggal, apa makanannya dan bagaimana kebiasaan panda agar Ia punya sudut pandang baru tentang dunia hewan.  

Kenalkan lingkungan sekitar
Sumber: globalcommunitytravel.com

5. Kenalkan lingkungan sekitar

Mengajak anak bermain dan mengenalkan anak dengan lingkungan sekitar dipandang sebagai usaha mengembangkan kreativitas anak sejak dini. Ajak si kecil bermain di luar rumah, dimulai dari taman sekitar rumah. 

Aktivitas ini memungkinkan anak untuk memahami lingkungan sekitar, belajar tentang dunia dan keadaan sekitarnya. Melalui kegiatan luar ruang, sama halnya dengan melatih kemampuan nalar anak dan indera anak sehingga berguna bagi pengembangan kemampuan berpikir dan kreativitasnya. 

6. Pastikan anak merasa senang

Tahun pertama kehidupan anak merupakan masa emas yang berharga, kesehatan dan kebahagiaan anak saat dewasa besar dipengaruhi dari pengalaman asupan saat kecil. 

Oleh sebab itu, orang tua perlu menumbuhkan kebahagiaan anak sejak kecil, buatlah anak senang. Karena akan berpengaruh pada kehidupan anak di masa depan. 

 Beri kebebasan berpendapat dan bereksplorasi
Sumber: mumcentral.com

7. Beri kebebasan berpendapat dan bereksplorasi

Manusia sejak lahir memiliki hak untuk bebas termasuk bebas berpendapat dan bereksplorasi. Anak-anak juga begitu, memiliki hak bebas dalam berpendapat dan bereksplorasi. Mungkin kebanyakan kita sebagai orang tua masih memandang pilihan anak tidak betul.

Misalnya dalam memilih pakaian, anak suka mengenakan pakaian berwarna cerah tapi orang tua tidak setuju dengan pilihan pakaiannya karena tidak cocok dengan acara yang dikunjungi. Hal itu membuat anak kesal karena tidak mengenakan pakaian yang dia suka, maka dari itu berilah kebebasan anak untuk memilih apa yang disukainya.

8. Jangan memaksa anak

Sebagai orang tua, kita  harus berhati-hati untuk tidak mendominasi permainan itu sendiri. Bermain harus merupakan hasil pemikiran anak-anak dan tidak diarahkan oleh orang dewasa. Melalui bermain, kita harus berusaha menumbuhkan kemampuan anak untuk mengekspresikan diri. 

Kita juga harus mencoba membantu anak-anak bermain berdasarkan inspirasi mereka sendiri – bukan memaksakan keinginan anak mengikuti keinginan kita. Tujuannya adalah untuk merangsang bermain – bukan mengendalikannya – dan untuk mendorong kepuasan anak-anak dalam bermain satu sama lain .

Berikan pengalaman baru
Sumber: images.squarespace

9. Berikan pengalaman baru

Cara lain untuk melatih anak dalam mengembangkan kreativitasnya adalah memberikan pengalaman baru. Misalnya dengan membuat sebuah taman bertema seperti taman gnome ajaib, yang ada gua beruang, kapal bajak laut, atau safari hewan liar di halaman Anda? 

Jika Anda memiliki rumah cubby, playhouse atau benteng, pertimbangkan potensinya untuk bermain peran yang luar biasa. Baik itu tempat persembunyian rahasia, salon penata rambut, atau kapal roket – kemungkinan menyenangkan berlimpah.

Atau, Anda dapat membuat adegan bermain dunia kecil di tanaman pot atau trek balap di lubang pasir atau area dinosaurus untuk menginjak dan mengaum di bawah naungan pohon. Taman peri yang ditanami tumbuhan dan tanaman yang aman untuk anak-anak dan dihiasi dengan elemen imajinasi untuk memicu segala macam cerita, petualangan imajinatif dan membantu meningkatkan kreativitas anak.

10. Beri apresiasi pada anak

Memberikan apresiasi kepada anak merupakan hal menyenangkan, membuat anak senang dan dapat diartikan bahwa orang tua bangga dengan usaha atau karya yang telah si kecil buat. Apresiasi dapat dilakukan dan berbentuk apa saja, misalnya secara lisan, perbuatan atau hadiah kecil seperti memberikan sebuah coklat kecil sebagai tanda apresiasi pada anak. 

Ajak bermain di taman bermain
Sumber: istockphoto.com

11. Ajak bermain di taman bermain

Mengajak anak beraktivitas di luar ruang seperti taman bermain, merupakan salah satu cara dalam mengembangkan kreativitas anak yang mudah Anda lakukan, sebab anak-anak membutuhkan banyak kesempatan untuk bermain dan berpikir kreatif. 

Mengajak anak bermain di taman bermain seperti playground dapat memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak, dapat mengasah kemampuan sistem tubuh secara motorik maupun sensorik anak, dan masih banyak manfaat lainnya. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia.

Baca juga: 

Manfaat Playground untuk Anak

Bermain Playground Dapat Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Bagikan Artikel Ini: