logo happy play indonesia

Manfaat Mewarnai untuk Anak, Melatih Kecerdasan Motorik

Mewarnai adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak hingga orang dewasa. Mewarnai merupakan upaya terbaik bagi anak-anak dalam mengekspresikan diri, mengembangkan keterampilan motoriknya, dan menikmati waktu berkualitas bersama anggota keluarga lainnya. 

Di dunia yang begitu banyak kecanggihan teknologi, membuat banyak anak kecanduan bermain smartphone. Melalui permainan mewarnai, kamu dapat memperlambat dan menikmati kegembiraan anak di masa kecil yang sederhana.

Aktivitas mewarnai tidak hanya dilakukan sebagai metode belajar anak di sekolah, mewarnai dapat dijadikan sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang bersama keluarga, juga sebagai kegiatan pendidikan lain yang membantu anak-anak untuk mengembangkan mental, merangsang kreativitas, dan membangun bakat seni mereka.

Manfaat Mewarnai Bagi Anak Usia Dini

Kegiatan mewarnai yang sederhana dan menyenangkan ini memiliki banyak manfaat, tidak hanya menghibur anak-anak, tetapi juga dapat meningkatkan perkembangan mereka. Baca artikel selengkapnya!.

Sumber: www.scotsman.com

1. Melatih kecerdasan motorik

Mewarnai bermanfaat untuk anak usia dini, yaitu melatih kemampuan motoriknya. Saat anak  mewarnai, secara perlahan melatih mereka memegang pena atau pensil warna lebih baik dan stabil. Cara anak memegang pensil dengan tepat ini membantu perkembangan otot-otot di jari, tangan, dan pergelangan tangan.

Melalui pengembangan keterampilan motorik halus ini dapat membantu mereka menjadi lebih baik dalam mengetik, juga olahraga dan aktivitas lainnya.

children drawing
Sumber: research.kent.ac.uk

2. Merangsang kreativitas si kecil

Umumnya saat mewarnai pohon kita akan memberikan warna hijau, namun beberapa anak mewarnai tidak sesuai dengan warna yang asli ada di dunia nyata dan mengganti warna pohon menjadi warna biru. 

Tidak perlu khawatir dengan warna yang tidak senada, itu merupakan kreativitas anak yang perlu diarahkan. Kamu hanya perlu menjelaskan kepada anak warna asli pohon, tapi jangan memaksanya mengubah warna tadi, biarkan saja kreativitasnya berkembang.

1c53b881560237a2039f60c0e6f3f3ae
Sumber: pinimg.com

3. Meningkatkan pengetahuan tentang warna

Penggunaan warna yang berbeda saat mewarnai memberi anak-anak kesempatan sempurna untuk mengeksplorasi kombinasi warna yang berbeda, memberi mereka kemampuan untuk melihat bagaimana mereka dapat mengubah tampilan gambar. Ini juga dapat berguna untuk membuat anak sadar akan warna yang kurang dikenal juga sehingga mewarnai dapat meningkatkan pengetahuan tentang warna. 

manfaat mewarnai fokus
Sumber: bukalapak.com

4. Melatih Fokus

Seiring waktu, tingkat konsentrasi anak Anda akan meningkat. Konsentrasi diperlukan untuk fokus pada satu aktivitas selama satu periode, sehingga aktivitas mewarnai dapat membantu mengembangkan fokus anak lebih jauh dan lebih baik. Apalagi saat mewarnai gambar tidak boleh sampai keluar dari garis, maka dari itu lewat kegiatan mewarnai dapat melatih fokus.

Mewarnai melatih imajinasi anak
Sumber: mmc.tirto.id

5. Melatih imajinasi

Cara terbaik untuk meningkatkan imajinasi, kreativitas, dan Originalitas anak adalah dengan mewarnai. Ada banyak penelitian yang menunjukkan korelasi langsung antara aktivitas artistik secara umum, dan perkembangan kepribadian, kepekaan, empati anak dan sifat yang berguna seiring bertambahnya usia. Mewarnai dapat membantu anak dalam menentukan keputusan di masa depan, karena sudah dilatih saat anak mewarnai dan memilih warna yang akan digunakan. 

Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Sopan Santun

Manfaat mewarnai meningkatkan rasa percaya diri anak
Sumber: mandira.id

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Bangun harga diri dan kepercayaan diri anak dengan mendorong mereka untuk menyelesaikan tugas mewarnai, mungkin tampak kecil bagi Anda, tetapi ketika mereka mewarnai seluruh gambar, mereka pasti merasa percaya diri dengan kemampuan mereka. 

Ketika mereka melihat gambar yang sudah diwarnai akan merasa bangga, dan puas atas pencapaiannya mewarnai gambar yang sebelumnya hanya selembar kertas putih. Misalnya anak PAUD diberi tugas untuk mewarnai, jika sudah selesai mewarnai diinstruksikan maju ke depan dan menceritakan tentang gambar yang sudah diwarnai kepada teman-temannya. 

Manfaat mewarnai membantu anak rileks
Sumber: asset.kompas.com

7. Relaksasi dan menghilangkan stres

Alasan utama mengapa menggambar sangat penting bagi anak-anak, adalah karena mereka mulai mengekspresikan diri, dengan orisinalitas, menggunakan platform untuk mengeluarkan pikiran batin mereka. Anak kecil belajar mengkomunikasikan emosi dan perasaan mereka (baik positif maupun negatif) pada usia di mana mereka mungkin kesulitan menggunakan kata-kata lewat aktivitas menggambar dan mewarnai.

Itulah beberapa manfaat dari kegiatan mewarnai gambar bagi pertumbuhan si kecil. Manfaat yang didapatkan dapat berdampak saat itu langsung dan tentu akan berpengaruh pada kemampuannya di masa depan saat beranjak dewasa. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Temukan Manfaat Mewarnai untuk Anak dan Tingkatkan Kecerdasan Motorik di Happy Play!

Mewarnai bukan hanya kegiatan menyenangkan bagi anak-anak, tapi juga cara efektif untuk melatih kecerdasan motorik mereka. Di Happy Play, kami mengerti pentingnya kegiatan kreatif dalam perkembangan anak, dan itulah mengapa kami menawarkan berbagai solusi playground yang mendukung pertumbuhan motorik dan kreativitas anak.

Selain itu, Happy Play juga menyediakan berbagai alat permainan edukatif yang bisa melengkapi sesi mewarnai anak Anda, dari meja aktivitas hingga playground interaktif yang dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar dan bermain mereka.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan anak Anda. Kunjungi Happy Play sekarang juga dan temukan berbagai pilihan permainan yang akan membantu mengembangkan kecerdasan motorik serta kreativitas anak. Dengan Happy Play, setiap kegiatan mewarnai menjadi lebih berarti dan menyenangkan!

Baca juga:

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

5 Manfaat Bermain Air Bagi Perkembangan Anak

Bagikan Artikel Ini: