logo happy play indonesia

Manfaat Menggambar untuk Anak, Mengasah Perkembangan Otak

Bagi anak kecil menggambar merupakan aktivitas menyenangkan. Kegiatan menggambar anak jangan diremehkan, karena lewat aktivitas menggambar anak dapat mengekspresikan emosinya. 

Kebanyakan anak tidak tahu bagaimana mengekspresikan perasaan yang berbeda melalui kata-kata. Mereka banyak mengungkapkan ketakutan, kegembiraan, mimpi, harapan, dan mimpi buruk mereka melalui gambar, dan juga memberi Anda petunjuk tentang apa yang sudah dilaluinya. 

Selain jadi media komunikasi menyampaikan emosi dan perasaannya, menggambar dapat menjadi media lain, dan punya banyak manfaat yang tidak banyak orang ketahui. Berikut beberapa manfaat menggambar untuk anak yang wajib diketahui.

Menggambar ternyata banyak manfaatnya

Menggambar merupakan sebuah karya seni yang mewakili perasaan dan pandangan kepribadian seseorang. Aktivitas menggambar umumnya sudah kita lakukan sejak masa kanak-kanak saat PAUD atau TK.

Anak-anak diajarkan oleh guru untuk menggambar. Kegiatan menggambar ini dilakukan karena punya banyak manfaat, diantaranya untuk mengasah kemampuan anak, meningkatkan perkembangan anak, mengasah perkembangan otak dan masih banyak manfaat lainnya untuk anak.

Menggambar bermanfaat sebagai media ekspresi
Sumber: nurseryworld.co.uk

1. Sebagai Media ekspresi

Orang dewasa melihat aktivitas menggambar mungkin akan terasa biasa saja, melihat hanya sekedar kegiatan untuk anak-anak. Namun, berbeda jika dilihat dari sudut pandang anak, menggambar jadi cara lain untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran anak yang ada di lapisan hatinya. Anak dapat mengungkapkan hal-hal yang mungkin tidak pernah Anda lihat sendiri.

menggambar dapat melatih konsentrasi
Sumber: netdna-ssl.com

2. Melatih konsentrasi

Sebagian besar orang tua pernah berpikir bahwa anak-anak kurang konsentrasi, terutama selama belajar. Menyelesaikan tugas dalam sekali jalan akan terlihat sulit bagi banyak anak, dan itu bukan hal yang aneh. Karena anak-anak merasa tidak mungkin menyelesaikan tugas yang tidak terlalu menarik bagi mereka.

Membuat anak secara konsisten melakukan sesuatu sehingga mereka mencapai tahap keunggulan dan bersemangat adalah sebuah tantangan. Salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah mengajak anak menggambar, kegiatan menggambar ternyata banyak manfaatnya untuk anak-anak usia dini yaitu akan membantu membangun kemampuan fokus dan konsentrasi.

Menggambar bermanfaat meningkatkan timulus otak kanan
Sumber: owlandthepussycat.com

3. Stimulus otak kanan

Kemampuan otak kanan umumnya berkaitan dengan imajinasi, intuisi, seni, dan hal-hal tentang kreativitas. Salah satu kegiatan seni menggunakan kemampuan otak kanan adalah menggambar. Anak-anak yang diajarkan dan dilatih menggambar secara konsisten dapat menstimulasi sekaligus mengasah perkembangan otak kanan anak.

menggambar dapat melatih koordinasi mata dan tangan
Sumber: files.wordpress.com

4. Melatih koordinasi mata dan tangan

Kegiatan menggambar dan mewarnai memberikan kesenangan dan kepuasan bagi anak. Anak-anak yang melakukan kegiatan menggambar tangan dan matanya melakukan koordinasi, anak berimajinasi memikirkan apa yang akan digambar, lalu dituangkan lewat indera mata dan lukiskan lewat gerakan tangan.

Dorong aktivitas menggambar anak Anda dengan memberikan pujian, berikan pertanyaan tentang gambar mereka dan jika mungkin, secara aktif menjadi bagian dari kegiatan menggambar – membuat gambar bersama-sama sekaligus membangun interaksi sosial dan buat coretan yang indah!

Manfaat menggambar untuk melatih kesabaran
Sumber: howwemontessori.com

5. Melatih kesabaran

Menjadi seseorang yang sabar tidaklah mudah, tapi Anda bisa melatih kesabaran sejak dini kepada anak lewat kegiatan menggambar. Menggambar memiliki banyak manfaat, selain mengasah perkembangan otak anak, bermanfaat juga untuk melatih kesabaran anak hingga dewasa nanti. 

Sata menggambar, umumnya anak menggunakan pensil atau pulpen untuk membuat garis dan bentuk, tentu saat proses tidak langsung berhasil, pasti akan ada kesalahan yang terjadi. Kesalahan tersebut dapat dihilangkan dengan penghapus oleh anak, maka dari itu kegiatan menggambar secara perlahan melatih kesabaran anak/ 

Bermain warna adalah media terapi
Sumber: amazonaws.com

6. Warna adalah media terapi

Terapi seni telah dipraktekkan secara luas selama bertahun-tahun, baik secara formal dalam konteks terapeutik, maupun informal di antara mereka yang merasa lebih baik saat menggambar. 

Seorang psikolog bernama Carl Jung merekomendasikan kegiatan mewarnai dan menggambar sebagai intervensi terapeutik untuk meningkatkan kesehatan psikologis, karena ia merasa bahwa menggambar mandala memiliki efek menenangkan pada pasiennya sambil memfasilitasi pemrosesan pikiran dan emosi mereka.

Baca juga: Manfaat Mewarnai untuk Anak

menggambar membantu mendorong analisis visual
Sumber: abc-cdn.net.au

7. Mendorong analisis visual

Menggambar memberikan latihan hampir disemua aspek lini dan membantu anak-anak di kemudian hari dalam menyalin bentuk, tulisan tangan, dan meningkatkan analisis visual anak.

Manfaat menggambar untuk anak yang tidak semua orang ketahui yaitu membantu meningkatkan persepsi visual meliputi mencocokkan objek yang serupa, mengingat hal-hal visual, memperhatikan bahwa objek adalah hal yang sama meskipun ukuran atau warnanya berbeda, dan menemukan objek tersembunyi dalam gambar. gambar anak makhluk kreatif.

menggambar bermanfaat meningkatkan memori
Sumber: artfulparent.com

8. Meningkatkan memori

Saat anak-anak menggambar, mereka akan meregangkan dan melatih ingatan mereka dengan beberapa cara berbeda. Seperti membuat sketsa sesuatu yang baru mereka amati di dalam ruangan, misalnya, sebenarnya dapat membantu mereka mengingatnya dan setiap percakapan yang terjadi di sekitar objek tersebut.Mereka juga menjangkau ke dalam ingatan mereka untuk memikirkan gambar atau peristiwa yang dilihat atau dialami di masa lalu yang dapat mereka wakili melalui karya seni mereka. Seperti yang Anda lihat, pentingnya menggambar pada anak usia dini sangat besar dan luas. Melalui menggambar, anak-anak dapat bercerita, mendapatkan kesehatan emosional, dan mempelajari banyak keterampilan yang bermanfaat bagi anak hingga dewasa nanti!. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga:

6 Cara Mengatasi Anak Pemalu Agar Lebih Berani

Tujuan dan Manfaat Bermain untuk Anak

Bagikan Artikel Ini: