logo happy play indonesia

Permainan Air untuk Anak SD

Cuaca saat hujan tidak dapat menurunkan semangat anak untuk bermain air. Ada banyak permainan air favorit untuk anak SD yang mengasyikkan. Sayangnya beberapa orang tua merasa khawatir jika anaknya bermain air, takut demam, kedinginan atau tidak sengaja meminum air mentah sehingga membuatnya sakit. 

Namun, kekhawatiran tadi bisa dihindari jika orang tua atau guru selalu mendampingi anak-anaknya saat bermain air. Ada beberapa ide permainan menggunakan air yang dapat Anda coba dengan menggunakan alat atau media sederhana dengan memanfaatkan benda di sekitar Anda. berikut contoh permainan air untuk anak yang dapat dimainkan di sekolah maupun di rumah. 

5 Permainan Air yang Seru Untuk Anak

Bermain spons scrabble
Sumber: playtimes.com

1. Spons scrabble

Permainan air untuk anak SD yang dapat dimainkan di sekolah yaitu Spons Scrabble. Alat yang perlu dipersiapkan adalah spons, spidol permanen dan kolam renang plastik. Jika sudah lengkap terkumpul, langkah selanjutnya adalah membuat tulisan satu buah huruf alfabet apa saja pada semua spons. 

Kemudian, sebarkan spons tadi ke dalam kolam renang plastik yang sudah diisi air penuh. Selanjutnya mintalah anak untuk mencari spons yang sudah ditulis tadi lalu mengumpulkan spons satu per satu dan rangkailah menjadi sebuah kata. 

Baca juga: 5 Ide Permainan Air yang Mudah Dibuat di Rumah

fishing fun bermain air bersama anak
Sumber: beingtheparent.com

2. Fishing fun

Fishing fun atau memancing asyik merupakan permainan seru yang menggunakan media air. Untuk memainkan permainan ini, Anda perlu menyediakan satu set peralatan memancing untuk anak. Tak lupa untuk menyiapkan ikan kecil warna-warni sebagai umpan pancingan. Mintalah kepada anak untuk menangkap ikan-ikan tersebut dengan kail, anak akan merasa gembira ketika berhasil jika menangkap ikan.

Eksperimen pencampuran warna
Sumber: media3.popsugar-assets.com

3. Eksperimen pencampuran warna

Melakukan eksperimen dapat membangun keterampilan interdisipliner sang anak sehingga mereka berpikir secara kritis saat memecahkan suatu masalah. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan sederhana dan bereksperimen dengan mencampurkan warna ke dalam sebuah wadah. 

Misalnya Anda memiliki warna dasar seperti merah, kuning dan hijau, buatlah eksperimen dan campurkan warna-warna tadi bersama anak sambil belajar tentang warna-warna, lihatlah perubahan yang terjadi, warna apa yang timbul. 

Permainan kucing air dan ikan
Sumber: cloudfront.net

4. Permainan kucing air dan ikan

Permainan air untuk anak SD seperti permainan kucing air dan ikan merupakan permainan yang dilakukan di dalam kolam renang, karena main permainan ini membutuhkan ruang gerak yang lebih luas. 

Cara memainkan permainan kucing air dan ikan mudah. Siswa/i SD pertama-tama membuat lingkaran di dalam air, saling berpegangan tangan. Salah seorang siswa menjadi kucing air dan seorang lagi menjadi ikan. Ikan bisa dengan bebas keluar masuk lingkaran, sedangkan gerak kucing air terbatas akan dihalang-halangi lawan yang membuat lingkaran.

Water limbo bersama anak
Sumber: appletreebsd.com

5. Water limbo

Salah satu permainan air mengasyikkan yang bisa dilakukan untuk anak SD adalah water limbo. Cara memainkan permainan ini mudah, biasanya ada dua orang yang bertugas untuk memegang seutas tali, lalu satu persatu berjalan melewati bawah tali tanpa boleh merayap, menunduk, ataupun terjatuh. 

Semakin lama, ketinggian tali akan semakin diturunkan sampai tidak ada yang dapat melewatinya. Uniknya, tali yang digunakan dalam water limbo ini bisa digantikan oleh selang yang mengeluarkan air. Anda bisa memberi tekanan sedikit pada air agar dapat mengalir dengan lurus.

Itu tadi beberapa permainan air mengasyikkan yang bisa Anda coba untuk dijadikan alternatif anak SD main di sekolah. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.


Temukan Permainan Air untuk Anak SD di Happy Play!

Apakah Anda mencari permainan air yang seru untuk anak SD? Happy Play menawarkan berbagai pilihan permainan air yang menyenangkan dan aman, sempurna untuk memberikan pengalaman bermain yang tak terlupakan bagi anak-anak. Dari waterplay hingga slide air, kami memiliki segalanya untuk membuat hari-hari mereka lebih ceria dan penuh tawa.

Tak hanya itu, Happy Play juga menyediakan beragam playground outdoor dan indoor yang dirancang untuk keamanan dan kesenangan anak-anak. Jadikan waktu bermain anak Anda lebih berwarna dengan playground berkualitas dari Happy Play.

Kunjungi Happy Play untuk menjelajahi koleksi permainan air kami dan temukan playground yang sempurna untuk melengkapi area bermain anak-anak SD. Dengan Happy Play, siapkan diri untuk petualangan air yang menyegarkan dan mendidik!

Baca juga: 

Apa itu Waterpark? Simak Juga Perbedaanya Dengan Waterplay 

5 Manfaat Water Play Bagi Perkembangan Anak

Bagikan Artikel Ini: