logo happy play indonesia

Manfaat Olahraga Untuk Anak Hingga Remaja

Manfaat Olahraga Untuk Anak Hingga Remaja - Happy Play

Manfaat olahraga untuk anak hingga remaja bukanlah kebohongan, olahraga sangat bermanfaat bagi perkembangan anak dan ketahanan tubuhnya. Apa itu olahraga? Olahraga adalah bagian penting dari kehidupan seorang anak. Tetap aktif secara fisik jauh lebih sehat untuk tubuh dan pikiran muda daripada menghabiskan waktu duduk menonton TV atau bermain game komputer.

Menjadi aktif meningkatkan detak jantung, memperkuat otot-otot tubuh dan juga meningkatkan kesehatan mental. Pedoman saat ini merekomendasikan bahwa anak-anak dan remaja berusia 6 hingga 17 tahun perlu aktif selama 60 menit setiap hari. 

Alasan Mengapa Olahraga Bermanfaat
Sumber: freepik.com

Alasan Mengapa Olahraga Bermanfaat 

Di sini kita akan melihat enam alasan mengapa olahraga sangat penting bagi anak-anak dan berdampak hingga remaja.

1. Kesehatan Fisik Baik Jangka Panjang

Olahraga membantu anak-anak terhindar dari penyakit obesitas. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), obesitas pada anak adalah “tantangan yang mendesak dan serius” di banyak negara di seluruh dunia. 

Sedangkan pada tahun 1990 terdapat sekitar 32 juta anak obesitas antara usia 0 dan 5 tahun, diperkirakan 41 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami kelebihan berat badan atau obesitas pada tahun 2016. 

Kabar baiknya adalah, anak-anak yang rajin olahraga menjadi orang dewasa yang sehat, mampu memetabolisme kalori. Dan hal Ini mengurangi risiko jangka panjang kolesterol tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, masalah tulang dan persendian, serta kesulitan bernapas pada anak hingga remaja. 

Manfaat Olahraga Untuk Anak Hingga Remaja - Happy Play
Sumber: freepik.com

2. Manfaat Fisik

Begitu seorang anak mulai rutin berolahraga setiap hari, ada efek positif langsung. Manfaat olahraga untuk anak hingga remaja berpengaruh pada kebugaran otot, otot menjadi kuat dan daya tahan mulai berkembang. Kesehatan kardiometabolik membaik yang membantu menjaga kadar gula darah normal. 

Manfaat olahraga untuk anak adalah untuk memperkuat tulang Anda, mengatur berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Tetap aktif sering juga luar biasa untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko depresi dan kecemasan serta meningkatkan kinerja akademik melalui peningkatan memori dan rentang perhatian.

Kebugaran aerobik menjaga kesehatan jantung, meningkatkan tekanan darah dan menjaga kesehatan paru-paru. Ketika paru-paru Anda sehat, Anda menyimpan cadangan pernapasan yang besar. Anda mungkin merasa ‘kehabisan nafas’ setelah berolahraga, tetapi Anda tidak akan ‘kehabisan nafas’.

3. Pikiran yang Sehat

Olahraga melepaskan endorfin di otak yang membuat kita merasa bahagia dan puas. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga bermanfaat untuk anak dan bisa mengurangi stres dan depresi serta memberi kita pandangan hidup yang lebih positif. Olahraga memberi Anda lebih banyak energi, menciptakan suasana hati yang lebih bahagia, dan bahkan membantu Anda tidur nyenyak sangat penting menjelang waktu ujian!

Manfata olahraga untuk anak bisa meningkakan kepercayaan diri anak

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anak-anak yang cukup berolahraga menemukan bahwa kemauan mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga baik di dalam maupun di luar sekolah lebih besar. Mereka cenderung merasa bahwa mereka tidak dapat mencapai sesuatu tetapi lebih cenderung untuk mencobanya, seperti yang mereka harapkan untuk berhasil. 

Kalah dalam olahraga, misalnya atau gagal menangkap bola, memberi anak pelajaran berharga tentang ketekunan dan ketangguhan, pantang menyerah dan cara mengatasi kekecewaan. Pelajaran dalam kekuatan mental ini dapat digunakan sepanjang masa kanak-kanak mereka dan hingga kehidupan dewasa mereka. Olahraga teratur juga dapat mendukung dan mempertahankan berat badan yang sehat, yang pada gilirannya meningkatkan harga diri yang baik.

5. Olahraga Membantu Perkembangan Otak

Olahraga membuat kita aktif bergerak secara fisik. Menurut studi, aktivoitas fisik secara teratur di masa kanak-kanak melalui kebugaran kardiorespirasi berhubungan langsung dengan struktur dan fungsi otak yang sedang berkembang, terutama daerah seperti hippocampus, yang terlibat dalam memori, dan korteks prefrontal, yang menjaga kemampuan kita untuk berpikir. 

Aktivitas secara fisik juga segera meningkatkan kadar dopamin, norepinefrin, dan serotonin otak semuanya mempengaruhi fokus dan perhatian, membantu konsentrasi di kelas. Faktanya, sekolah ditempatkan secara ideal untuk mendukung pengenalan anak pada olahraga sehari-hari, itulah sebabnya kami menerima banyak pertanyaan tentang peralatan alat fitness outdoor kami untuk sekolah. Olahraga mendukung pencapaian lintas kurikuler dan bermanfaat bagi anak usia sekolah menengah seperti halnya anak usia sekolah dasar. 

manfaat outdoor fitness dab olahraga di luar untuk anak - happy play indonesia

6. Mengembangkan Sosialisasi

Kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti jogging, lompat tali, hingga outdoor fitness di area taman sekitar rumah. Aktivitas fisik saat berolahraga ini bermanfaat untuk anak hingga remaja dalam mengembangkan keterampilan penting seperti penyelesaian konflik, kerja sama dengan teman sebaya, dan keterampilan sosial seperti kepemimpinan dan keterampilan motorik halus.

Perilaku sehat adalah efek samping positif dari olahraga sekaligus meningkatkan keterampilan sosial yang diperlukan untuk perkembangan. Sosialisasi melalui latihan dan olahraga mengajarkan anak-anak tentang kerja sama tim, menciptakan persahabatan baru, mencoba sesuatu yang baru, mengembangkan kematangan emosi dan juga menjadi komunikator dan pendengar yang lebih baik!

Pasang Outdoor Fitness Sekarang

Ingin rasakan nikmat tubuh yang sehat dan bugar dari olahraga? Segera miliki outdoor fitness di rumah Anda, jadikan setiap aktivitas Anda bermakna dengan berolahraga. Kami Happy Play Indonesia sudah menyediakan berbagai keperluan Anda, dari konsultasi taman olahraga, pengadaan alat fitness outdoor, pemasangan hingga maintenance. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan penawaran harga klik banner di bawah ini. 

Baca juga:

Alasan Olahraga di Luar Ruangan Lebih Sehat

Bagikan Artikel Ini: